Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f59152309b5ca16e06af2d4/gurun-antartika-luasnya-lebih-13-juta-km-loh-gurun-sahara-tidak-ada-apa-apanya
Apa yang ada dipikiran kalian jika disuruh menyebutkan gurun paling luas di dunia? Pasti rata-rata dari kalian akan menyebutkan Gurun Sahara. Memang luas sih, tapi Gurun Sahara bukanlah yang paling luas di dunia ini. Kenapa? Simak jawabannya di bawah ini.
Lapor Hansip
10-09-2020 00:47

Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Welcome to my Thread!!!


Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!

Apa yang ada dipikiran kalian jika disuruh menyebutkan gurun paling luas di dunia? Pasti rata-rata dari kalian akan menyebutkan Gurun Sahara. Memang luas sih, tapi Gurun Sahara bukanlah yang paling luas di dunia ini. Kenapa? Simak jawabannya di bawah ini.


Sebelum membahas tentang gurun paling luas di dunia, ane akan memberikan beberapa pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan gurhn terlebih dahulu. Di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) gurun didefinisikan sebagai padang luas yang tandus. Dalam hal ini gurun memiliki arti sebagai daerah yang curah hujannya sangat sedikit, sehingga wajar saja kalau tandus.


Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Gurun Sahara bukanlah gurun paling luas di dunia ini. Jadi gurun apa yang paling luas? Tentu saja Gurun Antartika. Aneh kan? Kok bisa benua es disebut gurun? Tentu jawabannya kembali lagi kepada apa itu definisi dari gurun dan tergantung dari apa pertanyaannya. Jadi yang harus kita pahami disini adalah gurun itu tidaj selalu kering dan panas seperti yang selama ini kita bayangkan.


Jika dilihat secara ukuran luas, Gurun Sahara memiliki luas sekitaran 9 juta km persegi, sedangkan Gurun Antartika memiliki luas mencapai 13 juta km persegi. Dengan luas tersebut, tentu sudah terlihat jelas bahwa Gurun antartikalah yang paling luas.


Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!

Gurun Antartika termasuk kedalam klasifikasi gurun dikarenakan gurun memiliki beberapa jenis berdasarkan lintas lokasi. Ada gurun kutub seperti Gurun Antartika ini, lalu ada gurun subtropis, gurun musim dingin, gurun pasir dan lainnya. Maka dari itu jika ada pertanyaan gurun apa yang paling luas di dunia, maka jelas jawabannya adalah Gurun Antartika. Sebaliknya jika ada pertanyaan gurun pasir mana yang paling luas di dunia, tentu jawabannya Gurun Sahara.


Jadi ini seperti kembali kepada kefokusan diri kita saat ditanya sih. Apa yang ditanya, itulah yang harus dicerna dan dijawab dengan baik dan benar. Bagaimana menurut agan sista?
Semoga thread ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjadi acuan diskusi kita semua.


Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!

Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sini dan dari sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 30 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 01:10
pertamax


baru tau ane definisi gurun .
nais inpo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 04:16
Seengganya dingin
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 05:00
ga bakalan ada kadal disini. adanya pinguin gurun emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aditya0892aldy dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 06:01
Sudah pernah ke sana belum gan? Kalau luasnya segitu ya sangat mantul bisa untuk jelajah gurun. Kalau di negeri ini tidak ada gurun yang luas, kalau di bromo ada hamparan pasir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 08:11
Antartika merupakan salah satu tempat paling kering di dunia

Dengan suhu lingkungan yang berada dibawah titik beku air, maka air untuk konsumsi sangat sulit untuk ditemukan

Kalau gurun pasir, tingkat penguapan air yang tinggi menyulitkan untuk mendapat air

Sama-sama sulit dapat air, di gurun pasir maupun kutub (Antartika / Arktik)

CMIIW
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 08:29
Mantap infonya gan.
Ternyata gurun ga selalu didefinisikan panas dan kering saja.
Diubah oleh vixteus
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 08:33
Antartika kan setengahnya ketutup es
Diubah oleh aceng.fani
profile-picture
profile-picture
lugy dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 09:49
baru tau definisi gurun bisa ke salju/dingin emoticon-2 Jempol
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 10:01
Quote:Original Posted By batzforum
Iya, maka dari itu antartika gurun


gurun/gu·run/ n padang luas yang tandus; padang pasir;menaikkan air ke -- , pb melakukan pekerjaan yang sukar sekali;

padang/pa·dang/ n tanah yang datar dan luas (tidak ditumbuhi pohon-pohon yang berkayu besar); lapangan;lain -- lain belalang, pb tiap-tiap negeri berlainan aturan dan adatnya; terdesak -- ke rimba, pb hilang akal; -- perahu di lautan, -- hati dipikirkan, pb demikian luas hati itu, berapa banyak pikiran masuk di dalamnya tidak akan penuh; di -- orang berlari, di -- sendiri berjingkat, pb tabiat orang tamak, mau menerima pemberian orang, tetapi tidak mau memberi;


Ga jelas lu ah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fffffaaaarrr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
10-09-2020 20:40
Wow 13juta km persegi, keren gede banget emang ,ga bisa bayangin di sana isinya liat es dimana mana
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 05:18
ternyata gurun ngga hanya identik dengan panas ya gan, baru tau ane..
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:06
Dingin di sana yee emoticon-Takut
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:07
Siap pindah kegurun kalau indonesia tercinta resesi
emoticon-Salaman
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:07
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan batzforum memberi reputasi
2 0
2
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:10
Kadrun seneng nih disini
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:12
Iyakah? Masasih?
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:17
Luas banget ternyata.
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:29
Kadal gurun ada gak disana bray ? emoticon-Hammer2
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
11-09-2020 07:30
Definisi gurun menurut ts terlalu dipaksakan
Kayaknya ts angkatan Corona nih
Belajar dari mulu sih
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
batzforum dan erlinzepi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia