News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f57837de83c726b285caf72/anies-wajibkan-mobil-pribadi-di-dki-uji-emisi-segini-tarifnya
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memberlakukan wajib uji emisi untuk kendaraan pribadi. Mulai 2021, kewajiban uji emisi ini berlaku untuk motor dan mobil. Kewajiban uji emisi gas buang itu diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Pergub tersebut telah diundangkan pada 24 Juli 2020 dan mulai berlaku setelah en
Lapor Hansip
08-09-2020 20:13

Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya

Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memberlakukan wajib uji emisi untuk kendaraan pribadi. Mulai 2021, kewajiban uji emisi ini berlaku untuk motor dan mobil.

Kewajiban uji emisi gas buang itu diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Pergub tersebut telah diundangkan pada 24 Juli 2020 dan mulai berlaku setelah enam bulan terhitung sejak tanggal diundangkan, artinya baru berlaku pada Januari 2021.

Dijelaskan dalam Pasal 3 Pergub DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020, setiap pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan uji emisi gas buang dan memenuhi ambang batas emisi. Wajib uji emisi gas buang itu dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun. Uji emisi dilaksanakan di tempat uji emisi dan dilakukan oleh teknisi uji emisi.

Uji emisi gas buang kendaraan bermotor saat ini bisa dilakukan di beberapa bengkel resmi agen pemegang merek (APM) kendaraan. Untuk mengetahui bengkel mana saja yang tersedia fasilitas uji emisi, Anda bisa mengunduh aplikasi E-Uji Emisi di ponsel dan mencari bengkel uji emisi terdekat berdasarkan wilayah.

Salah satu bengkel resmi yang menerima uji emisi kendaraan adalah Astrido Toyota Kelapa Gading. Menurut Kepala Bengkel Astrido Toyota Kelapa Gading Eko Prasetyo, bengkelnya memang menjadi salah satu bengkel yang terdaftar sebagai fasilitas uji emisi. Di sana, Eko mengatakan baru kendaraan berbahan bakar bensin yang bisa dilakukan uji emisi.

"Kalau untuk alat kita sudah lengkap, kita terdaftar untuk uji emisi yang mesin bensin," kata Eko kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (8/9/2020).

Bicara biaya, Eko mengatakan tarif untuk uji emisi mobil bervariasi. Itu tergantung dengan tipe kendaraan dan kapasitas mesinnya.

"Antara Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribuan, tergantung tipe kendaraan dan tergantung cc," sebutnya.

Mungkin tarif uji emisi mobil di setiap bengkel akan berbeda. Namun, Eko mengatakan kisaran harganya tak jauh dari patokan tersebut.

Selain itu, Eko juga mengatakan bahwa uji emisi bisa dikerjakan dalam paket servis berkala. Mobil yang diservis di bengkelnya akan dilakukan uji emisi.

"Sejauh ini biasanya mereka sekalian servis, sudah dilakukan uji emisi juga untuk kendaraan bensin. Kalau untuk servis berkala kita sudah termasuk uji emisi. Di terakhir kita langsung uji emisi, nanti dikasih print out-nya ke customer," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bengkel Astra International-Daihatsu Pangeran Jayakarta, Dolf Valentino, mengatakan di bengkelnya juga sudah menyediakan fasilitas uji emisi. Mobil-mobil Daihatsu bisa diuji emisi di sana.

"Tarif kita sekitar Rp 180 ribu aja, nanti sudah dapat sertifikat (bukti lulus uji emisi) dari kita," sebut Dolf.

https://m.detik.com/oto/mobil/d-5164...edium=referral

Wan abud bisanya cuma malak warga.. emoticon-Malu (S)

Jalanan d bikin ganjil genap.. pajak parkir d naikin.. wajib uji emisi berbayar.. emoticon-Malu (S)

Makan tuh gubernur pilihan umat.. emoticon-Malu (S)

Pertanyaannya.. kendaraan bermotor d luar wilayah DKI wajib juga ga ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 04:44
sepeda yg gak bayar pajak aja dibuatin jalur sepeda. terus mau dikasih jalur di tol

sepeda motor & mobil yg bayar pajak masih mau ditarifin lagi emoticon-Big Grin
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 04:52
suruh ke kantor uji keur aja kalo mau uji emisiemoticon-Big Grin
lumayan hitung² masuk ke kas daerahemoticon-Ngakak
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 06:58
Dari zaman fauzi bowo untuk uji emisi sudah ada. Tapi hanya ramai di awal saja. Waktu itu mobilku juga sempat uji emisi. Dapat sticker bukti sudah melakukan uji emisi. Sekarang muncul lagi hal seperti ini.
profile-picture
hamtonz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 07:41
Formula eek kalo lewat bakal dipalakin juga nih
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 07:45
parah, mendingan turun dech tuh gebunur koq ga ada yang demo ya.
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 09:07
Dulu FOKE sempat mengeluarkan aturan uji emisi, dimana-mana kendaraan (terutama kendaraan umum macam Kopaja dan Metromini) harus cek emisi gas buang dulu di titik2 tertentu.

Sebenernya itu ane akui program bagus, sayangnya gak konsisten. Sebulan dua bulan, programnya menguap dan dilupakan.
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 09:14
Njir setidaknya gw udah pernah hidup di Jakarta. Jakarta diginiin, ya calo pada keluar semua.
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 09:19
asik... enak to punya gubernur mental preman?
emoticon-Leh Uga apa2 dipalakin
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 09:21
Waktu tes, jenis BBM yang digunakan juga perlu diketahui ...
Agar jangan sampai waktu tes pake turbo, eh kesehariannya pake alit ...
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 09:40
sebagaimana tertulis di nasbung: "Selamat Menikmati"
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 09:44
emoticon-Wow Duwit bakal kemana tuh ? emoticon-Cape d...
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 10:15
Lumayan cair-cair, semua diduitin kalau sudah benar-benar terpojok. Lumayan kan nanti akan bisa menjadi tambahan uang buat APBD yang penggunaanya tidak terkontrol dengan baik
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 10:21
anjay dah ini wan abud cipetttt cari duit mulu tp ga dipake yg bener duit nya. napa warga jkt bs milih gub model gini ya
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 10:27
Uji emisi ini buat apa yah gan 😁, selama ini motor ane kaga pernah digituin kayak nya 🙄
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 10:33
Jadi mending dibatalin... Atau ttp jadi kota dgn polusi tinggi
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 10:52
lah.. piye bos,, uji emisi cuma ngukur gas buang aja mesti mahal, and mesti dibedain berdasarkan CC ?? emangnya itu gas buang keliatan beda kalo CC nya beda yak ?? kaya pembodohan gitu.. mahalnya di sertifikat kali yak ? sertifikatnya bisa di gadaikan gak ??
kalo boleh usul.. "mulan said",, ukur dulu itu semua kendaraan umum, bajaj, angkot, bus dll.. trus kalo ga lulus ??
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 10:58
Duit lagi ajah...
Subsidi bantuan 600k bisa abis buat ginian doang.
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 11:01
gubernur anjinggggggg !!!!!
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 11:20
ga usah rempong uji emisi

itu yg punya mobil diwajibkan punya garasi pribadi aja.... dilarang parkir di jalanan/gang atau parkir di halaman sekolah atau lapangan warga
Diubah oleh totoruminta
0 0
0
Anies Wajibkan Mobil Pribadi di DKI Uji Emisi, Segini Tarifnya
09-09-2020 11:24
kalo ngga salah, kayaknya dulu sekitar taon 2010-2011 udah pernah ada kebijakan serupa.
Kayaknya waktu itu tarifnya 100 ribu, dan bengkel rekanan merk mobil gue lagi ngasih diskon 50%.

Waktu itu ditempel stiker juga di windshield, dan kabarnya ada shopping mall yg mau kasih keistimewaan untuk mobil2 yg udah berstiker uji emisi ini.

Lah, tapi ya semuanya cuman tinggal wacana doang.

Ada temen gue yg nanya ke gue waktu itu : "Ini stiker apaan, Dri ?"
gue jawab, "Stiker lulus uji emisi."
Dia malah ketawa, dan berujar, "Gue bikin stiker supalnya aja ahhh ....." berhubung doi emang punya usaha percetakan .......

Gue sih mendukung aja, kapanpun ada kebijakan uji emisi.
Gue juga ngga keberatan untuk bayar tes nya.
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia