News
Batal
KATEGORI
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5792e3b41d307ad8190725/rekrut-ribuan-tenaga-kesehatan-anies-pengabdian-jangan-dirupiahkan
Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merekrut ribuan tenaga kesehatan (nakes) untuk penanganan covid-19. Meski akan dibayar, ia meminta para nakes tidak menilai hanya dari rupiah yang diterima. Menurut Anies, upah yang diterima tidak sebanding dengan risiko yang harus dihadapi para nakes. Jika hanya menilai dari nominal, maka nilai pengabdiannya malah akan turun. "Pengabdian dari t
Lapor Hansip
08-09-2020 21:19

Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan

Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan DirupiahkanSuara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merekrut ribuan tenaga kesehatan (nakes) untuk penanganan covid-19. Meski akan dibayar, ia meminta para nakes tidak menilai hanya dari rupiah yang diterima.

Menurut Anies, upah yang diterima tidak sebanding dengan risiko yang harus dihadapi para nakes. Jika hanya menilai dari nominal, maka nilai pengabdiannya malah akan turun.

"Pengabdian dari teman-teman semua jangan pernah dirupiahkan, teman-teman jangan pernah menghitung rupiahnya.
Kalau dirupiahkan akan mengalami defaluasi, dia akan turun nilainya, ketika sebuah kemuliaan itu dihitung dengan rupiah," ujar Anies melalui kanal youtube Pemprov DKI, Selasa (8/9/2020).

Mantan Mendikbud ini juga mengaku senang dengan tambahan nakes untuk menghadapi pandemi. Terlebih lagi belakangan ini jumlah penambahan pasien corona setiap harinya membludak hingga ribuan orang.

"Kita bersyukur DKI Jakarta mendapatkan dukungan tambahan untuk pertahanan terakhir kita dalam menjaga keselamatan warga Jakarta. Kami ingin menyampaikan terima kasih datang ke Jakarta untuk membantu," jelasnya.

Menurutnya pandemi ini mengubah situasi normal menjadi medan perang bagi para nakes. Apalagi Jakarta merupakan tempat berisiko yang jumlah pasien di RS selalu tinggi setiap harinya.

"Di RS dimana ada pasien yang dirawat, disitu pusat penularan. Ketika anda memilih untuk secara sukarela untuk mengurus pasien Covid, anda memilih berada di Medan pertempuran penuh risiko," pungkasnya.
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merekrut 1.174 tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu penanganan corona di ibu kota. Para nakes ini didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Perekrutan ini dilakukan melalui penandatanganan surat perintah kerja (SPK) secara simbolis di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/9/2020).

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, perekrutan ini dilakukan setelah melakukan seleksi. Awalnya, 4.859 peserta dari berbagai daerah Indonesia yang mendaftar dan mengikuti seleksi tersebut.

“Sebagian kecil Pulau Jawa dan sebagian besar dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bengkulu, NTB, NTT bahkan dari Papua,” ujar Widyastuti dalam acara yang disiarkan di kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Setelah menerima 1.174 tenaga profesional berbagai posisi, 655 orang telah mendaftar ulang. Sementara sisanya, 519 orang lainnya belum mendaftar ulang karena masih berada di daerah masing-masing.


“Mereka terdiri dari dokter paru, penyakit dalam, anastesi, dokter anak, spesialis obgyn, dokter umum, perawat, bidan, radiografer, ahli teknologi laboratorium medik, survaillance dan penyuluh kesehatan,” kata Widyastuti.

Setelah itu, para nakes itu akan ditugaskan di fasilitas kesehatan berbagai tempat. Di antaranya milik pemerintah daerah, pemerintah pusat dan swasta di Ibu Kota. Misalnya di RSUD yang dikelola DKI, UPT Labkesda, puskesmas, Dinas Kesehatan DKI, RS swasta dan RS milik BUMN.

“Seluruh tenaga profesional akan di-rapid test oleh tim Dinkes, kalau hasilnya reaktif akan dicek PCR,” tuturnya.

Upah yang diberikan kepada mereka jumlahnya beragam. Untuk dokter spesialis mendapatkan insentif sebesar Rp 15 juta per bulan, lalu dokter umum Rp 10 juta per bulan, perawat Rp 7,5 juta per bulan, tenaga penunjang Rp 5 juta per bulan dan tenaga penunjang lainnya Rp 4,2 juta per bulan.

Widyastuti sendiri sudah menandatangani surat perintah kerja (SPK) hari ini. Mereka mulai bekerja sampai Desember 2020 mendatang, dan jika diperlukan masih bisa diperpanjang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada organisasi profesi bersama tim Pemprov dalam rekrutmen ini,” pungkasnya.

Berikut rincian nakes profesional yang direkrut:

I. Tenaga Kesehatan
1. Dokter spesialis paru dua orang
2. Dokter spesialis penyakit dalam satu orang
3. Dokter spesialis anak satu orang
4. Dokter spesialis anestesi satu orang
5. Dokter spesialis obygn tiga orang
6. Dokter umum 160 orang
7. Perawat 740 orang
8. Perawat IPCN empat orang
9. Bidan 12 orang

II. Bagian penunjang kesehatan
1. Radiografer 14 orang
2. Pranata laboratorium 118 orang

III. Tenaga penunjang lainnya
1. Penyuluh kesehatan 89 orang
2. Surveilans 49 orang.

https://www.suara.com/news/2020/09/0...piahkan?page=3

Kadrun ada yg bisa menjelaskan kata2 junjungan enteemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
08-09-2020 23:50
Ya kata2 itu yg bikin semangat kek, "kalian gak usah pikir rupiah, saya jamin berkali kali lipat yg biasa didapat, plus bonus ! Fokus saja dalam bekerjanya... "
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 00:11
ayem so so...impress..sama pemilihan bahasanya...
tanpa mxd mengecilkan pekerja medis..

tapi jaman now.. semua pekerjaan kalo gak ada rupiahnya masih pada eksis gitu......?
justru dengan rupiah bisa diukur tingkat apresiasi...

sumberdana.. tinggaldisambung2 sendiri..
APBD- budget.. formula E.. subsidi BLT....... uji emisi.. jual tahugoreng ditrotoar..patungpetimati

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh lumb3rjack
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 00:37
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
profile-picture
bravehigh memberi reputasi
1 0
1
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 01:39
Konthooool...

emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 01:45
Beli beras + bayar sekolah masih pake rupiah tod


0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 02:12
.......anjing emoticon-anjing
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 03:10
Klean jangan merupijahkan nakes emoticon-Marah
Gaji nya gak kek gt emoticon-Mewek
Klean wajib bonus menyembah setiap jumpa nakes emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Ngamuk Paham klean ?!
Diubah oleh mibmobz
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 06:40
Pengabdian ama perbudakan itu bedanya tipis

Justru insentif malah untuk buat mereka lebih semangat
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 07:29
Mantap, artinya Anies seluruh aparat DKI kagak mau terima gaji lagi. Pengabdian kok dirupiahkan?

Bangga banget sama gabener model begini.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 07:30
We don"t know what we don't know....so...mari mengabdi tanpa rupiah..
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 07:39
kuliah kedokteran sampai lulus itu sekitar setengah milyar sampai 1 milyar rupiah
kira2 realistis gak nih gabener ngemeng kek gitu??
yg pnya anak lagi kuliah kedokteran, pasti ngerti maksud ane
profile-picture
indradika memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 07:42
mereka aja niat jadi naker itu buat cari kerja di masa sulit ini, malah dibilang jangan di rupiah kan, lhaa kasihan dong yak mereka emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 08:21
makan pake rupiah,,kencing aja pake rupiah trus ga dibayar tu pak nakesnya?
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 08:33
Maap nih pak, kalo makan dan biaya hidup apa bisa dibayar pake pengabdian ? emoticon-Ngakak
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 08:38
Sdh disiapkan alasan kalo nakes ga dibayar

Bravo wan aibon
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 08:44
wah...

kalau gak dirupiahkan, jadinya mau hidupnya gimana?

makan apa?

hebat juga nih capres 2024...
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 09:31
realitis aja dah hidup jaman skrng perlu money,

jdi itu kata" anies ambigu bnr emoticon-Ngakak
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 09:31
lu pikir project thank you??? onta jembut. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 10:05
mungkin maksudnya kerja sukarela, jgn harap gaji, klo ketular covid ya udah emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Rekrut Ribuan Tenaga Kesehatan, Anies: Pengabdian Jangan Dirupiahkan
09-09-2020 10:15
masalahnya nyawa niessssss klo luh kan enak bukan baris depan govlokkkkkkk
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia