• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Di Area Parkir Tertutup Ada Aturannya, Jangan Asal Geber Knalpot!

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Di Area Parkir Tertutup Ada Aturannya, Jangan Asal Geber Knalpot!

Belum lama ini viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pemilik mobil dipaksa mendengarkan knalpot racing mobilnya sendiri oleh sekumpulan orang. Hal ini dikarenakan sang pemilik mobil melakukan aksi geber knalpot di dalam basement. Suara knalpotnya yang menyerupai suara tembakan membuat orang – orang panik dan kesel ketika tau itu suara knalpot mobil. Karena kesal, orang – orang yang di basement tersebut langsung menghakimi yang punya mobil dengan memintanya mendengarkan suara knalpot tersebut.




Setelah ditelusuri, peristiwa ini terjadi di area parkir Mal Kuningan City, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 5 September 2020 malam. Kejadian yang sempat direkam ini sempat rame di media sosial dan mendapat beragam tanggapan dari para netizen.

Nah, berkaca dari kejadian tersebut, sebenarnya kedua belah pihak memiliki kesalahan. Orang – orang di sekitar basement salah karena main hakim sendiri. Dan yang punya mobil jelas salah karena menggeber knalpot mobilnya sembarangan. Terkait dengan knalpot mobil yang digunakan, sebenarnya ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 tahun 2009. Polisi akan menilang pengendara yang mengguakan knalpot tidak standar.


Selain aturan tersebut, dari sisi keamanan berkendara juga tidak diperbolehkan geber knalpot secara berlebihan di area parkir tertutup. Menurut Sony Susmana, seorang Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (DSCI) mengatakan, untuk keamanan parkir, ada hal yang harus ditaati pengemudi. Salah satunya untuk menghindari kemungkinan terburuk, seperti kebakaran. Ia juga menyampaikan, semakin kecil suara kendaraan maka semakin aman kontruksi bangunan dari getaran, sekalipun semua itu sudah diukur dalan toleransi yang aman dan tidak mengganggu orang lain.

Selain itu, menjaga bukaan gas juga akan menjaga kualitas udara yang dihirup orang sekitar parkir. Jika putaran mesin rencah, maka akan semakin sedikit gas CO yang dikeluarkan knalpot. Dan ini akan mengurangi bahaya bagi kesehatan orang disekitar.

Begitu GanSis, jadi jangan asal geber aja GanSis, kalau dibengkel mobil mungkin masih dimaafkan, tapi kalau di tempat umum orang lain pasti akan kesel dan marah...



yuki26
dhinyzfrn
tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
6K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.