Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5622bcdbf7644f2d3dafe8/10-film-indonesia-paling-berpengaruh-no-4-jadi-kontroversi-setiap-tahunnya
Selamat datang kembali di thread ane yang kali ini akan membahas sedikit tentang sejarah film Indonesia. Peminta film di Indonesia banyak sekali, tapi yang melek tentang sejarah film Indonesia dan punya minat yang besar terhadap film-film nasional bisa dibilang masih kalah banyak dibandingkan dengan penggemar film impor terutama dari Hollywood.
Lapor Hansip
07-09-2020 19:08

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat datang kembali di thread ane yang kali ini akan membahas sedikit tentang sejarah film Indonesia. Peminta film di Indonesia banyak sekali, tapi yang melek tentang sejarah film Indonesia dan punya minat yang besar terhadap film-film nasional bisa dibilang masih kalah banyak dibandingkan dengan penggemar film impor terutama dari Hollywood. Padahal perfilman Indonesia punya sejarah yang cukup panjang di mana ada banyak sineas tanah air yang terlibat di dalamnya.

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya

Nah, yang akan dibahas secara singkat kali adalah tentang deretan film Indonesia yang paling berpengaruh dalam artian film ini memberikan impact yang besar setelahnya terutama untuk industri film tanah air itu sendiri. Yang perlu ditekankan adalah daftar film di bawah adalah bukan berarti deretan film Indonesia terbaik sepanjang masa melainkan berpengaruh. Langsung saja ini dia daftarnya.

1. Darah dan Doa (1950)
Film pertama yang diproduksi Indonesia

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
memang "Loetoeng Kasaroeng" film bisu rilisan tahun 1926, namun bukan murni Indonesia karena dikerjakan oleh orang Belanda. Sedangkan film Indonesia pertama yang diproduksi setelah merdeka dan diproduksi oleh orang Indonesia adalah "Darah dan Doa" yang disutradarai oleh Usmar Ismail pada 30 Maret 1950. Itulah kenapa setiap tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Film Nasional. Film ini menceritakan seorang pejuang revolusi Indonesia yang jatuh cinta kepada salah seorang Gadis Jerman yang bertemu dengannya di tempat pengungsian. Lima tahun kemudian, Festival Film Indonesia (FFI) pertama digelar

2. Lewat Djam Malam (1954) Penghargaan FFI Pertama
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Film ini disutradarai oleh Usmar Ismail dan menjadi film pertama yang mendapatkan penghargaan film terbaik pada gelaran FFI tahun 1955. Secara kualitas film ini memang diakui dan bahkan pada 2020 ini film Lewat Djam Malam masuk ke dalam daftar Criterion Collection oleh Martin Scorsese, sutradara legendaris Hollywood. Criterion Collection sendiri adalah perusahaan distribusi film di Amerika Serikat yang berupaya dalam melakukan restorasi film-film klasik terbaik. Lewat Djam Malam sendiri menceritakan tentang berkisah tentang mantan prajurit bernama Iskandar (A. N. Alcaff) yang ingin hidup sebagai masyarakat sipil pada masa pascakolonialisme di Indonesia. Iskandar dibantu kekasihnya, Norma (Netty Herawati).

3. Tiga Dara (1957) Film Paling Laris di Masanya
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Tiga Dara masuk dalam jajaran film Indonesia paling berpengaruh. Film hitam-putih ini termasum film drama musikal Indonesia pertama. Disutradarai oleh Usmar Ismail ini sukses secara komersil di masanya. Film ini dianggap sebagai salah satu film klasik Indonesia terbaik. Pernah diputar di Festival Film Venesia dan mendapatkan penghargaan Tata Musik Terbaik pada FFI 1960. Tema cerita Tiga Dara yang dibintangi oleh Chitra Wijaya, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak dirasa masih terus relevan bagi masyarakat Indonesia modern sekalipun.

4. Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI (1984) Film Kontroversial Tahunan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Ini adalah film yang selalu diributkan setiap tahunnya di bulan September. Terlepas dari kontroversinya, sebenarnya secara teknis film karya Arifin C Noor ini memiliki kualitas yang di atas rata-rata film nasional saat itu. Sayangnya film ini seperti yang diketahui menimbulkan kontroversi hingga saat ini terkait sensitifnya sejarah komunisme di Indonesia. Cerita dalam film ini merujuk pada versi "resmi" pemerintah yang pada hal ini orde baru. Film ini dibintangi oleh Amoroso Katamsi sebagai Soeharto. Mengisahkan peristiwa menjelang dan setelah beberapa hari setelah kudeta. Di era orde baru film ini wajib diputar dan ditonton setiap tahunnya pada bulan September di TVRI.

5. Petualangan Sherina (2000) Awal Kebangkitan Perfilman Nasional

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Era 90an entah kenapa film Indonesia mati suri dan gelaran FFI juga ikutan berhenti. Film Indonesia saat itu kualitasnya menurun seiring bermunculan film esek-esek. Namun memasuki tahun 2000 ada dua orang sineas muda bernama Riri Riza dan Mira Lesmana yang mencoba membangkitkan perfilman nasional lewat Petualangan Sherina. Film bertema anak-anak dan keluarga ini sukses besar kala itu dan memicu sineas lain untuk kembali produktif dalam berkarya. Film ini melambungkan nama Sherina sebagai penyanyi cilik populer kala itu. Untuk anak kelahiran 90an, hampir semuanya tahu film ini.

6. Jelangkung (2001) Bangkitnya Film Horror

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Di era 1980an Indonesia produktif dalam menghasilkan film horror terutama yang dibintangi oleh Suzzanna. Saat film Indonesia vakum, otomatis film horror nasional juga tidak ada hingga akhirnya muncul film Jelangkung (2001) garapan Rizal Mantovani yang sayangnya di era sekarang sutradara ini malah menelurkan film -film horror medioker. Meski begitu, film Jelangkung mempengaruhi perfilman Indonesia karena setelah itu bermunculan film-film horror lain.

7. Ada Apa Dengan Cinta? (2002) Pemicu Bangkitnya Film Nasional

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Setelah Petualangan Sherina, Riri Riza dan Mira Lesmana lantas memproduksi Ada Apa Dengan Cinta? pada 2002 dan disutaradarai oleh Rudy Soedjarwo. AADC benar-benar menjadi pemicu bangkitnya perfilman nasional karena film yang melambungkan nama Nicholas Saputra, Dian Dastro, Titi Kamal, dll ini benar-benar sukses secara komersil dan mendatangkan jutaan penonton ke bioskop. Setelah kehadiran AADC film-film Indonesia yang lain pun bermunculan dan bergairah hingga akhirnya FFI pun digelar lagi setelah bertahun-tahun vakum.

8. Laskar Pelangi (2008) Film Novel Terlaris
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana, film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata ini bercerita tentang sepuluh anak SD di Pulau Belitung dalam menempuh pendidikan dasar di era akhir 80an. Film ini bukanlah film kisah cinta remaja, horror, ataupun komedi akan tetapi film ini justru sangat sukses dengan mendapatkan 4,7 juta penonton. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia masih bisa menghargai film yang memang patut diapresiasi. Laskar Pelangi juga menjadi film adaptasi novel Indonesia terlaris sebelum rekor itu dipecahkan oleh Dilan 1990 sepuluh tahun kemudian.

9. The Raid (2011) Gerbang Menuju Hollywood
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
The Raid yang digarap oleh Gareth Evans menjadi film yang mampu memperkenalkan film Indonesia pada dunia. The Raid bukan hanya sukses secara komersil melainkan secara kritik di mana banyak kritikus film dunia menilai The Raid adalah salah satu film action terbaik di era modern. Berkat film ini juga Indonesia menjadi punya ciri khas untuk film action yaitu koreografi pencak silat. Sekuelnya The Raid 2 juga malah semakin bagus dan melambungkan nama-nama seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman.

10. Pengabdi Setan (2017) Film Horror Naik Kelas
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
Yang terakhir ada Pengabdi Setan garapan Joko Anwar yang merupakan versi reboot dari film klasik tahun 1980 berjudul sama. Versi 1980 sendiri memang telah menjadi cult-film dan dianggap menyeramkan. Film Pengabdi Setan 2017 bukan hanya berhasil mendatangkan jutaan penonton melainkan berhasil menaikan level film horror lokal itu sendiri. Hingga kini Pengabdi Setan 2017 selalu menjadi patokan kualitas film-film horror Indonesia setelahnya. Film berhasil menyabet beberapa penghargaan pada gelaran FFI 2017.

Itu dia gan kesepuluh film Indonesia paling berpengaruh versi ane. Mana aja nih yang udah agan tonton? emoticon-Ngakak


Quote:Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perf...lman_Indonesia

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daft...sepanjang_masa
Diubah oleh cintadine
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
07-09-2020 19:25
suster ngesot saya pikir sangat berpengaruh karena hendaknya kalau jalan takbisa maka janganlah menjadi suster
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
07-09-2020 20:10
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 7 lainnya memberi reputasi
0 8
-8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
07-09-2020 20:35
bole bole la
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
07-09-2020 20:50
ada beberapa yg pernah ane tonton sih emoticon-Matabelo
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
07-09-2020 23:59
Laskar pelangi yg sampe sekarang ane ga bosen buat nonton lagi. Ceritanya fresh bgt emoticon-Matabelo
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
08-09-2020 06:02
Yang ditunggu tiap tanggal 30 September.... Filmnya emang menuai kontroversi tapi jangan liat kontroversi nya tapi liat lewat sudut pandang sinematografi, dll
profile-picture
profile-picture
doongdoongan dan ebiang memberi reputasi
2 0
2
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 14:12
Jelangkung juara. Jadu perbincangan pada masanya. Jadi trend juga main jelangkung.
profile-picture
naninugt memberi reputasi
1 0
1
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 19:44
rumah dara kagak masuk
arisan kagak masuk
angling dharma kagak masuk emoticon-Big Grin
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 19:49
pengen nonton lewat djam malam. ada yang mau kasih link emoticon-Big Grin
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 20:04
the raid 1 sama 2 gan mantep
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:02
Tiga dara kaporit kake gue tuh emoticon-Wow
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:03
Jailangkung yang 2001 itu emang paling serem sih, ane nonton nya waktu masih SD di Rental VCD... emoticon-Ngakak (S)

Ane masih inget adegan yang di tangga... emoticon-Takut (S)
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:03
Kok gak ada film kebanggaan warga kaskus sih emoticon-Bingung



10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya









emoticon-Ngakak
Diubah oleh Betjanda
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:07
The raid emoticon-Ngakak keren tuh, semoga aja 2021 ada the raid 3
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:08
Quote:Original Posted By Vandisk
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya

10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya


10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:09
trit bagus... HT DONE... emoticon-pencet
0 0
0
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:12
yang nomer 4 kayaknya bakal terus rame diputar minimal setiap akhir September dan bahkan beberapa kelompok mau mewajibkan emoticon-Bingung

padahal akurasi sejarah film itu juga udah banyak yang mempertanyakan karena ada kepentingan penguasa buat ngebentuk opini publik.. tapi ya sudahlah emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:14
keren ya film film karya umar ismail.. jadi pelopor perfilman nusantara..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:16
Heran masih banyak yg percaya sama film nomor 4, goblok kalian gak ilang2, otak kalian msh aja di doktrin oleh taktik licik suharto yg menggulingkan presiden sukarno, sekarang masih aja hasutan kalian dikit2 bawa2 PKI sbg bahan kalian utk melawan org yg tdk sehaluan dgn kalian, ya otak dalangnya tak lain tak bukan masih ada sisa di negeri ini, keluarga cendana.
Diubah oleh terjengkang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanblackcore dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
10 Film Indonesia Paling Berpengaruh, No. 4 Jadi Kontroversi Setiap Tahunnya
09-09-2020 22:20
Film Merdeka juga kontroversi, gak pernah tayang
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia