Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4f2711e83c72246262e120/suara-netizen-pengalaman-ketika-melapor-kasus-kejahatan
Hai, Teman-teman, sudah lama aku tidak membuat thread. Kalian semua apa kabar? Semoga baik-baik aja, ya. Beberapa hari lalu, aku menemukan sebuah postingan di facebook dan aku pun tertarik untuk sedikit membahasnya.
Lapor Hansip
02-09-2020 12:01

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hai, Teman-teman, sudah lama aku tidak membuat thread. Kalian semua apa kabar? Semoga baik-baik aja, ya.

Beberapa hari lalu, aku menemukan sebuah postingan di facebook dan aku pun tertarik untuk sedikit membahasnya. Tanpa basa-basi lagi, akan ku mulai thread-nya.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Sebelumnya, mohon maaf jika nanti ada kesalahan di thread ini.

Berdasarkan pasal 108 ayat 1 dan 6 KUHP yang berbunyi.

Ayat 1 : Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan, dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik baik lisan maupun tulisan

Ayat 6 : Setelah menerima laporan atau pengaduan, penyelidik atau penyidik harus memberikan surat tanda penerimaan laporan atau pengaduan kepada yang bersangkutan

Pasal tersebut sama sekali tidak menyinggung adanya biaya yang harus dibayarkan oleh pelapor ke pihak penyidik. Lagipula, menangani laporan seperti ini atau yang lainnya sudah merupakan tugas polisi sesuai dengan slogan mereka, yaitu melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat. Mereka juga telah diberikan gaji sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Pengaturan Gaji Anggota Kepolisian Republik Indonesia.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Untuk yang ini, aku tidak bisa membenarkan atau menyalahkan. Memeriksa kelengkapan surat itu memang sudah tugas polisi, ya, dan pengendara pun juga wajib memiliki surat-surat yang lengkap. Namun, ketika Kakaknya ngomong "bukannya ditolongin malah bakal dicek kelengkapan surat", nah di sini bagian yang menurutku tidak benar. Menurutku, menolong korban itu lebih penting daripada mengecek kelengkapan surat. Mungkin mereka berpikir orang yang kecelakaan itu biasanya orang belum memiliki kelengkapan surat atau sim sehingga bukan pengendara yang mahir, tapi nyatanya kecelakaan itu banyak penyebabnya.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Ini sangat gawat menurutku, warga sudah mulai kehilangan kepercayaan pada berwenang. Aku pribadi pun sudah mulai tidak percaya, ditambah banyaknya kasus, seperti polisi yang katanya memukul bocah umur 13 tahun, tapi beralasan nggak sengaja, memaksa seseorang (kalau nggak salah waktu itu petani) mengaku sebagai pelaku pembunuhan (yang sebenarnya bukan pelaku), dan lainnya.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Saat corona ini, kita dilarang untuk membuat acara yang memancing keramain, bahkan polisi pun tidak segan membubarkannya. Namun, bagaimana jika yang biasa membubarkan malah yang mengadakan]
Sumber : https://hot.grid.id/read/182091941/k...r-pemberontaka

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Ini sama seperti yang dibahas pertama tadi, jadi nggak perlu dibahas ulang, ya.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Ini juga.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Kulansir dari sebuah situs, jika ingin mengambil kembali barang kita yang disita penyidik, maka kita hanya perlu memohon penetapan pengembalian barang bukti. Barang kita juga sebenarnya akan dikembalikan jika perkara telah selesai atau sudah tidak digunakan lagi untuk kepentingan penyelidikan. Sekali lagi, sama sekali tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan.

[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Ini aku juga sering sekali mendengarnya. Aku juga sering melihat poster dari kepolisian yang berisi himbauan untuk tidak memberi atau meminta uang pungli. Miris aku bacanya.

Sepertinya hanya bisa sampai sini, tunggu di thread selanjutnya, ya.

Sumber :

https://www.facebook.com/25018782508...71031/?app=fbl

https://m.hukumonline.com/klinik/det...rus-membayar-/

https://m.hukumonline.com/klinik/det...kantor-polisi/

https://m.hukumonline.com/klinik/det...kenakan-biaya/
Diubah oleh yukkikana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuki26 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:10
Quote:Original Posted By ijah18
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan

Yang koment langsung balas bikin teh anget 🤣🤣🤣


om gw pernah nabrak orang selesain kekeluargaan ma korbannya. Abis 7 juta buat cabut perkara di pokis, mungkin karena dia yg nabrak jadinya gpp bayar daripada panjang urusannya.

Setelah berbulan-bulan ketemu ma korban tabrakan yg dulu, ngobrol2 ma si om ternyata si korban juga dimintain 3jutaan ma pokis...

Gila emang c wereng inih emoticon-Gila
profile-picture
ijah18 memberi reputasi
1 0
1
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:13
Pas jadi korban, ngelapor dimalakin duit

Pas membela diri malah dijadiin tersangka kekerasan terhadap maling

Welcome to Indonesia bung..
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:16
memang bajingan oknum sprt ini
Diubah oleh yon110997
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:16
CERITA GUA LEBIH EPIC LAGI GAN
Parah banget dah ini kelakuan powlisi nya


Gua usahain singkat ae biar kaga pada bosen lu pada emoticon-Big Grin

Quote:Jadi ceritanya sekitar 2018 kmren
Kebetulan gua tinggal di kampus (ramean sama anak2 organisasi)
Beberapa kali ada kasus kehilangan, hingga kita waspada

Hingga pada suatu hari ketangkep lah itu maling, kita cek segala macem barang dia bawa sekaligus kita introgasi tuh maling alasan dia sampe nyuri


nih yang harus agan inget :

1. Duit kami yang kecurian sekitar 400rb, di dompet dia ada sekitar 1,2jt (entah duit siapa aja)
2. Dia anak orang yg sangat ga mampu, bahkan motor pun ga punya, hp jg ga punya
3. Dia se-universitas jg sama gua dan temen2 & belum lulus

Udah tuh kita hajar tipis tipis terus kita serahin ke powlisi (itu maling diamankan di bui karena udah babak belur)

Di sono kita diminta utk melakukan mediasi terlebih dahulu sama orang tua itu maling,
Ketemu lah kita sama orang tua nya
dan setelah dipikir2 lagi kasian jg klo kita jadi memenjarakan dia... sudah hidup susah, mau ditambah surat pernah di bui, malah maling terus ntar yang ada

Udah tuh akhirnya kita damai, kita minta powlisi utk lepasin, terus kita pulang


NAH DISINI NIH MOMENT LU PASTI PADA KESEL


somehow temen gua kek ngerasa ada yang ganjel gitu, dia minta coba balik ke kantor powlisi buat mastiin semuanya selesai

Dan boneng aja.,
Di situ ternyata orang tua si maling lg kebingungan, karena masi dimintain bayaran ini itu dengan alasan laporan udah terkirim ke pusat di jakarta
padahal itu orang tua si maling dari kampung ke kota aja minta tolong kepala sekolah SMA gegara ga mampu naik angkutan umum

Untungnya temen gua anak hukum, jadi tau lah akal akalannya, orang kita belom bikin laporan apapun, apanya yang sampe ke jakarta

Terus drama lagi saat si maling itu dibebasin,
powlisinya ga mau ngembaliin dompet dengan dalih bahwa itu dompet tetangga nya, katanya akan langsung diserahkan ke tetangganya oleh powlisi itu sendiri agar lebih aman

Sekali lagi temen gua ngerti hukum, intinya doi bilang karena kita ga jadi bikin laporan, semua barang bukti harus dikembaliin

dan setelah dikembaliin si maling protes, kenapa duit di dompetnya kosong? dari 1,2jt emang yg 400rb hasil maling, tp yg 800rb gaji dia kerja serabutan (entah bener atau enggak)
Dan mau ga mau, kita ga bisa apa2...


Sekian emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
variolikes dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:28
Pernah kejadian maling ketangkap di rumah seorang pengusaha, otomatis pengusaha juga punya koneksi polisi kan ...

Pas polisinya datang .. malah santai ngomong gini (lainkali langsung "selesaikan" saja) a.k.a matikan

Kesannya .. Polisi juga males nangkap maling, copet yg gk berfaedah buat mereka ..
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:29
Ane nih...nabrak orang pake motor....gapapa orang nya motor udah ane bawa ke beres...udah telp keluarga damai aja....eh ada ladusing datang minta 600rebu...eh ane kagak kasih....eh turun jd 200rb...tetep ane kaga kasih....lha diancam kalo ada apa2 gara2 tabrakan itu gak boleh laporan ladusing.....eh bukanya anda dibayar sama pajak rakyat....mulai saat itu kalo kepergok ama pak ladusinh selama dy masih gak profesional ya ane debatin sampe dy gak mau layanin
Diubah oleh daenk17
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:41
Semua juga udah tau kali kelakuan coklat gimana emoticon-Big Grin
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:41
Ga perlu baca isinya juga udah tau pasti BEGITU. Harap maklum deh, mau bersih seluruhnya ya butuh waktu lama. Duh ga enak kalo nyebutnya OKNUM emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:45
ane maah udeh paham ama polkis di mari
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:45
awas TS bikin thread begini, ntar diciduk emoticon-Big Grin
profile-picture
yukkikana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:49
lucunya itu kalo ga kasih duit mereka bakal bilang. "udah banyak kasus kaya gini" lah lu ngapain pol?
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 15:52
Paca page 1-5 isinya sama UUDemoticon-Ngakak
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:04
Ane pernah nih berurusan sama oknum. Sudah lama kejadiannya.
Jadi dulu tahun pertama ane kuliah, kamar ane dibobol saat malam & ane kehilangan segalanya (baju & celana juga) kecuali pakaian dalam. Pergilah ane jalan kaki berkilo-kilo meter untuk buat laporan paginya.
Setelah beres bikin laporan, baru tuh kelakuan oknum keluar. Ane dikasih 100rb buat sarapan & ongkos bus pulkam, ane juga dipinjemin tlp buat hubungin rumah.
Emang dah kelakuan oknum.
profile-picture
yukkikana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:08
Karena mengalami juga, saya ykin99% seperti itu. Sangat bullshit mereka itu
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:12
Untungnya gak pernah ngalamin, pernah urus surat kehilangan tp gak ada keluar duit
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:19
Emang dr sananya...
Klo ada oknum baik pasti tuh oknum baik bakalan gak bisa baur...

Udah budaya di Indonesia dan bakalan terus lanjut bergenerasi... Susah hilang, kenapa? Senioritas...

Ini baru polisi loh...
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:37
Android
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:38
sorry to say, gw udh ga percaya sama ni oknum.


lebih baik jng berurusan deh, pait pengalamannya ama ini lembaga
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:41
Euanjayyy
0 0
0
[Suara Netizen] Pengalaman Ketika Melapor Kasus Kejahatan
04-09-2020 16:50
dah biasa itu mah. butuh modal mereka bergerak ke sana-sini.

makanya banyak yang menguap begitu saja. kecuali yang lapor banyak duitnya...cepat itu.


emoticon-2 Jempol
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia