Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
229
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f530dd77e3a7237e6202a13/kesulitan-gua-tinggal-di-indonesia
Tinggal di Indonesia yang tingkat kehidupan bersosialnya tinggi itu agak menyulitkan buat gua yang kurang bisa berinteraksi dengan orang di sekitar. Gak tau ya, apa namanya, apakah disleksia, anti sosial, pendiam, cuek, atau bahkan dianggap sombong.
Lapor Hansip
05-09-2020 11:02

Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tinggal di Indonesia yang tingkat kehidupan bersosialnya tinggi itu agak menyulitkan buat gua yang kurang bisa berinteraksi dengan orang di sekitar.

Gak tau ya, apa namanya, apakah disleksia, anti sosial, pendiam, cuek, atau bahkan dianggap sombong.

Sering banget sih gua mendapat cap dari orang di sekitar, bahwa gua adalah orang yang sombong. 

Padahal, gua hanya payah dalam bersosialisasi.

Sudah berulang kali gua coba untuk bisa bersosialisasi, tapi gak bisa. Sudah dipaksa untuk coba lebih ramah ke orang di sekitar, tapi gua malah dicuekin atau dianggap aneh dan 'sok baik'.

Dalam thread ini, gua cuma mau tau apakah ada yang serupa sama gua dan juga mau kasih tau ke kalian kalau mungkin melihat orang-orang yang seperti gua, bisa memahami terlebih dahulu, apakah orang itu beneran sombong, songong, sengak, atau cuma karena kurang bisa bersosialisasi.

1. Tidak suka basa basi

Gua orangnya gak suka basa basi, jika tidak punya kepentingan, maka gua gak akan banyak ngobrol. Apalagi dengan orang yang tidak terlalu dekat. Paling, kalau ketemu sama orang, cuma say hai aja, udah cukup. Kadang, gua cuma lambaikan tangan atau menaikkan alis untuk menyapa tanpa berbicara.

Biasanya, gua akan bicara banyak kalau ada kepentingan atau keperluan saja. Menurut gua sih ini bukan 'ngobrol kalau ada maunya aja', tapi lebih ke gak suka basa basi yang berlebihan.

2. Orang tak dikenal

Kalau ada orang yang gak dikenal, gua suka heran kalau melihat orang bisa ngobrol panjang, padahal mereka gak saling kenal.

Dari situ, mereka kemudian jadi saling kenal. Bahkan bisa langsung jadi teman dekat dalam waktu singkat.

Kalau gua gak bisa kayak gitu. Biasanya kalau ada orang gak dikenal, bahkan dia ngajak ngobrol gua duluan, dia mau kenal lebih dekat sama gua. Gua biasanya akan menutup diri atau menghindar.

Butuh waktu untuk gua bisa menerima bahwa dia adalah teman gua. Biasanya, gua akan menunggu takdir, kalau memang kita ditakdirkan untuk berteman, kita akan sering ketemu dan ngobrol lagi.

Tapi ya kebanyakkan dari mereka juga ada yang setelah ngobrol pertama, jadi males berteman sama gua. Ya, gua juga gak mempermasalahkannya.

3. Menegur

Pada waktu berpapasan atau bertemu dengan orang yang gua tau, namun gua gak kenal. Gua gak akan menyapa atau menegur.

Gua di sini merasa bahwa gua gak kenal sama dia, jadi gua gak enak kalau tau-tau menegur atau menyapa orang itu.

Ada sih beberapa kali gua kadang kalau lagi pengen, gua coba tegur, tapi gua dikacangin, haha. Ya gua makin beranggapan bahwa kayaknya gua lebih baik diem aja deh.

4. Kerja Bakti

Ini menjadi alasan yang paling wajar menurut gua untuk orang menganggap gua sombong.

Gua gak bisa ikut kerja bakti karena gua gak terlalu bisa berkomunikasi. Beberapa kali sih gua ikut kerja bakti, tapi ya dengan suasana yang awkward gitu. Gua bantu sebisanya aja tanpa mengobrol dengan orang-orang di lingkungan rumah gua.

Ini ya kayaknya karena gua sudah dicap sebagai orang sombong. Orang jadi males sama gua.

Kadang kalau gua gak ikut kerja bakti, biasanya karena ada kerjaan atau gak tau kalau ada kerja bakti. Keluarga gua akan nyumbang makanan atau minuman aja.

Tapi ya rasanya belum cukup untuk mereka. Mereka lebih nyaman untuk menganggap gua sebagai orang yg sombong.

5. Insecure

Mungkin istilah yang belakangan ini banyak digunakan oleh orang. Gua pun sepertinya punya rasa insecure tinggi.

Jadi, gua sangat rentan untuk menjadi korban bully. Tapi untuk menghindari hal tersebut, gua seperti mencari cara untuk bisa menutupinya dengan melakukan sikap-sikap seperti di atas.

6. Susah Bersosialisasi

Intinya dari semua ini adalah gua orangnya susah banget untuk bersosialisasi. Sudah dicoba utk bisa bersosialisasi, tapi ya gak berhasil.

Mungkin bagi kalian mudah mengatakan, tinggal sosialisasi doang, apa susahnya? Tapi percayalah, bagi gua, ini sulit banget.

5. Baik

Nah, sekarang gua mau bahas tentang sisi baiknya gua. Gak semua orang di lingkungan gua menganggap gua sombong, tapi ya memang sedikit.

Dari sekitar 10 keluarga yang ada di sebelah dan depan rumah gua, ada 2 yang baik dan sepertinya paham.

Kalau berpapasan dengan mereka, gua ya menyapa, senyum, bahkan kadang basa basi "Dari mana?"... "Dari situ"... "Ohhh"...

Sekedar itu.

Lalu, ketika mereka butuh bantuan, misalnya minta air karena pompa di rumahnya mati. Mereka gak segan bilang ke gua untuk minta tolong.

Pernah juga sebelah rumah gua, nebang pohon, sendirian, gua bantu untuk mengangkat batang-batang pohonnya.

Ada juga tetangga depan rumah gua, mobilnya bocor, minta tolong sama gua untuk membantu melepas ban serep mobilnya karena terlalu keras. Gua bantu.

Saat gua butuh bantuan mereka, ya gua juga minta tolong ke mereka.

Tapi sayang, menurut gua hanya sedikit orang yang begini di Indonesia.

Mayoritas dari mereka masih banyak yang butuh basa-basi, ramah, doyan ngobrol, dan unsur lainnya lah dengan dibalut kata 'Sopan Santun'.

Kalau mereka melihat ada orang yang gak melakukannya, maka seakan dianggap sebagai orang yang tidak disukainya.

Sekarang, gua mau tau sih, gua sendirian yang merasakan hal kyk gini atau juga ada orang-orang yang senasib sama gua?

NB: Gua gak bilang kalau gua gak suka tinggal di Indonesia ya, cuma gua merasa agak kesulitan aja untuk adaptasi dengan budaya sosial di Indonesia karena keterbatasan gua. (Gua sulit karena memang ada yang salah dari gua dan ini sulit untuk gua perbaiki, jadi sekali lagi jangan salah sangka dengan bilang: Pindah aja "ke mana gitu".)

Quote:Original Posted By a2team
Pada kasus gw:
Gw merasa kalo gw ini bukan orang anti sosial, malah demen bgt bersosial. Tapi apa aja yg gw dapat?
- saat gw menyapa tetangga, mereka engga balas menyapa, jadi lama2 gw skip - auto dapet cap sombong.
- gw suka main ke rumah tetangga, ya tentu namanya cowo pasti yg dibahas ga jauh dari mesin & teknologi (gw ga suka bahas hal mesum, apalagi di rumah orang). obrolan dg topik asyik ini pasti makan waktu. Akhirnya suami2 yg dulu gaul sama gw, pasti ditegur istri, dilarang lagi gaul sama gw. Sadar gw dijauhi, gw kurangi setor muka di masyarakat - auto dapet cap sombong lagi.
- ada acara 17an, kerja bakti, dsb, pasti gw ditunjuk jadi panitia, ok awalnya sering gw terima, tapi akhir2 ini terpaksa gw tolak. Sebab: orang2 sulit & ga bisa diatur untuk kerja secara efektif. Dapet lagi cap sombong.

Ya udah, sekarang gw terima aja peran sbg orang sombong.
emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By DONGDOT79
intropert kali ya gan....., kayanya mirip apa adik ipar yg cowo ..., jatohnya susah bersosialisasi segitu dia udah mau jagain warung mertua/ibunya..tapi tetep aja gan mirip kaya ente....mgkn kalo dikamarnya ada PS KOMPUTER KAGA GAPTEK ga masalah..tp cuma ada TV doang..ya mendinglah...intinya ujung2nya pernah brobat ke psikiater gan ....---- saran gw mah Yin-Yang aja,serba seimbang...interaksi sosial juga seadanya bergaul seukupnya....karena manusia itu yaa emang mahluk sosial pada dasarnya,


Quote:Original Posted By AirFie
agan punya trauma?
kondisinya mirip ane, tapi kalo ane dah di luar lingkungan rumah, ane bener2 jadi orang yang beda. karena tadi ane... punya trauma.


Quote:Original Posted By sankus010
Orang indonesia tidak suka mengobrol dengan orang baru.. tatapan sinis kalo mukanya keliatan jelek .. kalo muka muka nice guy atau cewek bening pasti di ramah tamahin.

Wkwkwkwk
Pengalaman ane selama solo backpacker waktu itu, lu harus jadi mr nice guy dulu supaya mereka mau enak ngobrol emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By lonelylontong
Kayaknya ane punya masa lalu yang persis sama kayak ente.

Solusinya buat ane pertama2 adalah beresin perasaan insecure, minder, dll. Fokus aja ke itu dulu.

Begitu itu sdh beres, pelan2 masalah yg lain bakal ikutan beres.

Pengalaman ane sih gitu.

Sampai skrg pun ane msh berjuang utk beresin masalah insecure dan minder, krn ga gampang buat bener2 100% merasa nyaman dgn diri sendiri.


Quote:Original Posted By onee643
Introvert Bray. Menjadi ekstrovert bisa. Hanya saja butuh waktu. Karena ada ribuan kebiasaan yang harus dibiasakan. Dan waktu yang dibutuhkan nggak sedikit. Karena disana nantinya ada pembentukan mindset yang baru, serta mencoba membuka diri. Padahal awalnya brey merasa dirinya tertutup. Santai aja. Semua butuh proses. Kalau ketemu orang yang tepat, ada jamin bray bisa berubah menjadi ekstrovert.


Quote:Original Posted By OetakReptile
sosial tinggi? salah kaprah ente, indo itu super bodoh soal sosial sebenernya, indikator paling jelas itu masih ada pengkotak2an sosial/ geng2an orang yg ga bisa ngikuti itu ya jadi intro, ansos, hihimoriemoticon-Marah


Quote:Original Posted By 4nt1.sup3r
Kalau saya justru kebalikannya, paling senang ketemu orang baru, sharing pandangan hidup atau ilmu baru.

Mindsetnya diubah saja, dengan kenal orang lain, kita dapat banyak ilmu baru. Yakin kok merubah cara pandang agan akan hidup.

Contoh gw kerja di bidang IT, ya gw akan cerita dulu tentang kehidupan IT yang dekat dengan masyarakat awam. Kalau sudah cerita, baru deh tanya tanya tentang kehidupan profesionalisme orang lain tersebut. Siapa tau dapat insight dari bagian hukum atau ekonomi.

Relasi itu penting banget. Kalau tetangga agan pengacara, siapa tau aja agan bisa ditolong sama dia kalau kena masalah hukum. Paling enggak bisa minta pendapat dia lah. Begitu juga dengan masalah keteknikan, misal agan mau naikin tegangan, harus ganti semua kabel, kenal sama tetangga yang jadi tukang listrik sangat membantu. Kalau ga bisa dimintain tolong, paling bisa dimintain sarannya.

emoticon-Angkat Beer

Tapi gw setuju di Indo masalahnya emang begitu. Kalau di Jepang rasanya tinggal telefon penyedia jasa tersebut, kasih tau masalah, bayar, selesai.

Kalau di Indo bisa digetok harga kalau ga ngerti apa apa.

emoticon-Ngakak

Masalah di Indo menurut gw justru dari transportasi umum. Gw males bawa mobil kalau macet. Tapi di Indo kemana mana harus punya mobil, ga tega juga liat istri anak naik motor. Kena angin, rawan sakit.

Kalau masih muda dan belum punya anak masih bisa lah ya bawa motor selap selip lewatin macet, tapi kalau udah punya, wah berat gan.

Masalah lainnya harus uptodate informasi terkini, dan kehidupan sosialnya kebanyakan ngopi sambil nongkrong. Itu malesin banget sih, sedangkan kita udah punya kehidupan sendiri di rumah. Tapi masih aja ada yang hobi nongkrong. Bawa bekal ke kantor aja diliatin dan diejek karena dibilang sombong ga mau ngumpul.

emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By fariaffan
saya ada miripnya dengan agan, tidak bisa basa basi apalagi sama orang baru...ga tau kenapa secara alami badan saya menolak untuk melakukan basa basi, padahal udah ada di pikiran ntr mau nyapa atau apalah... jadi sebagian orang yang tidak pernah ngobrol sama saya bilangnya saya galak, muka judes...


tapi ntah kenapa kalau orang itu berani ngobrol ... katanya si saya asik buat di ajak tukar pendapat.. dan mereka malah lebih open untuk curhat... mau itu cewek atau cowok....


Quote:Original Posted By salvation101
Ane juga kayak agan, udah coba ngerubah, kerja jadi sales yang tiap hari harus basa-basi dan banyak ketemu orang, hasilnya? Ada perubahan tapi dikit banget haha.

Btw aneh bukan dicap orang sombong, tapi aneh, bukan cuma dari tetangga tapi sampe keluarga besar haha


Quote:Original Posted By ipul9
Okay in my case, mungkin hampir sama kayak ts, gua juga orang yg gak terlalu suka sosial apalagi basa basi, tetanggaan aja jarang cuy

Tp menurut gua, bukan karena agan yang anti sosia atau gk suka bersosialisasi, tapi yah mungkin emang bukan orang yang tepat aja buat ngobrol, agan pasti mikir banyak obrolannnya itu predictable karena emang itu² aja yang dibahas dan gak terlalu faedah, terus pas agan mau bahas hal lain yang sesuai agan pasti orangnya yang gak ngeh nih

Gk tau deh kalo ini bener gak di agan tp gua ngerasanya gitu dilingkungan gua, ngobrolnya mesti sama orang yang tepat selain itu ya "maaf mungkin lain kali aja ya"

Btw are you INTJ?


Quote:Original Posted By awixcool
Bener jga gan.. orang indonesia tuh lebih diutamakan birokrasi sosial maksudnya kaya remeh temeh, basa basi, sopan santun apalgi kalo ngobrolannya muji muji wah kaya di sinetron dah .. ribet emang

Yang penting kalo ada kerja bakti ya ikutan, kalo ketemu say hello, kalo kita punya skill tertentu hrus siap ngebantu.. nah yng penting kalo ngobrol harus liat konten nya gan.. dan itu tergantung lawan ngobrolnya , kadang ada sensitiv nya.. nah balik lagi dah ke birokrasi sosial yng ribet bet

Kalo saya di perumahan sih passive dan sedikit aktif .. di wa grup aja cuma jdi penonton emoticon-Ngakak
Diubah oleh jorghymub61
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 11:45
Pada kasus gw:
Gw merasa kalo gw ini bukan orang anti sosial, malah demen bgt bersosial. Tapi apa aja yg gw dapat?
- saat gw menyapa tetangga, mereka engga balas menyapa, jadi lama2 gw skip - auto dapet cap sombong.
- gw suka main ke rumah tetangga, ya tentu namanya cowo pasti yg dibahas ga jauh dari mesin & teknologi (gw ga suka bahas hal mesum, apalagi di rumah orang). obrolan dg topik asyik ini pasti makan waktu. Akhirnya suami2 yg dulu gaul sama gw, pasti ditegur istri, dilarang lagi gaul sama gw. Sadar gw dijauhi, gw kurangi setor muka di masyarakat - auto dapet cap sombong lagi.
- ada acara 17an, kerja bakti, dsb, pasti gw ditunjuk jadi panitia, ok awalnya sering gw terima, tapi akhir2 ini terpaksa gw tolak. Sebab: orang2 sulit & ga bisa diatur untuk kerja secara efektif. Dapet lagi cap sombong.

Ya udah, sekarang gw terima aja peran sbg orang sombong.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.soap dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 12:43
Apakah agan merasa capek tiap berinteraksi sama orang? Temen ane ada yg tertutup bgt, katanya buat ngomong sama orang aja capek. Dia juga kaya yg disebutkan agan itu orangnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 14:02
agan ts jomblo yah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 15:28
Ngomong biasa aja jangan kepancing asik

Kalo udah capek bilang permisi mau kemana kek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 15:31
Gw jg susah bersosialisasi, dianggap sombong ama tetangga.
profile-picture
profile-picture
oning123 dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 15:32
intropert kali ya gan....., kayanya mirip apa adik ipar yg cowo ..., jatohnya susah bersosialisasi segitu dia udah mau jagain warung mertua/ibunya..tapi tetep aja gan mirip kaya ente....mgkn kalo dikamarnya ada PS KOMPUTER KAGA GAPTEK ga masalah..tp cuma ada TV doang..ya mendinglah...intinya ujung2nya pernah brobat ke psikiater gan ....---- saran gw mah Yin-Yang aja,serba seimbang...interaksi sosial juga seadanya bergaul seukupnya....karena manusia itu yaa emang mahluk sosial pada dasarnya,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 16:26
Kok gw jadi keingat squidword di film spongbob 😂
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 16:52
si ts tapi aktif di forum dan ketikan bisa panjang lebar, lebih nyaman interaksi tanpa tatap muka kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 18:23
Wkwkwkwkkw serba salah ya, ya tapi gimana harus pinter adaptasi juga
profile-picture
profile-picture
cendolbasi7 dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 18:57
Cocok lu breh... di medsos...
Kaga perlu ngadepin dunia face to face emoticon-Cool
0 0
0
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 20:36
agan punya trauma?
kondisinya mirip ane, tapi kalo ane dah di luar lingkungan rumah, ane bener2 jadi orang yang beda. karena tadi ane... punya trauma.
Diubah oleh AirFie
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
05-09-2020 21:14
Kalo aku gak tau apa yg mau diobrolin, jd ya diem aja.



Dan sekarang tinggal di perumahan yg benar2 tidak kenal tetangga, dan para tetangga bukan jg orang2 yg suka main ke tetangganya....


Ya jd nyaman aja sih gak harus basa basi emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
06-09-2020 09:53
saran aja...coba you menetap di dalam hutan..you cuma punya tetangga harimau, babi hutan, rusa, sama python...mungkin kalian cocok.
profile-picture
profile-picture
itsandrie dan Spriggan13 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
06-09-2020 13:36
Yg penting klo ada kegiatan kerjabakti/layatan ngikut gan.

Masalah lainya bodo amat gak papa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
06-09-2020 13:56
Biasanya orang yg kek gitu dari kecil kurang tidur siang bray

Orang yg kurang tidur siang itu kebanyakan pendek,pemurung,lemes,gerogi n masalah psikologis laenya bray

Intinya banyakin tidur siang bray
Tidur siang ntu nguatin mental,rambut kagak kasar,ninggiin badan,jiwa lebih fresh bray

Rutinin bray
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
06-09-2020 14:40
kesulitannya entuh di gosipin wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
06-09-2020 18:42
Quote:Original Posted By jorghymub61
iya sis. digosipin , padahal bukan raffi ahmad, kwkkw


Entuh die dah hal yang aneh bisa bikin boom begitu aja ..aneh pan...
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan wdytfckdp memberi reputasi
1 1
0
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
06-09-2020 21:30
Tiap daerah punya nilai dan norma soalnya, ya harus dihormati si ya jadinya meski kadang kita nggak cocok
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
07-09-2020 07:03
Orang indonesia tidak suka mengobrol dengan orang baru.. tatapan sinis kalo mukanya keliatan jelek .. kalo muka muka nice guy atau cewek bening pasti di ramah tamahin.

Wkwkwkwk
Pengalaman ane selama solo backpacker waktu itu, lu harus jadi mr nice guy dulu supaya mereka mau enak ngobrol emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
07-09-2020 07:04
Ts harus bersikap positif pd org lain..

Bersikap baik pada org lain bukan utk berharap org lain baik juga sama kita..

Emang sakit hati ya kita udah ramah eh Diah cuek.. ya udah ga usah dipikirin mungkin org itu sedang ada masalah atau emang dia begitu sama semua org yg tdk akrab dgn dia bukan ke kita doang

Pindah ke selain Indonesia pun akan mengalami masalah yg sama kalau pola pikirnya spt itu
Diubah oleh gmc.yukon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lsenseyel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia