News
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5aa6e0a2d19543f00def2c/relawan-vaksin-kena-corona-sepulang-dari-semarang-begini-penjelasannya
Seorang relawan vaksin COVID-19 dikabarkan terpapar virus Corona setelah melakukan perjalanan ke Semarang. Belum diketahui pasti apakah relawan itu terpapar di Semarang atau saat perjalanan. Meski belum diungkap apakah perjalanan relawan itu ke Kota Semarang atau Kabupaten Semarang, namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menanggapi hal tersebut saat ditanya wartawan. Hakam meng
Lapor Hansip
11-09-2020 05:21

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Seorang relawan vaksin COVID-19 dikabarkan terpapar virus Corona setelah melakukan perjalanan ke Semarang. Belum diketahui pasti apakah relawan itu terpapar di Semarang atau saat perjalanan.

Meski belum diungkap apakah perjalanan relawan itu ke Kota Semarang atau Kabupaten Semarang, namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menanggapi hal tersebut saat ditanya wartawan.

Hakam mengatakan ada beberapa kemungkinan relawan itu terpapar Corona. Contohnya yaitu kemungkinan vaksin belum sempurna atau virulensi dari virus yang masuk ke relawan tinggi.


"Bisa saja karena memang vaksinasinya belum sempurna dan virulensi virus yang masuk tinggi," kata Hakam kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (10/9/2020).

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Ia juga menjelaskan vaksin dan obat memiliki efektivitas yang tidak 100 persen sehingga ada peluang kecil masih bakal terpapar.

"Setiap vaksin atau obat yang sudah edar pun punyai nilai efektivitas yg mungkin hanya mendekati 100 persen, efektivitasnya 98 persen, kemungkinan ada 2 persen orang yang gagal, dan dalam konteks ini mungkin contohnya orang tersebut. Apalagi terapi vaksinasi yang diberikan belum sempurna (baru 1 kali)," jelasnya.

Selain itu, Hakam juga merasa perlu memastikan ke mana saja perjalanan relawan itu, atau menggunakan moda transportasi apa sehingga bisa diketahui dengan pasti.

"Harus dipastikan juga kepada yang bersangkutan, 14 hari sebelumnya selain pergi ke Semarang ke mana lagi. Jalur yang ditempuh yang bersangkutan saat ke Semarang menggunakan darat atau udara, kendaraan umum atau pribadi kan juga harus ditelusuri. Karena bisa jadi yang bersangkutan justru terpapar saat di perjalanan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Unpad Prof Kusnandi Rusmil mengatakan relawan yang tak disebutkan namanya itu terpapar COVID-19 bukan dari vaksin pertama yang disuntikkan.

"Jadi dia sudah disuntik, suntik pertama kali. Kemudian pergi ke Semarang, pas pulang dicek lagi swab-nya positif," ujar Kusnandi saat ditemui di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, Rabu (9/9).

"Positif bukan dari vaksin, kalau dari vaksin kan itu virus yang mati. Dia kontak (pergi) ke Semarang," imbuhnya.



https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5168358/relawan-vaksin-kena-corona-sepulang-dari-semarang-begini-penjelasannya?tag_from=wp_cb_mostPopular_list&_ga=2.13854195.574152110.1599477334-230496913.1541780864

VAKSIN KW DISUNTIKKAN KE RELAWAN

RELAWAN CUMA JADI KELINCI PERCOBAAN

KENAPA TIDAK TUNGGU REKOMENDASI WHO?, MINIMAL DILABELI CAP HOLOL MUI GITU LHO emoticon-Leh Uga

MAKANYA VAKSIN YG DIBUAT TERLALU DINI, RAWAN DIMANFAATKAN MAFIA UNTUK CARI KEUNTUNGAN

PADAHAL VAKSIN ITU ADA DALAM DIRI KITA SENDIRI emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
motorhead dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 05:24
BUAT RAKYAT KOK COBA2 emoticon-Ngakak

dia kan relawan...bisa jadi yg dia dpt hanya plasebo...biasanya trial kan ada dua golongan...yg satu vaksin yg satu plasebo utk kontrol....biarpun dia dpt vaksin, juga byk faktor. Abis vaksin kan perlu waktu utk ada reaksi tubuh utk bangun antibodi....vaksin flu perlu sekitar 14 hr utk bangun imunitas...vaksin covid kan baru belum tahu berapa lama diperlukan utk bangun imunitas faktor lain yah virusnya virulennya mungkin tinggi dan orang ini bepergian kluyuran yah daya tahan tubuh rendah jadi kena... makanya trial itu perlu ribuan orang utk lihat hasilnya hasil satu dua kasus yah ga bisa generalisasi utk hasil akhirnya...
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babysitter89 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 05:34
rakyat produktip untuk menyelamatkan ekonomi negara masyarakat masyarakat positif paksin udah di dp 3.3Temoticon-Cool
profile-picture
nevertalk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 05:51
Wah kasihan juga yah malah kena Corona akhi ukhti
profile-picture
profile-picture
gw.kenshin1601 dan MafTrack memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 06:03
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Ngakak

Demi cuan kah
emoticon-Ngakak
0 0
0
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 06:11
Logikanya suntik vaksin ya pasti positif lah...

Kok suntik virus mati? Ya imunnya gak ngefek lah...
profile-picture
nevertalk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 06:22
mungkin dapat vaksinnya yang versi air sungai atau rasa kuah soto..Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
Diubah oleh yosiyahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hercule2008 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 06:25
tinggal ini relawan yang placebo atau bukan, kalau bukan gawat sudah kasus mirip di inggris vaksin astrazeneca.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 06:36
Namanya juga proses uji coba. Yg gila tuh sini pengen ngecut proses pembuatan vaksin trus disebarin ke rakyat. Sory bukan gila tpi idiot karena tindakan gila kadang membuahkan hasil yg sesuai ekspektasi kalo ini ane berani bilang idiot
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan kucing.bingung memberi reputasi
2 0
2
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 07:02
Faksin nya buat jenis yg out of date kali gan
Virus yg skrg uda bermutasi kek apaan
Tp faksin nya masih versi lama, dah itu versi open beta
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 07:10
Nunggu Ridwan Kamil aja gimana itu hasilnya.

Kalo ntar ada efek samping menurunkan libido gue juga enggak mau kan.
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 07:19
Padahal Menhub sdh membuktikan kehebatan nasi kucing masih banyak yg gak percaya

Siap2 aja jd zombie
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan gw.kenshin1601 memberi reputasi
2 0
2
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 07:39
Justru itu kenapa namanya uji coba, vaksin memang ga 100% melindungi manusia dr virus, nanti makanya diliat dr relawan yg divaksin, brp % yg positif, tp itu pun variabel nya bnyk,,ga bner2 presisi.
profile-picture
mmengong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 07:56
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi


Quote:Original Posted By widya poetra
Ini untuk tambahan pengetahuan saja bagi orang2 yang kurang berpengetahuan:


1) Dalam uji efikasi vaksin ada 2 kelompok: a) yang dapet vaksin asli, b) yang dapet plasebo
2) Baik kelompok a) maupun b) wajar saja ada yang terinfeksi

Dari jumlah yang terinfeksi pada no. 2 dapat dihitung efektivitas vaksin dengan formula sebagai berikut:

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya





Artinya kasus relawan terinfeksi ada 2 kemungkinan:

1) Dia dapet plasebo
kalau terinfeksi ya wajar saja karena dia gak dapet perlindungan vaksin. Harusnya data si relawan dapet plasebo atau bukan tidak boleh dipublish. Tapi entah kalo nanti ada pertimbangan lain ketika media geblek menggoreng isu ini.

2) Dia dapet vaksin
meskipun dia dapet vaksin ya tidak bisa dari 1 kasus langsung disimpulkan vaksin tidak efektif. Harus dari keseluruhan populasi relawan untuk dihitung dulu dengan formula di atas efektivitasnya seberapa. Kalau ndak salah targetnya di atas 60%. Artinya kalau ada 4 dari 10 orang yang divaksin terinfeksi ya masih acceptable.


Kemudian 1 lagi,
justru penelitinya pasti berharap dari sekian banyak relawan yang seribuan itu ada sebagian yang terinfeksi. Kalau gak ada ya malah garuk2 kepala itu peneliti. Kalau dimasukin ke formula di atas jadinya = 0-0 / 0 x 100% = ?????
Jadi gak usah heran nanti ada berita lagi yang menyebutkan relawan vaksin positif corona.



_____emoticon-Ngacir


profile-picture
fadyz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 08:54
ini mah vaksin yg biasa di beli di pasar malam kale...
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini PenjelasannyaRelawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini PenjelasannyaRelawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
profile-picture
gw.kenshin1601 memberi reputasi
1 0
1
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 09:08
kaskuser yang mau jadi relawan suntik vaksin silahkan untuk coba.
0 0
0
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 09:14
fantas saja si erik gk berani di suntik vaksin emoticon-Leh Uga
0 0
0
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 09:57
Harusnya sih kalo mau uji coba, relawan harus di observasi bukan di lepas beraktftas seperti biasa......
emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 10:22
Khan gw udah bilang suruh test dolo goblok....
Barang lom lulus uji udah di publikasi kan.
Di test sama napi hukuman mati, banyak koq bahan percobaan.
Diubah oleh verify
0 0
0
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 10:40
serem juga. 🤔
0 0
0
Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya
11-09-2020 11:33
Fix ini pasti vaksin anies, kadrun, anti pancasila, radikal.

Pantas aja pak erick tohir kabur mau divaksin
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia