News
Batal
KATEGORI
link has been copied
227
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f60311a4601cf46163da203/terawan-masih-ada-3500-dokter-magang-untuk-hadapi-corona
"Masih ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga nusantara sehat dan di samping itu ada tenaga relawan 685," ucap Terawan dalam Konferensi Pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).
Lapor Hansip
15-09-2020 10:12

Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona

Past Hot Thread
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
Menkes Terawan mengatakan total ada 16 ribu lebih tenaga kesehatan tersedia menghadapi pandemi corona, 3.500 di antaranya merupakan dokter insternship. (Muchlis-Biro Pers)


Jakarta, CNN Indonesia -- 
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merinci kesediaan dokter dan tenaga medis untuk membantu menangani pandemi Covid-19. Menurutnya masih ada 3.500 dokter internship (magang) di Indonesia untuk tenaga tambahan jika diperlukan.

"Masih ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga nusantara sehat dan di samping itu ada tenaga relawan 685," ucap Terawan dalam Konferensi Pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

Ia juga merinci, dari jumlah 3.500 dokter tersebut, sudah termasuk dokter spesialis paru, anastesi, spesialis penyakit dalam, serta tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter umum.

"Juga tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, yang siap disebarkan, siap untuk membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan," ujarnya.

Sementara untuk total relawan tenaga kesehatan nusantara sehat dan internship yang sudah ditempatkan sebanyak 16.286 orang. Terawan mengatakan, jumlah tersebut telah tersebar di RS Covid-19 dan laboratorium sarana kesehatan.


Lebih lanjut, jumlah dokter meninggal selama masa pandemi terus bertambah. Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indoensia (IDI) mencatat ada total sebanyak 115 dokter meninggal per 13 September. Jumlah tersebut terdiri dari 60 dokter umum, 53 dokter spesialis, dan dua dokter residen.

Akibatnya dari kematian dokter, hampir 300 ribu rakyat Indonesia terancam kehilangan pelayanan dokter.

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar IDI, dr Adib Khumaidi merinci, Indonesia hanya memiliki 4 dokter yang melayani 10 ribu penduduk, jumlah ini merupakan yang terendah kedua di Asia Tenggara. Rasio dokter spesialis di Indonesia juga rendah, hanya 0,13 persen per 1.000 penduduk.

"Kematian dokter sebanyak 115 dokter dengan asumsi 1 dokter melayani 2500 maka menggambarkan rakyat Indonesia hampir 300 ribu akan kehilangan pelayanan dari dokter, begitu juga dengan meninggalnya dokter gigi dan perawat. Apalagi dengan meninggalnya dokter spesialis yang saat ini masih dirasakan kurang di Indonesia," ucapnya melalui video yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (14/9).


Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) juga mencatat ada 78 perawat meninggal selama masa pandemi. Ketua Umum PPNI Harif Fadilah mengatakan jumlah tersebut tersebar di beberapa provinsi di Indonesia.

"Per data 14 September ada 78 perawat meninggal semenjak masa pandemi Maret," ucapnya melalui pesan teks, Selasa (15/9).

(mln/ain)



==========================

moga tenaga medis yang gugur tidak terus bertambah.
dan bisa bertahan hingga pandemi covid ini berakhir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendrikchunz dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 10:16
Makanya sekolah dokter jangan mahal2. Lulusan sekolah dokter dari luar negeri juga jangan dipersulit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 10:23
bagus pak emang para budak2 internship itu harus diperdayakan.

kan mereka ga bisa registrasi dokter setelah internship kalo ga disetujui KKI, sementara KKInya kan sudah bapak kudeta diganti orang bapak semua.

nasib mereka di tangan bapak,
jangan dikasih enak pak, harus digembleng.

kalo ngga nanti waktu jadi dokter jadi cengeng seperti anggota IDI sekarang.

mati dikit aja ngeluh mentrinya ga becus.
corona ga terkontrol ngeluh mentrinya ga becus
dana hibah pemerintah stuck di kantong mentri ngeluh mentrinya ga becus.

dikit2 nyalahin mentri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
20 1
19
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 10:31
ini orang beneran dokter dan militer? ga ada jiwa korsa dan kepedulian sesama emoticon-Wakaka:

coba ini org dibedah isinya hitam semua kali kaya iblis gitu emoticon-Wkwkwk:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 10:34
wow 3500 dokter magang
kuliahnya habis berapa M ?

vv

tingkat kematian tenaga kesehatan di indonesia tertinggi di dunia

sumber:
https://health.grid.id/read/35221401...dunia?page=all
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 10:46
Jadi nih impor dokter emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fa.uz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 10:58
Menkes paling aneh ...emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BRESLIN dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 11:07
dokter co ass paling nanti di IGD aja, ga bakal di ruang ICU alias tier 1. di IGD pun mereka harus konsul ke dokter spesialis kalau mau kasih obat sesuai indikasinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 11:10
kalo mati semua, tar bisa di impor dari menlen

profile-picture
profile-picture
profile-picture
westciss dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 11:19
Jumlah dokter umum di Indonesia sudah cukup, yg masih kurang itu dokter spesialis terutama di daerah terpencil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 11:35
lah kn emang udah
nih org kyknya emang g tau kondisi lapangan dah
kn kemaren ada yg tertular corona dari pasien tuh dokter insipnya

mending ganti aja nih org, bikin masalah mulu
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 11:45
kuliah kedokteran mahal pak
profile-picture
profile-picture
Judess dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 11:53
Dokter dan petugas medis kena getahnya. sedangkan Jokowi minta PSBM
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 12:28
Udah mulai muncul pak, syukur lah.. .. . emoticon-Traveller

Jangan bikin ribut kita kita ya, apalagi kita rakyat jelata udah pada bokek jangan dikorbankan lagi emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh littlevan
profile-picture
profile-picture
fa.uz dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 13:44
sebenernya bukan masalah banyak nya, tapi ada ga yg punya hati buat bener2 mau ngerawat pasien yg corona...jgn ddijadikan buat kelinci percobaan aja...ibarat klo mau jd dokter, magang dulu rawat ni yg corona...baru keluar ijasah dokter nya...
profile-picture
profile-picture
Judess dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 14:00
Impor aja tenaga medis dari cinak,
profile-picture
profile-picture
pinterpijitplus dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 14:23
ayo semuanya tertib, saling jaga, jaga jarak jaga kesehatan dan jaga kebersihan.
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 14:28
dokter magang mah dikit2 nanya dokter spesialis, masih bingung sendiri
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 14:37
Tenang, masih ada dokter Terawan 😙
profile-picture
profile-picture
yfel dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 14:45
Gini amat menkes Indonesa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Magang untuk Hadapi Corona
15-09-2020 14:47
Kalau kurang bisa impor dari mainland. Saudara tua akan selalu bersedia membantu saudara muda. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
.noiss. dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia