• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Toyota Land Cruiser FJ 45, Mobil Dengan Tampang Sangar yang Dimiliki Baba Mandra

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Toyota Land Cruiser FJ 45, Mobil Dengan Tampang Sangar yang Dimiliki Baba Mandra
Kalian yang tumbuh diera 1990 atau awal 2000 pasti tidak asing dengan sosok Mandra bukan ? Seniman Betawi yang terkenal lewat serial Si Doel Anak Sekolahan, beliau ini juga salah satu idola TS. Aktingnya bersama almarhum Benyamin dan almarhum Basuki serta almarhum Haji Tile, sukses membuat serial Si Doel jadi berwarna.

Dimana 4 orang ini dikenal tidak akur, sering berselisih paham dalam berbagai kesempatan. Kali ini TS tidak akan membahas serial Si Doel, tapi TS akan membahas salah satu mobil yang dimiliki Baba Mandra. Mobilnya adalah Toyota Land Cruiser Pick Up (FJ 45), langsung saja kita mulai pembahasannya gan sist.



Toyota Land Cruiser FJ45


Diluar profesi sebagai seorang pelawak dan seorang seniman, ternyata Baba Mandra mempunyai ketertarikan yang besar soal dunia otomotif gan sist. Beliau memilih mobil Land Cruiser buatan Toyota, mobil ini lebih dikenal sebagai Hardtop oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini ane lihat dari chanel youtube beliau, beberapa waktu lalu. Dalam sebuah videonya, Baba Mandra terlihat sedang mengganti ban mobilnya, dari sana ane mengenali mobilnya. Toyota seri 40 ini muncul tahun 1960, dan semenjak itu mulai dipasarkan ke seluruh dunia.




Toyota Land Cruiser FJ 45 milik Baba Mandra.

Sumber

Inspirasi menulis TS dari video ini.

Spoiler for Video FJ 45 Baba Mandra:



Seri 40 memiliki tiga varian, yaitu FJ 40 chassis pendek alias short wheelbase (tipe soft top dan van ringan), model FJ 43 chassis menengah (middle wheelbase), dan FJ 45 chassis panjang (long wheelbase). Mobil milik Bang Mandra masuk varian ke tiga alias chasis panjang. Kode 'F' merupakan tipe mesin Toyota 6 silinder bensin, sementara kode J adalah "Jeep". Bisa diartikan 'J' adalah kode untuk kendaraan berpenggerak roda 4x4 buatan Toyota.

Toyota FJ 45 hadir dalam dua varian, varian pick up dua pintu serta varian station wagon yang diberi nama Land Cruiser Kayami. Sayangnya Kayami berhenti diproduksi tahun 1967, posisinya digantikan oleh FJ 55. Praktis hanya pick up dua pintu yang mengisi jajaran line up seri FJ 45. Versi pick up banyak digunakan sebagai kendaraan ekspedisi, kendaraan angkut serta pemadam kebakaran. Untuk varian station wagon biasanya juga digunakan untuk mobil ambulance.




FJ 45 station wagon.

Sumber


TS kurang tahu pasti, TLC milik Baba Mandra ini langsiran tahun berapa. Kalau dilihat dari bodynya, kemungkinan ini edisi awal atau pertengahan1970-an (mohon koreksinya gan sist). Mobil ini termasuk tipe FJ, karena varian tipe pick up BJ (mesin diesel) termasuk varian langka dan tidak banyak yang masuk ke Indonesia.

Land Cruiser dengan mesin diesel sendiri muncul tahun 1974, kehadirannya sendiri diakibatkan oleh peraturan baru yang diberlakukan di Jepang. Terutama terkait dengan pemberlakuan pajak yang lebih besar untuk kendaraan bermotor dengan bahan bakar bensin, akibatnya harga TLC versi bensin menjadi terlalu mahal untuk dijual di pasar domestik Jepang.

Dari situ pihak Toyota menghadirkan varian diesel, model yang menggunakan mesin diesel salah satunya adalah TLC (Toyota Land Cruiser) seri 40 chassis tanggung (mid-wheelbase), dimulai dengan dirubahnya kode menjadi BJ 43 menggantikan FJ 43.




Versi ambulance.

Sumber


Selain dipasarkan di Indonesia dan Jepang. Toyota Land Cruiser juga masuk pasar Amerika Serikat, Kanada, Eropa, beberapa negara di Asia dan Amerika Selatan. Kemudian pada tahun 1972 tercatat sekitar 200 ribu unit terjual diseluruh dunia, setelah varian mesin diesel muncul, penjualan TLC pun meningkat menjadi 300 ribu unit. Sekarang TS akan mulai membahas sedikit eksteriornya gan sist.




Tampak dari depan.

Sumber


Dari depan mobil ini mengusung tampang sangar khas Toyota, dengan bumper depan yang besar dan terlihat kokoh. Mobil ini mengusung dua buah lampu utama berbentuk bulat, dengan grill dibagian tengah dengan tulisan 'Toyota'. Pada bumpernya terdapat dua buah lampu kabut, serta lampu sein berbentuk kotak disamping lampu utamanya.

Didekat spionnya ada dua buah lampu tambahan, TS gak tahu apa benar ini lampu ? Mohon koreksinya kalau salah gan sist, kalau dilihat sekilas bentuknya menyerupai lampu. Disamping kiri bodynya ada tulisan 'Toyota Land Cruiser' yang sudah dilabur krom. Kemudian ada lampu kotak berwarna kuning disamping body, kemungkinan ini lampu sein tambahan (cmiiw). Selain itu, setiap garis pada pintu samping dan bodynya juga terlihat sangat jelas gan sist.




Ilustarsi dari samping.

Sumber


Whellbase FJ 45 sekitar 2,95 meter, versi pick up ini memiliki bak belakang yang cukup luas gan sist. Bak yang luas ini tentu sangat cocok untuk mengangkut barang dengan jumlah yang banyak. Dibagian pintu baknya terdapat tulisan 'Toyota' yang cukup besar. Untuk lampu belakangnya mengusung lampu kotak. Terdiri dari lampu utama, lampu sein dan lampu mundur.




Ilustrasi dari belakang.

Sumber


Kalau kita lihat lagi, versi FJ 45 milik Baba Mandra adalah varian dengan model bak tertutup gan sist. Dimana disamping bak biasanya ada besi penyangga untuk mengaitkan penutup untuk bak belakangnya. Ilustrasinya ada dibawah ini untuk mobil dengan penutup bak belakang.




Ilustrasi dengan penutup bak belakang.

Sumber


Kita masuk ke bagian kabinnya gan sist, bentuk kabinnya terkesan biasa saja gan sist. Dashboardnya tak seperti mobil kebanyakan yang cenderung besar, kalau dilihat lagi, FJ 45 malah seperti tidak memiliki dashboard. Setirnya juga lumayan besar, dengan tuas persenilng berbentuk tongkat panjang. Panel instrumennya juga tidak terlalu banyak, untuk lebih jelasnya bisa kita lihat ilustrasi dibawah ini.







Ilustrasi interior FJ 45.

Sumber


Untuk urusan mesin Toyota FJ 45 mengusung mesin berkapasitas 3.900 cc enam silinder, sanggup memuntahkan tenaga maksimal 125 PS di 3600rpm, serta torsi maksimal 290 nm di 2000 rpm. Tenaga ini dikimpoikan dengan transmisi manual 3 kecepatan. Mobilnya memang agak boros dalam urusan bensin, tetapi keawetannya memang gak perlu diragukan lagi.

FJ 45 ini belum dilengkapi fitur power steering, bagi yang belum terbiasa tentu akan sedikit kesulitan untuk menaklukan Land Cruiser tersebut. Mungkin setelah menyetir mobil ini, para pengemudinya bisa mempunyai otot tangan dan kaki yang kuat layaknya Om Ade Rai.




Ilustrasi mesin.

Sumber


Rangka dan bodynya terkenal kokoh, ciri khas dari Land Cruiser. Kalau TS lihat, TLC milik Baba Mandra masih terlihat terawat, terutama rangka bodynya. Untuk mobil yang berusia 40 tahun lebih, masih terlihat bagus. Selain itu dengan penggerak roda 4x4, pick up ini juga siap diajak untuk bermain off road gan sist.

Mobil ini masih banyak diburu oleh para kolektor, harga yang ditawarkan untuk kendaraan yang masih bagus sekitar Rp 220 juta. Tak heran harganya mahal, mengingat varian pick up ini lumayan langka. Selain itu keawetannya menjadi nilai tambah, ini juga salah satu alasan kenapa harganya bisa tembus ratusan juta.




Versi pemadam kebakaran.

Sumber

Kira-kira ada gak nih gan sist yang masih punya unitnya dirumah ? Atau diantara gan sist pernah menyicipi naik mobil legendaris dari Toyota ini ? Barangkali teman atau saudaranya masih ada yang punya unitnya, silakan dishare nanti ceritanya dikolom komentar.

Gak disangka ya, ternyata seorang Baba Mandra sangat suka dengan tipe mobil off road. Selain FJ 45, beliau juga memiliki Land Rover Defender 110, Toyota Hardtop BJ 45 serta Daihatsu Independent. Kalau ada waktu, TS akan bahas 3 mobil Baba Mandra yang lainnya.Sekian dulu ulasan mobil klasiknya, semoga bisa menambah wawasan buat kita semua. Bagi yang mau menambahkan informasi mengenai mobil ini, silakan nanti ikut berkomentar dibawah. Sampai ketemu lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 03-09-2020 10:06
B217AN4646AN
feraldi2001
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
10K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.