hayosayasiapa
TS
hayosayasiapa
Jangan Disepelekan! Sampah Dapur yang Biasa Kamu Buang Ternyata Punya Manfaat Lain!


Siapa yang hobi ke dapur?

Kalau kalian punya hobi ke dapur untuk memasak, pasti kalian sudah akrab banget kan dengan berbagai jenis bumbu dapur?

Nah, kalau kalian abis belanja sayuran dan membersihkannya, pasti ada lumayan banyak sampah yang dihasilkan kan?

Yap! Mulai dari ujung-ujung sayuran yang kotor, hingga kulit dari buah atau bumbu dapur lainnya pasti akan kalian buang. Hmm, sebenarnya tak ada yang salah sih dengan membuah sampah-sampah organik tersebut. Toh, membuangnya bukan bermaksud mubazir, melainkan memang sudah tidak bisa dimakan.

Eitss, tapi jangan salah loh! Meskikup sisa-sisa sampah makanan tersebut sudah tidak bisa kalian makan, tapi sebenarnya masih ada manfaat lain yang dimiliki oleh sampah-sampah ini loh. Jadi sebenarnya dia nggak sampah-sampah banget, ehehehe.



Kulit Bawang Merah dan Bawang Putih Sebagai Bumbu Daging



Kalau kalian membeli bawang merah dan putih pasti kalian akan mengupas dan membuang kulitnya untuk bisa menggunakan si bawang kan? Hmm, lain kali kuliltnya jangan dibuang ya. Setelah mengupas bawang, kalian bisa memisahkan kulitnya untuk digunakan sebagai tambahan bumbu ketika kalian membuat sop, telur asin, atau memasak daging. Selain membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat, kulit bawang merah mengandung vitamin, mineral, dan senyawa quercetin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan darah dan juga berfungsi untuk menurunkan gula darah. Sedangkan pada kulit bawang putih terdapat kandungan anti bakteri yang pastinya bermanfaat untuk kalian.


Cangkang Telur Untuk Menyuburkan Tanah



Sebagian besar dari kalian pasti suka banget dengan telur kan? Makan mie instan pakai telur, makan nasi pakai telur dikasih kecap, atau bikin roti sandwich lengkap dengan telur, duhhh enak banget deh pokoknya. Selain kandungan telur yang bergizi untuk pertumbuhan tubuh kita, ternyata cangkang telur juga memiliki kandungan penting loh. Namun bedanya, jika telur bermanfaat untuk tubuhmu, cangkang telur mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk membuat tanah semakin subur.


Ampas Kopi dan Teh Sebagai Pewangi Kulkas



Kalian termasuk tim kopi atau tim teh? Ehehehe... Tim apa pun kamu, keduanya sama-sama akan menghasilkan sampah berupa ampas (kopi atau teh). Sebagian besar dari kalian pasti akan langsung membuang si ampas ini kan? Hmm, dari pada dibuang, coba deh bungkus ampas ini dalam kertas kemudian simpan di dalam kulkas. Alhasil, bau tak sedang yang ada di dalam kulkasmu akan lenyap karena terserap oleh ampas kopi dan teh ini.


Tanam Kembali Sisa Wortel dan Sayuran Lainnya



Ketika kamu membersihkan sayuran pasti kalian akan memotong bagian ujung-ujungnya untuk kemudian dibuang kan? Coba deh sekali-kali jangan dibuang, tapi kalian tanam kembali. Misalnya tanam pangkal wortel, sawi, selada, daun bawang, dan nanas pada wadah yang berisi air. Nah, kalau sudah mulai tumbuh, kalian bisa memindahkannya pada media tanam berupa tanah.



SUMBER
wanitatangguh93yus.mnrgOhmCapung
OhmCapung dan 68 lainnya memberi reputasi
69
6.6K
176
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.