GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Mendingan Beli Smartphone Mid – Range Ketimbang Flagship, Kenapa?

Ada beberapa kelas atau kelompok smartphone yang dijual di pasaran. Masing – masing kelas ini memiliki karakter yang jadi pembeda. Biasanya pembeda tiap kelas tersebut terlihat dari harga dan spesifikasi yang dibawa oleh smartphone. Kelas – kelas tersebut diantaranya, ada low – range, mid – range, dan flagship. 


Nah, belakangan ini smartphone dengan kategori mid – range dinilai lebih banyak dipilih oleh konsumen. Bahkan saking banyaknya peminat, smartphone mid – range sukses mengganggu dominasi ponsel flagship. Dimana ponsel mid – range sekarang udah dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur mendekati flagship, tapi harga jualnya jauh lebih murah. Dan vendor – vendor besar pun banyak bermain di kelas ini. Pertanyaannya, kenapa orang lebih banyak memilih smartphone mid – range ketimbang flagship? Kira – kira ini alasannya GanSis:

Mempunyai banyak fitur premium

Seperti yang Ane singgung diatas, sekarang vendor – vendor udah gak ragu lagi untuk memberikan fitur – fitur premium di smartphone mid – range mereka. Salah satu contohnya adalah Samsung Galaxy M31s, ponsel ini udah dibekali dengan fitur Single Take, dimana ini merupakan fitur andalan dari Galaxy S20. Itu baru salah satu ponsel mid – range yang punya fitur ponsel flagship. Yang lain juga masih banyak GanSis.

Tekadang ponsel mid – range punya fitur yang gak ada di ponsel flagship

Nah kalau dari sisi ini, biasanya paling terasa itu adalah baterai yang digunakan GanSis. Asli ini keliatan banget bedanya GanSis. Ponsel flagship biasanya memiliki kapasitas baterai yang kecil dengan berbagai macam fitur yang konsumsi baterainya gak sedikit. Sementara ponsel mid – range selalu dilengkapi dengan baterai berukuran jumbo. Galaxy M31s aja mempunyai baterai 6.000 mAh.

Untuk peforma bisa dibilang setara dengan ponsel flagship

Pabrikan chipset seperti Qualcomm, sekarang udah membuat chipset yang bisa digunakan untuk ponsel mid – range, tapi peforma yang ditawarkan boleh diadu dengan yang digunakan flagship. Salah satu chipset mid – range yang peformanya oke punya adalah Snapdragon 765G. Chipset ini menjanjikan peningkatan 20% untuk kinerja GPU, sehingga game – game berat seperti PUBG bisa dilahap dengan mudah oleh chipset ini.

Dari sisi desain gak kalah ama flagship

Karena peminatnya cukup banyak, vendor gak akan berpikir panjang untuk menghadirkan smartphone mid – range dengan desain yang elegan. Bahkan terkadang gak ada perbedaan yang mencolok desain dari ponsel flagship dan mid – range. Redmi K20 dan Realme XT menjadi dua contoh ponsel mid – range dengan desain yang menarik dan kalah dengan desain ponsel flagship.

Yang jelas harga mid – range lebih ramah di kantong

Kalau ini sih udah barang jelas GanSis. Ponsel mid – range memiliki harga jual yang jauh lebih murah dari flagship, tapi walaupun lebih murah, spesifikasi yang ditawarkan boleh diadu dengan smartphone flagship GanSis...hehehe

tien212700
rotten7070
ca0396
ca0396 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
12.2K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.