Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f52013728c99178c24ace00/wow-sekarang-naruh-pot-sembarangan-pinggir-jalan-dendanya-bisa-segini-gan
Permasalahan sosial seperti ini sudah sangat meresahkan ketika situasi berada di jalan-jalan komplek perkotaan, bahkan di desa-desa sudah mulai ikutan latah, menyerobot jalan umum untuk dijadikan akses pribadi.
Lapor Hansip
04-09-2020 15:56

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lagi-lagi permasalahan sosial di negeri ini bak jalan panjang seperti tiada berujung, ada yang sudah di tambal eh besoknya ada lagi dan begitu terus entah sampai kapan.

[ HT# 642 ]

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Selama kitanya belum memiliki kesadaran diri dan saling menjaga ketentraman dan keamanan bersama rasanya masalah sosial tersebut belum akan habis.

Akan semakin ruwet manakala membahas urusan jalan yang bersifat umum ketika berhubungan langsung dengan hak pribadi, khususnya pekarangan yang depannya memang jalan umum.

Dahulu kala ketika jumlah kendaraan belum sebanyak sekarang pekarangan di depan rumah menjadi 'fasilitas' keluarga si pemilik rumah dan batas rumah terdepan dengan publik.

Tapi kini semua seperti lenyap tak berbekas manakala semua merasa memiliki kepentingan dan urusan. Orang parkir sembarangan, bahkan ada yang sampai nekat menutup akses masuk si pemilik rumah empunya.

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Mirisnya lagi, udah mengganggu akses jalan justeru lebih galak yang numpang parkir tidak pada tempatnya. Belum lagi pedagang yang tiba-tiba tumbuh bak jamur di tepi jalan, orang jadi sering berkumpul dengan berbagai niat dan alasan, semakin menambah keruwetan dan menghilangkan rasa nyaman dan aman si empunya rumah.

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Waktu pun berjalan, semakin tidak adanya kesadaran masyarakat yang sering 'menyerobot' lahan orang tanpa izin akhirnya banyak empunya rumah membuat batas pagar tinggi-tinggi, memasang pot-pot tanaman yang terkadang tak terawat ya karena sekedar 'pengusir' agar orang lain tidak berlama-lama di depan rumahnya.

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Cukup maklum sih menurut saya kenapa kini banyak empunya rumah bersikap demikian. Tapi ada loh yang memang dengan sengaja membuat pot besar-besar hingga menyentuh bibir jalan, ini menurut saya sudah lebay dan perlu di tertibkan.

Secara umum tentu saja banyak yang merasa dirugikan, mulai dari jalan yang semakin menyempit, bisa menggores kendaraan lewat, membatasi ruang gerak kendaraan, hingga menyulitkan kendaraan yang akan memutar balik manakala pot atau gerobak berjejer atau mangkal di Berm jalan.

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Setahu saya (mohon dikoreksi jika saya salah) pemerintah selalu melebihkan 'space' tepi jalan yang tujuannya memudahkan pemakai jalan yang disebut Berm, tapi kini berkesan di serobot oleh empunya rumah, seolah-olah dijadikan hak pribadi, bahkan dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang.

Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan

Permasalahan sosial seperti ini sudah sangat meresahkan ketika situasi berada di jalan-jalan komplek perkotaan, bahkan di desa-desa sudah mulai ikutan latah, menyerobot jalan umum untuk dijadikan akses pribadi. Kini jalan umum yang berderet-deret dipenuhi pot itu ternyata sudah semakin mengakar dan sudah seharusnya di tertibkan demi kepentingan bersama.

Lalu mau tahu berapa sangsi yang di dapat jika kita melanggar bagian dari ketertiban umum ini? Sanksi Jika Melakukan Kegiatan yang Mengganggu Fungsi Jalan dan Fasilitas Pejalan Kaki

Sebagai informasi untuk Anda pada Pasal 12 ayat (1) UU Jalan dan Pasal 38 PP Jalan menyatakan bahwa:

"Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan"

Jika melanggar maka dapat dikenakan sanksinya sebagaimana diatur pada Pasal 63 ayat (1)  dan Pasal 64 ayat (1) UU Jalan sebagai berikut :

Pasal 63 ayat (1) UU Jalan
Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 18 (delapan belas) bulan atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah).

Pasal 64 ayat (1) UU Jalan
Setiap orang yang karena kelalaiannya mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah).

Sebuah opini
Img.koleksipribadi, google

ref: TKP



Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 22:33
Di depok juga sudah ad pergub nya soal parkir bgini tapi kembali lg ke penerapan nya cukup wani piro saja emoticon-Cool
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 22:38
Fungsi pengawasan disini tuh yg kurang ditambah kesadaran masyarakat yg rendah kemudian bumbu bumbu asal ada duit beres. Komplit sudah ga ada yg takut hukum, kalau kena hukum tinggal salam tempel beres atau memakai kekuatan kenalan si A, saudara si B kelar. Gw mau usul masyarakat ikut andil dalam hal ini menjadi CCTV berjalan alias cepu setiap pelanggaran. Bisa direkam atau difoto lalu kirim ke pihak berwenang. Nanti setiap pelanggaran ditambahkan didenda saat perpanjang pajak.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 22:39
Iya bagus deh kalo diterapkan gini.. jalan kan fasilitas umum
profile-picture
profile-picture
iskrim dan scoria07 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 22:43
Itu aturan berlaku kalo yang diparkirin ngga rela kan? kalo yg diparkirin rela gmn gan?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 23:04
Sini mah udh kacau banget gan..portal, poldur dmn2..pdhl jelas aturannya.
Lapor jg ga pernah ditanggepin
profile-picture
profile-picture
iskrim dan scoria07 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 23:05
Ini yg terjadi klo gw ga taro pot di depan rumah gw.

Paginya tukang sayur dagang disitu. Sampah2nya dibuang di got.

Siangnya tukang bakso,cimol dll yg dagang. Sampahnya? Dibuang lagi di got.

Malemnya dipake parkir kismin2 yg rumah di gang kecil tpi sok2an nyicil mobil lcgc

Mao apa lo?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 23:41
yang penting itu ketegasan, kalau dari penegak hukum saja mandengnya masih "Ah kasihan, kan cuma sepele" dan dijadikan alasan untuk mencemari lingkungan yah makin banyak orang yang membandel, contoh pas awal PSBB wajib pake masker..

awal awal pada nurut lho karena takut diberhentikan polisi begitu tahu ternya pos pemeriksaan kosong, dan gak ada tindakan dari aparat orang-orang mulai tidak perduli
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
06-09-2020 23:43
Wah serius tuh.. Baru tau ane...
Tapi setuju juga sih beberapa ada yang naruhnya suka ga kira kira makan jalan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 00:30
tarohan gk bakal jalan nih peraturannye,wong pejabat pejabat pembuat peraturan juga melakukan hal serupa di komplek komplek rumahnye emoticon-Cool
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 00:59
Kadang niat naruh pot kan supaya tetangga ga markir sembarangan.. kalo ga ada pot, tp tetangga parkir sembarangan, dia didenda jg ngga tuh?? Kan mobil lbh ngeganggu drpd pot...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 01:43
Oh jadi itu sanksi jika melakukan kegiatan yang mengganggu fungsi jalan dan fasilitas pejalan kaki
Diubah oleh ravidetan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 03:26
Kl naroh pot di daerah perumahan dianggap ganggu,
Apa kabar noh pedagang buah sepanjang Jl Raya Bogor mulai dr depan dpn RS Harapan Bunda sampe Ps Induk kramatjati????,
Lama2 jualan sampe hampir setengah jalan diembat, bkin sempit jalan dan bikin macet,
Dan itu keliatan mata coy, dalam arti ga mgkn petugas yg berwenang mengatur kaga ngliat/tau,
emoticon-Hansipemoticon-Marah
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:27
Repot repot bikin aturan,
Eh tapi cuma jadi tulisan yg ga ada penerapan nya
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:29
Quote:Original Posted By mynaidra
Di depok juga sudah ad pergub nya soal parkir bgini tapi kembali lg ke penerapan nya cukup wani piro saja emoticon-Cool


Quote:Original Posted By Mafukecil
Fungsi pengawasan disini tuh yg kurang ditambah kesadaran masyarakat yg rendah kemudian bumbu bumbu asal ada duit beres. Komplit sudah ga ada yg takut hukum, kalau kena hukum tinggal salam tempel beres atau memakai kekuatan kenalan si A, saudara si B kelar. Gw mau usul masyarakat ikut andil dalam hal ini menjadi CCTV berjalan alias cepu setiap pelanggaran. Bisa direkam atau difoto lalu kirim ke pihak berwenang. Nanti setiap pelanggaran ditambahkan didenda saat perpanjang pajak.


Quote:Original Posted By seVenswords
Itu aturan berlaku kalo yang diparkirin ngga rela kan? kalo yg diparkirin rela gmn gan?


Quote:Original Posted By Leemazu
Ini yg terjadi klo gw ga taro pot di depan rumah gw.

Paginya tukang sayur dagang disitu. Sampah2nya dibuang di got.

Siangnya tukang bakso,cimol dll yg dagang. Sampahnya? Dibuang lagi di got.

Malemnya dipake parkir kismin2 yg rumah di gang kecil tpi sok2an nyicil mobil lcgc

Mao apa lo?


Quote:Original Posted By Aragons
yang penting itu ketegasan, kalau dari penegak hukum saja mandengnya masih "Ah kasihan, kan cuma sepele" dan dijadikan alasan untuk mencemari lingkungan yah makin banyak orang yang membandel, contoh pas awal PSBB wajib pake masker..

awal awal pada nurut lho karena takut diberhentikan polisi begitu tahu ternya pos pemeriksaan kosong, dan gak ada tindakan dari aparat orang-orang mulai tidak perduli


Quote:Original Posted By scoria07
Wah serius tuh.. Baru tau ane...
Tapi setuju juga sih beberapa ada yang naruhnya suka ga kira kira makan jalan


Quote:Original Posted By rufuslance
tarohan gk bakal jalan nih peraturannye,wong pejabat pejabat pembuat peraturan juga melakukan hal serupa di komplek komplek rumahnye emoticon-Cool


Quote:Original Posted By haschwald
Kadang niat naruh pot kan supaya tetangga ga markir sembarangan.. kalo ga ada pot, tp tetangga parkir sembarangan, dia didenda jg ngga tuh?? Kan mobil lbh ngeganggu drpd pot...


Quote:Original Posted By ravidetan
Oh jadi itu sanksi jika melakukan kegiatan yang mengganggu fungsi jalan dan fasilitas pejalan kaki


Quote:Original Posted By thelilo
Kl naroh pot di daerah perumahan dianggap ganggu,
Apa kabar noh pedagang buah sepanjang Jl Raya Bogor mulai dr depan dpn RS Harapan Bunda sampe Ps Induk kramatjati????,
Lama2 jualan sampe hampir setengah jalan diembat, bkin sempit jalan dan bikin macet,
Dan itu keliatan mata coy, dalam arti ga mgkn petugas yg berwenang mengatur kaga ngliat/tau,
emoticon-Hansipemoticon-Marah


All di pejwan gan emoticon-Smilie
0 0
0
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:29
dan terkadang sebagian tanah yg jadi jalan itu hasil hibahan nyang punya rumah karena perkara sosial, kl menurut ak sih wajar2 aja yg penting gk ditaruh pas dijalan aspalnya.. rumah ak aja dulu udh dilebihin ada 1meter dari sertipikat, tp ap daya tiba2 ad pelebaran jalan digantiin rp seadanya 15thn an yg lalu.. skrng mepet sangat sama tembok pagar, orang mau berenti dpn rumah aja gk bisa.. emoticon-Mewek
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:32
Quote:Original Posted By Ruuko
Aturan nya ada tp penegakan nya g ada...
Termasuk yg suka ngrusak jalan dgn nambahin polisi bobok

Aturan yg baru jg sering nya g tepat sasaran dan g lbh urgen dgn peraturan lainnya...sampelnya misal lampu motor mesti nyala siang hari ini blunder bgt
Mau nyontek ala ngeropa? Klo di Eropa itu yg nyala siang hari bkn lampu utama alias lampu tambahan khusus siang hari jd hemat g panas (DRL = Day Running Light)

Lalu di ngeropa sana sifatnya ud tersier diterapkan g cm motor tp jg mobil, knp gw bilang tersier? Krn yg lbh urgen alias primer yg blm diterapkan d negri ini soal road safety itu peraturan penanda dan lampu belakang truk, ud sering jalan di tol gelap bgt d depan tau2 ternyata ada truk...lampu belakang mati sebelah, sementara lampu satunya nyala seadanya uda ga layak dan tangki nya sendiri juga ga ada lampu signal atau stiker flouresence yg bs berpendar...lbh riskan mana cb antara truk gelap tanpa signal lampu di jalan tol malam hari yg mana ada minimum speed 60 kpj vs motor di siang hari


Quote:Original Posted By KewZ
Msh mending ditanami taman drpd dipakai jualan apalagi kendaraan.
Cmn emg gk ada benernya itu semua, tinggal kesadaran kita n niat pemerintah menertibkannya.

Owh ya jgn lupa polisi tidur jg ada gk sih aturannya per brp meter?
Ada byk yg bkin d jalan cmn beberapa meter sekali ada polisi tidur.
Jelas2 gk efektif dan buat apa emg jarak d beberapa meter tuh kendaraan bakal d gas dan bisa keluar tenaga ratusan km per jam.
Baru aja gas belasan km per jam hrs d rem dan sungguh bkin gk nyaman kendaraan seperti mw offroad aja jalanan jadinya bumpy.


Quote:Original Posted By pengajianrutin
Perkara mobil aje kaga ada follow upnya gimane cuma seonggok pot cuk cuk.


Quote:Original Posted By Z4ng3t5u
singapura, jepang, dkk kenapa lingkungannya jadi teratur dan bersih, karena banyak denda dan tegas pelaksanaannya.

kalau di Indonesia, banyak yang pengen Indonesia kayak negara macam singapura, jepang, dkk, tapi kalau ada aturan soal ketertiban "urus urusan lo sendiri" atau "dikit-dikit dena, negara mau bangkrut" atau "pemerintah kok nyusahin rakyat", dll.


Quote:Original Posted By aremdaun
digantung lebih aman kynya..
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan


Pejwan gan
0 0
0
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:33
Bener juga tuh yg parkir mobil sembarangan agak ngeselin akhi ukhti
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:35
Oh gitu, kalo undang2 itu tergantung aturan pemdanya juga gak sih?hehehe
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:36
Quote:Original Posted By Daniswara92
Aturan kayak gini tuh penting banget sebenernya ehhehe, semoga bisa ditegakkan


Quote:Original Posted By Rainbow555
Kata mamah Dedeh, orang yang nyempit nyempitin jalanan nanti jalan ke surganya juga jadi sempit.


Quote:Original Posted By not.allowence
Org indonesia mah banyak yg gak peduli dg peruntukan jalan (apa yg boleh & tidak boleh).

Kalo mobil berhenti di pinggir jalan mah sah2 aja.
Tapi kalo tiap hari selalu parkir di jalan dan makan setengah bahu jalan, baru bikin masalah.


Quote:Original Posted By fishmanish
peraturan nya ada tapi kaga ngaruh gan,,,

monitoring nol besar di lapangan,,,

hal yang lebih krusial macem pedagang kaki lima, parkir liar, aja kaga kelar2, urusan balik lagi ama bekingan,,,

belum lagi mana katanya mobil gaboleh parkir di jalan perumahan, harus punya garasi sendiri, manaa,, manaa,,,
emoticon-Cape d...
nah ini mau ngurusin pot kembang,,
emoticon-Cape d...
negara hopeless,,


Quote:Original Posted By turkusuma
Buset....mahal bner???🤭🤭🤭tp memang jg perlu seh da uu yg mengatur tntang kepentingan umum yg terganggu


Pejwan gan..
profile-picture
Rainbow555 memberi reputasi
1 0
1
Wow, Sekarang Naruh Pot Sembarangan Pinggir Jalan Dendanya Bisa Segini, Gan
07-09-2020 05:39
Quote:Original Posted By nguwlon
Repot repot bikin aturan,
Eh tapi cuma jadi tulisan yg ga ada penerapan nya


Quote:Original Posted By hendrik.daploen
dan terkadang sebagian tanah yg jadi jalan itu hasil hibahan nyang punya rumah karena perkara sosial, kl menurut ak sih wajar2 aja yg penting gk ditaruh pas dijalan aspalnya.. rumah ak aja dulu udh dilebihin ada 1meter dari sertipikat, tp ap daya tiba2 ad pelebaran jalan digantiin rp seadanya 15thn an yg lalu.. skrng mepet sangat sama tembok pagar, orang mau berenti dpn rumah aja gk bisa.. emoticon-Mewek


Pejwan gan
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia