• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Mudah dan Murah, Bertani Bayam dengan Masa Panen 21 Hari

YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Mudah dan Murah, Bertani Bayam dengan Masa Panen 21 Hari


Hai, hai, GanSis!

emoticon-Hai


Pada masa pandemi banyak hal berubah di sekeliling kita. Yang lebih terasa adalah dari segi keuangan. Jika tidak disiasasati dengan baik, makin hancurlah perekonomian.

Nah, memanfaatkan lahan yang ada untuk berkebun merupakan salah satu cara yang kami lakukan untuk membantu pemasukan dan bertahan hidup. Oleh karena itu, sebagian di antara kami memutuskan untuk bertani bayam, yang mana cara penggarapannya terbilang mudah, murah dan pastinya cepat panen.



🌱Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai bertani sayuran hijau ini!🌱


emoticon-Motret



🌱Persiapan Lahan dan Benih🌱





Hal pertama yang perlu disiapkan adalah lahan tempat menanam dan benihnya. Sebelum mulai ditanami, pastikan tanah bersih dari hama (gunakan obat pembasmi hama tanah), agar kelak tak merusak akar tanaman. Tanah perlu digemburkan dengan cara dicangkul, setelah itu berikan pupuk ZA bersamaan dengan air. Siram lahan menggunakan selang, sampai kira-kira tanah cukup basah.

Langkah selanjutnya, sebarkan benih menggunakan media air yang bisa disemprotkan. Untuk benih, bisa beli di toko-toko atau membuat sendiri. Untuk cara membuat benih sendiri, akan ane jabarkan di akhir thread.



🌱Pemupukan dan Penyiraman🌱


Menanam bayam tak seribet bertani padi atau sayuran lain yang memerlukan banyak pupuk. Pemupukan hanya dilakukan satu kali, itu pun sebelum benih disebar. Seperti yang ane tuliskan di atas, pupuk yang digunakan adalah ZA, yang sebelumnya dilarutkan dengan air.

Untuk penyiraman, lakukan dua kali sehari pada pagi dan siang hari. Kenapa tidak pada sore hari? Karena pada siang hari, cuaca panas akan membuat tanaman layu jadi diperlukan penyiraman yang rutin. Pastikan kebutuhan air tercukupi yah!

Btw, karena lahan ane ada di sebelah rumah, penyiraman bisa dilakukan dilakukan dengan mudah memakai selang dari kran terdekat.

Spoiler for :




🌱Masa Panen dan Penjualan🌱


Pada kondisi normal, bayam bisa dipanen setelah berusia kurang lebih 21 hari sejak masa penyebaran benih. Lakukan pemanenan pada sore hari, di mana tanaman dalam kondisi segar. Cabut semua bayam baik yang besar maupun yang kecil tanpa terkecuali. Karena jika disisakan, tanaman akan terserah virus bercak daun (bercak putih-putih pada daun), yang tentunya akan menurunkan harga jual.

Setelah semua dicabuti, ikat sesuai selera pasar dengan mencampurkan yang besar dan kecil, agar terjual dengan harga yang sama. Kemudian cuci bersih akar-akarnya dan tiriskan. Keesokan harinya, bayam akan didatangi sendiri oleh tengkulak untuk selanjutnya didistribusikan di pasar-pasar.

Oh, ya, jangan lupa untuk menghubungi tengkulak sehari atau dua hari menjelang masa panen, agar mereka bisa mengambil sendiri di rumah kita pada hari yang ditentukan. Jadi, tak perlu mengantar atau menjual ke pasar deh!



🌱Membuat Benih Sendiri🌱





Apabila agansis berniat bertani bayam, pun bisa membuat benih sendiri. Caranya cukup mudah yaitu dengan membiarkan bayam tumbuh sampai berbunga. Setelah dirasa cukup berbiji hitam-hitam, pangkas bunga bayam lalu jemur beberapa hari hingga kering. Setelah kering, tumbuk dengan kayu, kemudian saring dan pisahkan biji dan kulit bunganya. Gampang kan?


emoticon-Wow



Bertani bayam sebenarnya cukup mudah, dengan masa panen yang cepat. Akan tetapi apakah usaha tersebut sesuai dengan nilai jual yang ditawarkan oleh pasar? Silakan perhitungkan sendiri. Sebagai tambahan informasi, harga jual sayuran bayam di daerah ane (Ngawi, Jawa Timur) per ikat sekitar Rp 1.000. Di daerah agansis bisa jadi lebih mahal atau bahkan lebih murah.


Sekian, thread tentang bertani bayam kali ini. Semoga menambah informasi. Terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa tinggalkan jejak.



🌱Penulis : @YenieSue0101
Pengalaman Pribadi dan Hasil Jepretan Pribadi🌱


Diubah oleh YenieSue0101 10-09-2020 13:06
ziont
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 55 lainnya memberi reputasi
56
6.2K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.