matt.gaperAvatar border
TS
matt.gaper
Menko Airlangga Bersikeras Tolak PSBB Jakarta Total, Dokter Teriak:
Menko Airlangga Bersikeras Tolak PSBB Jakarta Total, Dokter Teriak: Tenda Darurat Saja Sudah Penuh!

Usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pro kontra segera bermunculan termasuk dari Airlangga Hartarto.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian itu meminta Anies tetap membukan perkantoran. Airlangga Hartarto meminta setidaknya 50 persan tetap working from office (WFO).

Padahal, tenaga medis di wilayah Jabodetabek sudah kesusahan menangani pasien Covid-19 yang juga banyak ditemukan di kluster perkantoran. Namun, Airlangga Hartarto tetap bersikukuh pada pendiriannya

Sikap Menko Airlangga diungkap dalam Rakornas Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kamis 10 September 2020 di Jakarta.

DKI Jakarta mulai minggu depan akan kembali menerapkan PSBB, namun kami sudah menyampaikan bahwa kegiatan besar perkantoran melalui flexible working hours,” kata dia dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Airlangga menginginkan tak adanya pelarangan sektor industri esensial dan perusahaan boleh membuka kantornya agar karyawan dapat WFO.

“Sekitar 50 persen di rumah dan sisanya di kantor. Kemudian 11 sektor tetap terbuka,” ujar Menko Airlangga.

Ia malah menuding kebijakan ganjil genaplah yang menjadi biang kerok penyebaran virus corona di DKI Jakarta.

Menko dari Partai Golkar itu mengklaim kasus baru Covid-19 kebanyakan muncul dari pegawai yang menggunakan transportasi umum.

“Sebagian besar yang terpapar berdasarkan data yang ada itu 62 persen - dari Rumah Sakit Kemayoran itu - adalah akibat transportasi umum sehingga beberapa kebijakan perlu dievaluasi termasuk ganjil genap,” tegasnya.

Menko Airlangga juga menyalahkan pengumuman PSBB Total Anies Baswedan yang membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) jeblok.

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) merosot tajam hingga menembus batas bawah level psikologis 5.000 pada Kamis 10 September 2020 pukul 9.25 WIB.

Nilainya melemah 191,87 poin atau sekitar 3,73 persen menuju posisi 4.957,5.

“Kalau digas atau rem menandakan itu tentu kita harus menjaga kepercayaan dan confident publik karena ekonomi ini tidak semua faktor fundamental tapi juga ada sentimen, terutama di sektor capital market,” imbuh Airlangga.

Namun, situasi penularan virus corona di Jakarta dan sekitarnya menurut tenaga medis sudah semakin buruk dan tidak terkendali.

Dokter Ottiara Febriannisa Akbariah yang bertugas di salah satu rumah sakit tipe C di Cikupa, Tangerang mengaku kewalahan

Kapasitas layanan kesehatan telah ditambah oleh pihak RS dengan membangun tenda darurat sejak awal pandemi.

"Awalnya memang tenda tersebut tuh diperuntukkan untuk pasien-pasien yang kalau datang dengan gejala-gejala demam (suspek Covid-19)," jelasnya dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube Najwa Shihab.

"Jadi, memang kami awalnya (tenda itu) untuk memisahkan pasien umum dengan pasien yang bergejala seperti ke arah suspek," imbuh dr. Ottiara.

Namun, kini banyak RS rujukan yang menolak pasien positif Covid-19 sehingga mereka pun harus menangani korban dengan keterbatasan peralatan di tenda darurat.

Pihaknya yang tak punya ventilator memadai untuk pasien corona, bahkan sempat melakukan intubasi dengan alat seadanya.

Baca Juga: Mewahnya Tim Balap Formula 1, Gunakan Jet Pribadi Untuk Angkut Tim

"Awalnya, tenda itu kami gunakan sebagai darurat, tetapi karena makin ke sini makin ramai pasien-pasien yang kami duga dengan suspek, mau enggak mau kami gunakan (untuk merawat pasien)," tutur dr. Ottiara.

RS tempatnya bekerja sudah membuka bangsal khusus Covid-19 dan kini telah dipenuhi pasien sehingga IGD pun terpaksa dipakai untuk ruang isolasi.

"Untuk isolasi IGD, itu juga penuh. Tenda yang tadi dibilang itu juga penuh," pungkasnya.*

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...h-penuh?page=4

New normal lagikah

d3m0litionlov3r
Richy211
scorpiolama
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.3K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.