Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
565
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f50ab2c9a972e66b70525bd/belalang-goreng-makanan-ekstrim-khas-gunungkidul
Selain terkenal dengan wisata alam yang beragam, Gunungkidul juga terkenal dengan makanan khasnya yang ekstrim. Ups, ekstrim, tetapi lezat dan membuat sebagian yang mencicipi menjadi ketagihan.
Lapor Hansip
03-09-2020 15:37

Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Belalang Goreng


Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Sumber gambar : di sini



Selain terkenal dengan wisata alam yang beragam, Gunungkidul juga terkenal dengan makanan khasnya yang ekstrim. Ups,ekstrim, tetapi lezat dan membuat sebagian yang mencicipi menjadi ketagihan. Kalau saya pribadi, tidak bisa ketagihan karena alergi. Entahlah unsur apa yang membuat alergi, karena saya belum pernah berkonsultasi dengan ahlinya.


Makanan ekstrim tersebut sering ditemukan di Gunungkidul, tetapi untuk kota Yogyakarta susah ditemukan walaupun masih satu wilayah. Makanan ekstrim tersebut adalah belalang goreng. Para penjual belalang goreng sudah banyak yang menjual belalang goreng secara online maupun offline. Belalang goreng yang dijual tersebut sudah matang dan dimasukkan ke dalam toples, sehingga bisa dikonsumsi secara langsung.


Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Jenis belalang yang biasa digunakan untuk membuat kuliner belalang goreng adalah jenis belalang kayu dan belalang padi yang ukurannya cukup besar. Keduanya memiliki rasa yang sama. Para pedagang biasanya mendapatkan belalang dari para pengepul belalang hidup dari wilayah Gunungkidul maupun wilayah Bantul.


Cara memasak belalang goreng pun bermacam-macam, sesuai selera. Ada yang digoreng dengan bumbu pedas manis dan gurih, ada juga yang dibumbu bacem sebelum digoreng. Belalang goreng dalam toples tersebut tanpa pengawet, sehingga hanya tahan selama kurang lebih satu bulan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, belalang goreng juga bisa dijadikan lauk saat makan. Konon katanya, belalang banyak mengandung protein. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang tidak mengalami alergi.


Belalang pun juga biasa dijual rentengan dalam keadaan masih hidup. Harganya bervariasi tergantung berapa ekor jumlahnya dalam satu renteng. Tergantung juga musim saat itu, jika sedang musim belalang harga 3 ekor belalang seribu rupiah. Namun jika sedang tidak musim, belalang satu ekor bisa dihargai seribu rupiah.


Jika membeli belalang yang masih hidup, tentu harus masak sendiri di rumah. Belalang yang akan dimasak sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu dengan cara direbus untuk melepas kotoran yang melekat pada belalang. Kemudian sayap dan isi perut dihilangkan. Langkah selanjutnya adalah memasak belalang sesuai selera. Berikut salah satu resep masakan belalang yang bisa dicoba.


Quote:

Belalang Goreng


Bahan dan Bumbu :

- Belalang 1 kg
- Bawang putih 10 butir
- Bawanng merah 15 butir
- Gula pasir 250 gr
- Garam 4 sdm
- Penyedap rasa ½ sdm

Langkah Membuat Sajian Belalang Goreng Gurih Renyah :

- Belalang yang sudah disiapkan kemudian diseduh dalam air panas. Langkah ini bertujuan agar belalang lebih medah saat dibersihkan.

- Tarik kepala belalang sampai terbawa kotoran dibagian dalam tubuhnya. Anda juga dapat membuang sayap dan bagian kakinya sesuai selera.

- Siram belalang yang sudah dibersihkan dari kotoran dan sayapnya dengan air hangat sampai benar-benar bersih, tiriskan.

- Letakan bawang putih dan bawang merah pada cobekan dan ulek sampai halus dengan tambahan gula pasir, garam dan penyedap.

- Campurkan bumbu halus dengan belalang yang sudah dibersihkan dan masukkan ke dalam panci lalu tambahkan dengan secukupnya air. Panaskan dan rebus sekitar 30 menit lamanya hingga warna belalang berubah kemerahan. Angkat dan tiriskan.

- Terakhir, goreng belalang sampai matang dan garing. Angkat dan tiriskan.

Belalang goreng siap disantap.


Sumber : di sini


Penasaran? Jangan lupa membeli saat berwisata ke Gunungkidul. Harganya sangat terjangkau. Bahkan ada juga penjual yang menjual belalang goreng dalam porsi sedikit di dalam plastik. Harganya? Cukup Rp 15.000,00. Jika hendak membeli dalam porsi besar/dalam toples, rentang harga berkisar antara Rp 40.000,00 hingga Rp 60.000,00. Selamat menikmati!



Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Sumber gambar : di sini



Lina WH

Referensi :
- Opini pribadi

Sumber gambar :
- dokumentasi pribadi
- di sini
- di sini
- di sini
Diubah oleh lina.wh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
48
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 9
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 00:51
ntah knp ane bnr2 ga cocok ama ni makanan ... emoticon-Ngakak
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 01:20
Wah ada yang share beginian wkwk makanan favorit ane nih kalau mudik, perdana makan harus gatel" dulu selebihnya udh terbiasa
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 01:23
Selamat Bun HT ya
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 01:30
Enak loh


Gurih
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 01:46
Biasa saja gak ekstrem.
Peenah makan beberapa kali
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 03:12
Enak sih gurih2 manis
Tapi hati2 klo yang punya alergiemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 03:42
Kok cuma belalang gunung kidul yg bikin ane alergi ya? Nyemilin belalang di thailand bisa habis setengah toples, ga gatel2.. ane jg coba kalajengking.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 04:21
Quote:Original Posted By lina.wh
Metode yang kedua, harus hati-hati. Gak perlu buru-buru...


Jangan lupa ekornya digunting biar bersihinnya gampang. Dicoklek leher belalangnya tapi jangan ampe putus kemudian tarik isi perut pake batang lidi.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 04:23
Udah pernah cicip asli rasanya gurih enak gitu
Tapi pas liat bentuk belalangnya gemeter geli gimana gitu emoticon-Ngakak (S)

Jadi kangen ke daerah ngelambor
profile-picture
profile-picture
hardnoise666 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 04:25
Quote:Original Posted By dennap
Ngeri amat ganemoticon-Takut


Ya tapi beda kecoaknya. Bukan jenis kecoa yg bisa terbang tapi yg merayap berukuran agak besar.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 05:13
ini enak banget gurih asin2 gitu. buat yg belom cobain, cobain deh bakal kepingin lagi
awalnya emang jijik tp pas tau rasanya, waaaah Nikmat Tuhan mana yg kamu dustakan
sumpah enak banget
profile-picture
profile-picture
hardnoise666 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 05:15
Baca ini jadi pengen pulang kampung lagi kesana, sore sore kesawah cari belalang ijo yg kecil kecil buat digoreng, kalo beli di sepanjang jalan ke pantai baron udh mahal banget setoplesnya
Diubah oleh hardnoise666
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 05:38
harganya lumayan juga,enak.
dikluarga ane biasanya goreng jangkrik
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 05:53
Disemarang, semarang atas kusus daerah Tembalang Raya Ada juga belalang goreng biarpun tidak dijual ya...
Ibu2 asli daerah situ sering bikin jika si anak mau nangkelun belalang.
Banyak dikebon singkong, nangkel kalo malem.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 05:55
Jadi ingat ini kemaren.

Yang Suka Makan Belalang


Yang Tidak Suka Makan Belalang


Mau ketawa takut dosa nggak ketawa ekspresinya nggemesin... emoticon-Frown

Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
0 0
0
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 06:00
Apa dasar ekstrim nya?
Gue jaman bocah makan belalang. Di bakar di kebon. Enak haha
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 06:07
Ane pernah nyoba makan belalang goreng karna penasaran sama rasanya dan pas udha nyobain ane nggak suka, rasanya kayak ada pait paitnya gitu deh
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 06:13
Belalang
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 06:15
Enak gak gaes
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
05-09-2020 06:16
Aku ki wong Kulonprogo malah ra eruh hé. Ra reti nèk walang iso dikonsumsi, pas dolan nang Gunungkidul koyok-é lagi ora ungsum walang. emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
mento-khas-sunda-kuliner-jadul-yang-masih-eksis
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia