• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • (MNC Play Media) LOS Merah. Pelayanan MNC yang buruk atau ulah karyawan nakal ?

bariforceAvatar border
TS
bariforce
(MNC Play Media) LOS Merah. Pelayanan MNC yang buruk atau ulah karyawan nakal ?
Surat Pembaca ini penulis sajikan dengan tujuan untuk mengkritisi pelayanan MNC play media khususnya untuk pelayanan High Speed internet access 100% fiber.

Setelah menjadi pelanggan MNC Play media lebih dari setahun, baru belakangan ini (tepatnya 23 februari 2018) penulis mengalami kendala lost connection dengan indikator error lampu LOS menyala merah. Menurut pemahaman penulis, berikut ini adalah penyebab terjadinya LOS merah :
-Pertama kabel bermasalah (putus, terlipat, dll) .
-Kedua tidak ada sama sekali sinyal yang diteruskan oleh kabel dari tiang, bisa karena memang sedang terjadi gangguan, atau kabel sama sekali tidak tersambung ke tiang ( tercabut ).

Error ini kemudian diperbaiki pada tanggal 25 februari 2018. Namun, tidak sampai seminggu setelah perbaikan, LOS merah kembali muncul. Mendengar rumor hangat di salah satu forum online bahwa belakangan ini terdapat praktik cabut pasang, praktik dimana sales memaksakan pemasangan baru di tiang yang sudah penuh dengan cara mencabut sembarangan kabel pelanggan lama, penulis pun bergegas untuk memeriksa tiang dimana nomor penulis terpasang. Saat sampai di tiang penulis menemukan bahwa kondisi kotak MNC di tiang sedang dalam keadaan terbuka dan dibawah tiang tersebut berdiri seorang pria yang kelihatannya bertanggung jawab atas terbukanya kotak tersebut. Penulis bertanya apakah beliau merupakan teknisi dari MNC, beliau mengaku iya dan sedang melakukan maintenance jaringan.

Spoiler for penulis tidak merekam kejadian berikut, jadi tidak ada bukti yang bisa dilampirkan, bagian ini silakan agan ekstrapolasi sendiri value kebenarannya:

Penulis pikir ini adalah kali terakhir penulis akan mengalami LOS merah, namun ternyata penulis salah besar. Hari ini tepatnya 13 Maret 2018 penulis kembali mengalami error ini. Belajar dari kejadian sebelumnya, penulis bergegas menuju tiang MNC dan menemukan terdapat sekitar 5 orang di tiang, empat dari mereka mengaku teknisi dan satu sisanya mengaku sebagai sales. Kali ini mereka menggunakan seragam dan atribut MNC juga dibekali dengan work order pemasangan baru di tiang tersebut yang penulis tahu seharusnya sudah tidak terdapat slot lagi. Penulispun kemudian menceritakan bahwa internet penulis mengalami lost connection bertepatan dengan kedatangan mereka . Hal tersebut kemudian direspon dengan pernyataan bahwa mereka tidak tahu menahu atas apa yang terjadi pada kabel penulis, menurut kesaksian sang sales, sebelum kedatangan mereka kesini terdapat teknisi lain ( bukan dari  ke-lima orang tersebut ) yang melakukan maintenance jaringan. Penulispun menegaskan kepada mereka agar jaringan penulis segera di cek dan diperbaiki saat itu juga, mereka menyanggupi. 

Lima menit kemudian salah satu teknisi menghubungi penulis dan langsung datang ke rumah penulis, kemudian melakukan berbagai pengecekan pada kabel dan setelah kurang lebih 5 menit berlalu, internet penulis kembali terhubung.

Penulis pun bertanya apa yang menjadi penyebab kendala tersebut, beliau menyampaikan bahwa banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebabnya, seperti tidak apiknya teknisi maintenance dalam merapikan kabel sehingga ada yang terjepit atau kabel tidak terpasang sempurna di tiang. Beliau pun meyakinkan penulis bahwa tidak ada kabel yang tercabut di tiang dengan menunjukkan foto kondisi di kotak MNC tersebut , sehingga beliau bisa memastikan ini adalah kesalahan teknisi maintenance sebelumnya.
Satu hal yang membuat penulis merasa ganjil akan pernyataan mereka, khususnya sang sales, adalah pernyataan yang mengkambinghitamkan si teknisi “gelap”. Sebagai informasi, jarak antara tiang ke rumah penulis adalah sekitar 90 detik kecepatan jalan cepat orang dewasa, dengan kata lain kurang dalam 2 menit penulis sudah bisa berada di lokasi tiang tersebut. Apakah lazim seorang teknisi memasang tangga, melakukan maintenance, merapikan peralatan, lalu pergi hanya dalam waktu dua menit?
Satu hal yang penulis perlu tekankan adalah saat LOS merah terjadi seketika itu juga penulis bergegas pergi ke tiang dan setelah penulis tanyai mereka pun baru saja sampai disana, dengan kata lain LOS merah terjadi tepat saat mereka datang
 
Dari penjabaran pengalaman penulis diatas, bisa disimpulkan beberapa kemungkinan penyebab kendala los merah  :

1.     LOS merah yang penulis alami merupakan kelalaian teknisi "gelap" ( dengan asumsi teknisi tersebut nyata adanya di dunia ini). Sebagai informasi tambahan, ke empat teknisi diatas sama sekali tidak menyatakan bahwa hal ini adalah kesalahan mereka, 
 
2.     Penulis merupakan salah satu korban praktik cabut pasang.
Berikut ini penulis lampirkan work order pemasangan baru mereka jika mnc ingin melakukan self-investigation :
Install_BDG_CKK_01
BDG01-3012
2018-03-13/08:30-10:00
2018-03-12 21:36:12
Retail/Regular – Area aktif > 12 bulan
1000337925
SKG05/HP+0/Huawei
Paket Galaxy – 15 free up to 20
 
 
Apakah los merah ini adalah hasil dari ketidakprofesionalan seorang teknisi? Atau memang terjadi praktik cabut pasang ? silahkan para pembaca sendiri yang simpulkan.
 
Untuk mengakhiri Surat Pembaca ini, saya pesankan kepada para pelanggan MNC lainnya, jika anda mengalami kendala LOS merah, segera datangi tiang MNC anda!
 
Salam
Pelanggan 100102937


====edit======

Bukti :

Spoiler for work order:


Spoiler for chat wa dengan teknisi ( nomor di sensor demi privasi, jika agan butuh silakan pm:
Diubah oleh bariforce 13-03-2018 15:09
limelight.
chisaa
chisaa dan limelight. memberi reputasi
2
6.8K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.