si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Water Cannon 'Si Penyejuk' di Tengah Aksi Demo yang Mulai Memanas
Water Cannon, nama kendaraan ini pasti sudah tidak asing ditelinga masyarakat. Setiap kali ada demo besar-besaran di Ibu Kota atau di daerah, para reporter dan pembaca berita pasti tak ketinggalan menyebutkan namanya. Untuk demo berskala besar, kehadirannya pasti selalu berdampingan dengan rantis Barracuda. Kali ini TS ingin mengulas sedikit tentang Water Cannon, mari kita simak pembahasannya bersama.



DWC 6500


Kendaraan ini oleh produsennya diberi nama DWC 6500 produksi Daejicar (Daeji P&I), kendaraan berwujud truk ini diproduksi oleh Korea Selatan, sama seperti Barracuda yang juga diproduksi disana. Dilengkapi body lapis baja, sehingga mampu menahan terjangan proyektil peluru, serta bannya sudah mengadopsi run flat tire yang tahan peluru dan masih bisa melaju, meski rodanya kempes. Spesifikasi tersebut membuat truk ini mirip sebuah panser dengan kemampuan menyemprotkan air bertekanan tinggi.


Pada bagian kaca depan dan samping kabinnya juga dilengkapi teralis untuk mengantisipasi perusakan oleh massa. Truk water cannon DWC 6500 dalam menjalankan misi sanggup membawa 6.500 liter air, dengan jangkauan semprotan mencapai jarak 70 meter. Truk ini memiliki berat mencapai 16 ton.




Ilustrasi Water Cannon.

Sumber


Truk berpenggerak 4×2 ini dilengkapi sejumlah fitur untuk menembakkan air bertekanan tinggi, ada dua kanon air diatas kompartemen kemudi, selain itu truk ini bisa menyemprotkan air dari samping, depan serta bawah bodynya. Untuk pengoparisannya menggunakan joystick dan monitor yang terletak pada kabin truk.


Digerakkan secara digital, operator mengandalkan input dari front zoom camera dan cannon camera. Tidak hanya bagian depan saja yang dipasang kamera, di bagian belakang kendaraan juga dilengkapi kamera intai. Untuk misi merekam kejadian di lokasi, tidak lupa truk ini dibekali DVR system dan 4 channel monitor.




Ilustrasi kabin Water Cannon.

Sumber


Punya prinsip kerja yang mirip dengan truk pemadam kebakaran, DWC 6500 sudah dibekali self priming cenftifugal pump, auxiliary engine dan hydrant connector. Setelah massa yang rusuh berhasil dipukul mundur, truk ini juga dapat membersihkan jalan dengan lateral nozzle dan water sprinkle.




Sedang bersih-bersih jalan.

Sumber


Dengan mesin penyedot air tipe D4DA, truk ini mampu menyedot 2200 liter air per menitnya. Untuk mesin truknya menggunakan mesin diesel Deewoo dengan kapasitas mesin 11.051 cc, tenaga maksimal yang mampu disemburkan mencapai 340 HP pada 2100 rpm. Dengan dibekali transmisi 6 gigi maju dan 1 gigi mundur, untuk tangki BBM-nya berkapasitas 200 liter. Truk ini diawaki oleh 5 orang, terdiri dari satu pengemudi, satu orang navigator serta tiga orang operator.


Di musim pagebluk Corona ini, Water Cannon mendapat pekerjaan baru, yakni ikut menyemprotkan desinfektan diruas jalan raya diberbagai kota di Indonesia. Selain menyemprot desinfektan, Water Cannon juga digunakan Polisi untuk menyalurkan air bersih untuk daerah yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau.




Water Cannon Polda Bali menyemprotkan desinfektan.

Sumber Ilustrasi




Memberi bantuan air bersih di Way Kanan, Lampung.

Sumber



Dijadikan tempat wudhu oleh Polres Tanah Laut.

Sumber


Meski berkulit baja, Water Cannon tak luput dari aksi bar-bar demonstran. Seperti yang terjadi pada demo mahasiswa di gedung DPR RI diakhir 2019 kemarin. Meski secara keseluruhan body truk tidak rusak, tapi bagian kaca, lampu serta body depannya hancur dirusak para pendemo. Hanya bagian depan yang berhasil dirusak, sementara bagian samping dan belakangnya masih terlihat utuh.


Selain jadi sasaran amukan massa, Water Cannon juga jadi ajang curhatan isi hati para demonstran. Mereka pun tak sungkan mencurahkan isi hati mereka pada kulit baja dari Si Water Cannon, seperti pada foto dibawah ini.




Curhatan pendemo di truk Water Cannon.

Sumber




Truk yang dirusak diakhir 2019.

Sumber


Sebenarnya Polisi juga memiliki Water Cannon buatan PT Pindad, namun populasi DCW 6500 masih jauh lebih banyak dioperasikan oleh berbagai Polda dan Polres di Indonesia. Water Cannon buatan Pindad memiliki berat yang sama, yakni 16 ton. Dengan kapasitas tangki air 5000 liter, serta jarak semprotannya mencapai 50 meter. Saat ini kedua Water Cannon ini dioperasikan oleh Shabara dan Brimob.


Water Cannon ini biasa muncul saat aksi demonstrasi dengan skala besar, untuk memecah konsentrasi massa. Biasanya kendaraan ini akan menyemprotkan air untuk memukul mundur para demonstran yang mulai tak terkendali, setelah Water Cannon ditembakan akan diikuti oleh tembakan gas air mata oleh para petugas.




Water Cannon buatan Pindad

Sumber


Demikian sedikit ulasan mengenai Water Cannon yag biasanya mulai beraksi ketika sebuah aksi demo mulai memanas, semoga bisa menambah wawasan buat kita semua. Bagi gan sist yang ingin menambahkan informasi mengenai kendaraan satu ini, bisa ikut berkomentar dibawah. Sampai jumpa lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image
nirankarayusuf2210ghafi818084
ghafi818084 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
5.7K
94
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.