Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
24
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52985f5240cb17684b00008b/bahas-knalpot-yuk-gan
Dithread ini , saya ingin membahas tentang Knalpot :D , semoga bermanfaat untuk aganagan semua :) • Sebelum membaca mohon di :rate5 • Maaf jika repost :sorry Fungsi knalpot Fungsi knalpot adalah untuk meredam Hasil ledakan di ruang bakar. Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam sua
Lapor Hansip
29-11-2013 16:33

Bahas Knalpot yuk gan !!

Bahas Knalpot yuk gan !!


Dithread ini , saya ingin membahas tentang Knalpot emoticon-Big Grin , semoga bermanfaat untuk aganagan semua emoticon-Smilie

• Sebelum membaca mohon di emoticon-Rate 5 Star
• Maaf jika repost emoticon-Sorry

Fungsi knalpot

Fungsi knalpot adalah untuk meredam Hasil ledakan di ruang bakar. Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut atau gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredamsuara atau muffler
di dalam knalpot. Inilah fungsi utama dari knalpot pada awalnya.
Perkembangan Teknologi terhadap Knalpot
Berdasarkan riset2 dan temuan (di serkitar tahun 1950 an ) ternyata knalpot dapat difungsikan sebagai penambah tenaga pada Engine (tapi saat itu masih Engine 2 Tak) Pada saat itu tepatnya di Jerman ditemukan sistem Chamber (knalpot yg tengahnya gendut) mungkin kita sering lihat pada motor 2 tak ( dan orang menyebutnya knalpot racing ) Sebenarnya ini adalah efek turbulensi yang dibuat optimal makanya disebut chamber.

Cara kerja nya
Gas buang sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot) dibuang dan berkumpul di perut knalpot, akibatnya lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header, membuat tekanan lebih tinggi lagi , menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 %(untuk 2 tak) dengan hitungan yang tepat.

Hitungan gas buang ditentukan dengan satuan RE (Renold)
Pokok nya satuan ini menentukan bentuk aliran Fluida terhadap gas buang ,jadi pendeknya ada Turbulen dan Laminer. Kalo hasil hitunganya > dari 2300 RE disebut Turbulen, tapi kalo < 2300 RE jadilaminer.

Turbulen berbentuk gelombang sedang laminer berbentuk garis lurus , pada gas buang sebenarnya masih terdapat sisa BBM yg belum terbakar jadi kalau turbulen (gelombang) akan membalikan sisa tersebut ke ruang bakar sehingga pembakaran akan bertambah sekaligus menciptakan tenaga daya dorong yang tinggi jadi kecepatan motor pun bertambah.
Pada Engine 4tak juga sama ,hanya saja pada Engine 2tak pembakaranya tidak lebih bersih sehingga kalau di turbulens (dikembalikan dibakar) materialnya lebih banyak dari 4tak.

Tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal.
Tapi, ini tentu tanpa melanggar ketentuan polusi suara yang diizinkan yang dihitung dengan alat pengukur kebisingan. Knalpot dengan suara mirip sepeda motor balap yang dijual di pasaran umum (tanpa hitungan, makanya murah) untuk berbagai merek tanpa mengerti teknologinya, di jamin tidak akan meningkatkan performa tenaga mesin. Hanya memperbesar desibel polusi suaranya (kebisingan suara), makanya harus berhati-hati dalam memilih knalpot pengganti (racing racingan). Mengenai kebisingan sebenarnya bisa di atasi dengan silencer…jadi sekali lagi bising bukan berarti motor jadi kenceng (mungkin hanya perasaan saja kenceng)
KNALPOT RACING BERAPA DESIBEL??
Tidak ada standard untuk itu.

Sebenarnya harus riset dulu baru di sepakati. Standard 80 Desibel ~ 90 Desibel itu kan sebenarnya ambang batas polusi suara di Pabrik berdasarkan ISO 14001 atau ambang batas yg di ijinkan (walaupun belum jelas). Pada stationer dan RPM tinggi akan beda suaranya, yang pasti untuk mesin yang di gas (RPM tinggi) tdk mungkin dibawah 95db sedangkan suara gesekan ban pada jalan tol aja sudah 95 desibel

Bahas Knalpot yuk gan !!


Bahas Knalpot yuk gan !!


Knalpot motor 4 tak berfungsi sebagai peredam suara ledakan yang dikeluarkan oleh ruang bakar, membantu tendangan balik katup/klep dan sebagai tempat pengurai polusi udara yang di hasilkan pembakaran dalam mesin.

Knalpot standar motor terdapat lebih dari 2 sekat, sekat - sekat itulah yang berfungsi meredam suara keras yang dihasilkan oleh gas buang yang bertekanan tinggi. Untuk model dan banyaknya sekat knalpot tergantung dari desain knalpot motor. Seperti halnya pada knalpot motor matic yang pipa peredamnya dibuat meliuk seperti huruf S karena tabung peredam suaranya dibuat pendek.

Tetapi kadang kala knalpot standar motor dimodifikasi menjadi knalpot free flow atau bebas hambatan dengan cara membuang sebagian atau seluruh bagian sekat knalpot. Ini bertujuan agar gas buang yang dihasilkan ruang bakar langsung di lepaskan ke udara bebas, sehingga tenaga motor meningkat. Akan tetapi efek yang ditimbulkan adalah suara berisik dan tidak adanya tendangan balik pada knalpot.

Di dalam knalpot juga terdapat lempengan beberapa jenis logam yang disusun agar dapat menguraikan polusi udara yang dihasilkan ruang bakar dan komponen tersebut lebih dikenal dengan sebutan catalytic converter. Tetapi karena logam tersebut akan rusak jika terkena timbal (timah hitam) yang di hasilkan oleh sisa pembakaran, maka dari itu akhir - akhir ini pihak pabrikan motor membuat catalytic converter dengan mendesain knalpot dengan pipa mirip sarang lebah contohnya pada motor SUZUKI SPIN 125

Bahas Knalpot yuk gan !!



Sekian dari thread saya emoticon-Smilie semoga enak untuk dibaca emoticon-Hammer (S)

Semoga yang pada baik ngasih ane emoticon-Cendol (S)
sorry ane ga nampung emoticon-Bata (S) gan emoticon-Cool

ThankYou
Diubah oleh ilhamramadhan45
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Bahas Knalpot yuk gan !!
13-10-2016 05:46
Quote:Original Posted By 1of1000
Ane mo pasang knalpot racing gan, kl di pemukiman rpm bikin rendah biar ga brisik. Jalan raya, geberrr bremmmm...!!
Mnurut ane pke knalpot racing jg ada mnfaat safetynya, biar pas kita overtake/nyalip, orang dsekitar tau, soalnya ane kdang parno sndiri pas nyalip knceng suara motor ane cm zing,,,, apalagi yg ane salib ibu2, kl tiba2 nyenggol ane modyar sudah emoticon-Hammer2

kalo terlalu sunyi emang bahaya gan , apalagi bagi penyeberang jalan emoticon-Takut
0 0
0
Bahas Knalpot yuk gan !!
13-10-2016 06:22
wihh.. ente ahli knalpot ye gan
0 0
0
Bahas Knalpot yuk gan !!
12-07-2017 15:25
motor ane matic vario 110 fi .. kira2 cocok pake knalpot matic silent merk apa gan?
0 0
0
Bahas Knalpot yuk gan !!
12-07-2017 15:38
kalo ane tetep setia pake standar byson aja mas.. alus adem ga ada suaranya emoticon-Malu (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Bahas Knalpot yuk gan !!
16-09-2020 05:29
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia