KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Smartphone China Kuasai 73 Persen Pasar Smartphone Indonesia

Gak bisa dipungkiri kalau sekarang pasar smartphone tanah air diramaikan dengan ponsel – ponsel dari China. Menurut laporan Counterpoint Reseach, pada kuartal II 2020, 73 persen pasar smartphone Indonesia dikuasai oleh produk – produk China. Ada empat brand China yang dominan di Indonesia, mereka adalah Vivo, Oppo, Xiaomi, dan Realme. 


Pada kuartal II 2020 ini, Vivo menjadi jawara di pasar Indonesia dengan market share 21,2 persen. Di posisi kedua dihuni oleh brand asal China lainnya, Oppo dengan market share 20,6. Untuk pasar Asia Tenggara, Oppo menjadi brand dengan market share tertinggi pada kuartal II 2020, sebesar 20,3 persen.

Pabrikan raksasa asal Korea Selatan, Samsung hanya mampu meraih market share sebesar 19, 6 persen dan berada diperingkat ketiga. Memenuhi slot 5 besar dengan market share tertinggi di kuartal II 2020 ada Xiaomi dengan 17,9 persen, dan Realme 13,6 persen.

Eksistensi brand – brand China ini gak hanya terlihat dari data diatas GanSis, tapi hal itu juga terlihat di lapangan. Di mall – mall banyak banget toko smartphone yang menjajakan produk China ini dan promo yang ditawarkan juga sangat menarik. Ditambah lagi banner – banner mereka ada dimana – mana. Menariknya GanSis, produk mereka ada di semua toko smartphone, baik itu yang skala besar atau toko smartphone yang ada di kampung – kampung.


O iya GanSis, meskipun Xiaomi berada diperingkat empat, tapi ponsel yang terkenal dengan harganya yang murah ini cukup kuat untuk penjualan online. Xiaomi menguasai 40 persen pangsa pasar online. Redmi 8A menjadi model yang paling laris, disusul oleh Realme 5i dan Redmi Note 8. Pencapaian ini bisa dibilang wajar, karena emang penjualan online menjadi strategi marketing dari Xiaomi. Bahkan sering kita temui kalau Xiaomi hanya menjual salah satu produknya lewat online. Selain itu harga jualnya juga murah dan spesifikasi yang dibawanya bukan kaleng – kaleng.



japarina
tien212700
jakartadogdown
jakartadogdown dan 29 lainnya memberi reputasi
28
12.3K
390
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.