News
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5d6a995cf6c411ab40d05c/polemik-psbb-jakarta-mahfud-md-kesalahan-tata-kata-anies-bukan-tata-negara
Suara.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, persoalan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau PSBB Jakarta terjadi akibat kesalahan tata kata, bukan masalah tata negara. "Karena ini tata kata, bukan tata negara. Akibatnya kacau kayak begitu," kata Mahfud dalam seminar nasional Evaluasi 6 Bulan dan Proyeksi 1 Tahun Penanganan
Lapor Hansip
13-09-2020 07:40

Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara

Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara

Suara.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, persoalan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau PSBB Jakarta terjadi akibat kesalahan tata kata, bukan masalah tata negara.

"Karena ini tata kata, bukan tata negara. Akibatnya kacau kayak begitu," kata Mahfud dalam seminar nasional Evaluasi 6 Bulan dan Proyeksi 1 Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia secara daring, Sabtu (12/9/2020) malam.

Sejak awal, kata Mahfud, pemerintah pusat tahu bahwa status DKI Jakarta akan menerapkan PSBB. Akan tetapi, seolah-olah Jakarta 'menarik rem darurat' yang menjadi persoalan.

"Pemerintah tahu bahwa Jakarta itu harus PSBB dan belum pernah dicabut. PSBB itu sudah diberikan, ya, sudah lakukan. Yang jadi persoalan itu, Jakarta itu bukan PSBB-nya, melainkan yang dikatakan Pak Qodari (Direktur Eksekutif Indobaremeter) itu rem daruratnya," kata Mahfud seperti dilansir Antara.

Menurut Mahfud, bahwa PSBB itu sudah menjadi kewenangan daerah. Namun, perubahan-perubahan kebijakan dapat diterapkan dalam range tertentu.

"Misalnya, di daerah tertentu PSBB dilakukan untuk satu kampung. Di sana, diberlakukan untuk satu pesantren. Di sana, diberlakukan untuk pasar, begitu," ucap Mahfud.

Ia menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun sudah menjalankan hal yang sama. Namun, tata kata saat mengumumkan PSBB total itu mengesankan bahwa Indonesia akan menerapkan kebijakan PSBB yang baru sehingga mengejutkan secara perekonomian.

"Seakan-akan (PSBB yang akan diterapkan) ini baru. Secara ekonomi, kemudian mengejutkan," kata Mahfud.

Akibatnya, kata Mahfud, setelah PSBB total diumumkan, esoknya, pukul 11.00 WIB para ahli ekonomi menginformasikan bahwa negara mengalami kerugian sekitar Rp 297 triliun.

"Hanya sebentar karena pengumuman itu, padahal sebenarnya (yang diumumkan PSBB) itu 'kan perubahan kebijakan," kata Mahfud.

https://www.suara.com/news/2020/09/1...an-tata-negara

Efek kejut keahlian merangkai kata wan abud bikin jebol 300 triliun.. lagi2 menggetarkan nasional.

Dapat julukan baru mister wan 300 tol (psbb total)
emoticon-Wakaka
Diubah oleh physch00
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 9 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 09:18
Sudah salah dari awal... semuanya sudah terlambat. Paling fatal adalah kebijakan New Normal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 09:19
mahfud lagi cari panggung , ngomong santun di protes , di kerasin teriak . namanya darurat ya dadakan duL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fujapo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 09:25
sekali ngomong rugi 300t itu baru gubernur besok presiden sekali ngomong rugi 10000 t...
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 09:34
Jadi Presiden Mbok Ya Tegas dikit dan klo kasih perintah dan ngomong yg jelas gak usah mencla mencle bikin orang susah nangkap. 😂😂
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:00
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata NegaraPolemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:01
smua dah beralih profesi jadi komentator saham.. ngakak aja yang masih hubungin psbb ama bursa
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:06
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
Wan triliun emoticon-Leh Uga
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:22
Gw udah g terlalu ngikutin berita tentang covid.....bosen.
Para pemangku kebijakan bukan mencari solusi yg terbaik malah masing2 sibuk mencari panggung politik.

Si Aibon sibuk nyari muka...
Pusat bimbang dlm memilih ekonomi atau kesehatan.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:42
Yang sahamnya kena merah2 pasti mencak2 emoticon-Big Grin
Corruption model baru, dengan hangover kepemilikan saham emoticon-Wkwkwk
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:45
kenapa ya menteri-menteri sekarang ributnya masalah ekonomi melulu. Ane tahu ekonomi sangat penting, tapi kok ya masalah kesehatan rasanya kurang diperhatikan ama mereka. Bahas kek masalah penderita yang makin meningkat gitu. Masyakarat yang kurang patuh gitu. Ini yang dibahas masalah ekonomi melulu, seakan2 kesehatan sama sekali gak penting. Padahal sekarang Jakarta lagi genting karena RS dah mau penuh.

trus masalah nilai saham 300 trilyun yang melayang itu kan nilai diatas kertas saja. Kalau fundamentalnya kuat akan naek lagi tuh. ngeri kalau misalnya wabah dibiarkan saja tanpa kendali. Fundamental ekonomi bakal runtuh. ujungnya ancur lebur juga tuh saham.

ttg kebijakan anies nerapin PSBB lagi sih ane setuju. dengan kondisi rumah sakit mau penuh gini mau apa lagi? biarin masyarakat kena covid trus tanpa penanganan gara2 RS penuh gitu? ngeri banget itu Bos. Dampak psikologis ke masyarakat bakal gede banget tuh.
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:52
si abud nggak ada hasil, tapi menko yang ngomong juga nggak kelihatan hasil kerjanya, cuma mulutnya yang gerak.
11-12 isi kadalnistan.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan indrastrid memberi reputasi
2 0
2
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 10:53
mau salah tata kata ataupun salah tata negara terserah dah
ane cuma bisa menyalahkan nasib aja kalo sekarang emoticon-Hammer (S) emoticon-Frown
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 11:20
Sebuah pernyataan yang menyakitkan
0 0
0
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 11:25
Masalahnya cuma 1, momentum dan waktu, ya jangan tiba2 ngomong gini, dari seminggu lalu, lalu susun plan nya dengan benar, masyarakat harus gimana.

Awasin masyarakat agar patuh, psbb hanya ketat diperkantoran tapi kendor di lingkungan padat penduduk ya percuma.

Fundamental jakarta dengan kepadatan yang sangat parah khususnya jakut jakpus jakbar itu juga harus diperhatikan. Gimana agar bisa taat walau di daerah super padat dll.

Kalau mau dilihat, memang daerah super padat itu minim corona bukan karena mereka kebal, tapi kalo koit ya dibilang sakit lain, akhirnya otg jadi banyak. Kalo mau di test semua, w berani jamin, 1 hari bisa 5000 lbih yang positif di DKI
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 11:30
sama2 salah urus ga usah saling menyalahkan rezim plonga plongo semua 😂
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 13:17
Quote:Original Posted By vangoz
Minta anak buahnya extrairdinary tapi dia sendiri ga bisa apa2. Contoh pemimpin ga kompeten. Mentri yg goblok aja ga direshuffle sampai sekarang. Extraordinary apanya.


pecatan mentri jadi gaberner, bikin negara kalang kabut konpers rugi 300 T..

itu cuma 1 pecatan mentri, coba kalau 10 mentri bsh? bisa bubar ni negara

wkwkw emoticon-Leh Uga
Diubah oleh batmanluck99
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 13:25
Gubernur rasa presiden asal aja njeplak tanpa koordinasi dengan pihak laen. Mau bilang piroritasnya jokowi kesehatan tapi ga berarti suka suka anies dengan alasan demi kesehatan ngumbar pernyataan.
Dikira kementrian laen ga terdampak ma keoutusan dia.


0 0
0
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 13:35
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ribut lagi
emoticon-Ngakak



tapi pandemi gini kesempatan buat anies sebetulnya
asal bisa mencitrakan diri didzalimi pempus ketika dia sedang berjuang keras menyelamatkan warga dki (dengan kata2 ajaib emoticon-Ngakak (S))
apalagi publik masih ingat pusat blunder parah di awal2 covid emoticon-Cool
0 0
0
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 13:52
Luar biasa lord anies. Bikin ekonomi negara batal meroket. Bikin banyak orang kejet2. 2 partai terbesar di nkri kelojotan. Menteri2 pada blingsatan. Sampai2 orang terkaya di nkri turun gunung.

Luar biasa kekuasaan gubernur jakarta atas nkri tercinta.
0 0
0
Polemik PSBB Jakarta, Mahfud MD: Kesalahan Tata Kata Anies, Bukan Tata Negara
13-09-2020 14:13
g joget corona lg fud?


tsnya buzzeRP kyk ajg
emoticon-Traveller
Diubah oleh hantupuskom
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia