junleon
TS
junleon
6 Fakta Unik Shaun the Sheep, Animasi Kesayangan Kita Semua!


Shaun the Sheep adalah serial kartun yang menceritakan kisah kehidupan kawanan domba, dan sang pemilik serta si anjing. Kartun ini memiliki durasi 7 menit per episode. Shaun the Sheep telah disiarkan di 180 negara di seluruh dunia. Di TV Indonesia, kartun ini pernah tayang di RTV dan MNCTV. Jika kamu sering menonton Shaun the Sheep entah di TV atau youtube, mungkin kamu perlu tahu fakta-fakta berikut ini. Langsung aja cekidot ya!



Tanpa Dialog, Tapi Banyak Fans

Kalau kamu rutin menonton kartun ini di TV atau youtube, kamu pasti tahu bahwa kartun ini tidak pernah ada dialog alias percakapan yang muncul. Mereka hanya menggunakan audio seperti bergumam, tapi dengan gimik dan ekspresi. Yang bisa disimpulkan bahwa itulah cara penyampaian ceritanya, bukan dengan dialog tapi ekspresi dan gerakan para tokoh.

Dan ya, meskipun tanpa dialog dan bisa dibilang sedikit sepi, nyatanya Shaun the Sheep mampu menarik banyak penggemar di seluruh dunia. Mulai kalangan anak kecil hingga dewasa, mereka banyak yang suka menonton kartun ini. Di platfrom Facebook sendiri, halaman mereka sudah berhasil mencapai 5 juta like lebih loh!


Sudah Mengudara di Tahun 1995

Mungkin yang kamu tahu, Shaun the Sheep muncul ke publik sekitar tahun 2007 ke atas. Tapi fakta sebenarnya, Shaun dan kawan-kawannya sudah pernah muncul ke layar animasi di tahun 1995 loh! Ya, tepatnya menjadi cameo di film A Close Shave dengan karakter Wallace dan Gromit anjing. Meski muncul dengan durasi hanya 4 menit, tapi membuat orang banyak menyukainya. Dan sejak itu, Shaun memiliki serial animasi sendiri di BBC yang dibuat oleh studio produksi Aardman. Kamu sudah tahu fakta ini belum?



Orang Dibalik Soundtrack

He's Shaun the sheep, (He's Shaun the sheep)

Para penggemar Shaun the Sheep tentu tahu betul akan penggalan lirik diatas. Ya itu adalah beberapa lirik dari soundtrack Shaun the Sheep berjudul Life's a Treat. Lagu ini dibawakan oleh Vic Reeves, ia adalah seorang komedian, artis, musisi, aktor dan presenter televisi Inggris.

Namun pada tahun 2015, Life's a Treat dinyanyikan ulang oleh Rizzle Kicks dan dijadikan versi lagu yang diakui secara Internasional. Rizzle Kicks sendiri adalah duo hip hop Inggris dari Brighton yang terdiri dari Jordan "Rizzle" Stephens dan Harley "Sylvester" Alexander-Sule.


Rumitnya Proses Produksi

Karena kartun ini menggunakan teknik Stop Motion, untuk pembuatannya sendiri tentu lebih sulit daripada kartun-kartun yang lain. Stop Motion merupakan teknik pembuatan video dengan cara Cut to Cut, yakni penggabungan frame gambar yang di rekam satu persatu, kemudian frame-frame tersebut digabungkan dengan proses editing hingga tercapai suatu gerakan yang diinginkan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat kartun ini yakni pertama Perancangan Story Board - Pengaturan Scene dan Set Tempat - Pembuatan Karakter Model - Pembuatan Properti - Shooting. Meski tampak simpel, nyatanya pengerjaan kartun ini cukup rumit loh. Karakter dalam Shaun the Sheep bergerak 25 kali per detik, yang artinya animator harus mengatur ulang 1.500 kali adegan hanya untuk durasi 1 menit. Tim rata-rata mampu menyelesaikan 7 detik rekaman per harinya.



Fakta Lain dari Si Shaun

Shaun adalah karakter utama dari serialini dan menjadi pemimpin kawanan. Dia adalah domba laki-laki yang pintar dan memiliki persahabatan yang baik dengan Bitzer si Anjing. Karakter ini disuarakan oleh Justin Fletcher. Ia adalah seorang komedian Inggris dan presenter televisi anak-anak.

Di dalam film, Shaun dikatakan berumur 11 tahun. Yang berarti ia adalah domba dewasa. Karena di kenyataan, domba sendiri memiliki rata-rata umur 10-12 tahun saja. Boneka Shaun memiliki tinggi 17cm dan berat 100g. Makanan yang menjadi favorit Shaun adalah pizza, dan dia sangat menyukai film koboi.



Sisi Dibalik Para Karakter

Siapa yang tidak tahu dengan domba terbesar dan doyan makan di serial Shaun The Sheep? Nama domba tersebut adalah Shirley, meski bersuara seperti laki-laki, nyatanya dia adalah domba wanita.

Bitzer si Anjing adalah sahabat baik Shaun, mereka bersahabat sangat erat. Ketika melihat sang pemilik yakni Si Peternak, Bitzer selalu melihatnya sebagai Peternak biasa yang merawat hewan-hewan kesayangannya. Bitzer sangat menyadari Shaun dan kawanannya memiliki kecerdasan tinggi hingga sebagian besar dari mereka dapat berolahraga, menari, memecahkan masalah, membangun benteng, dan bahkan hanya berdiri dengan dua kaki. Tetapi meski Bitzer tahu tentang hal tersebut, dia mencoba memastikan Peternak tidak pernah mengetahuinya, sehingga dia tidak akan terkejut sepenuhnya, atau membuatnya berpikir bahwa dia sudah gila.

Timmy, si Domba Kecil yang lucu dan penuh keceriaan ternyata punya acara sendiri loh! Nama seriesnya adalah Timmy Time. Jika di Shaun The Sheep ia nampak bertingkah natural seperti anak-anak domba sewajarnya, berbeda dengan di Timmy Time yang mana ia lebih sering menghabiskan waktunya untuk belajar, bermain dengan teman-teman, dan menjalani kehidupan sehari-harinya yang lebih modern.



Diubah oleh junleon 03-09-2020 07:26
orgbekasi67ujellyjellotien212700
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
40
14.2K
144
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.