News
Batal
KATEGORI
link has been copied
157
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5073354601cf566d00e4b7/psi-temukan-dugaan-korupsi-beli-robot-damkar-dki-jakarta-rp-8-miliar
Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengendus adanya dugaan korupsi dalam pengadaan robot pemadam kebakaran milik DKI Jakarta bernama Fire Fighting Robot LUF-60. Pengadaan robot seharga Rp 8 miliar itu diduga dilakukan dengan menaikkan harga barang (mark-up).
Lapor Hansip
03-09-2020 11:38

PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar

Past Hot Thread
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 MiliarSuara.com - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengendus adanya dugaan korupsi dalam pengadaan robot pemadam kebakaran milik DKI Jakarta bernama Fire Fighting Robot LUF-60.

Pengadaan robot seharga Rp 8 miliar itu diduga dilakukan dengan menaikkan harga barang (mark-up).


Eks juru bicara PSI, Dedek Prayudi melalui akun Twitter miliknya mengunggah video rapat laporan pertanggungjawaban APBD 2019 DKI Jakarta pada Rabu (2/9/2020).

Dalam rapat tersebut, Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, William Aditya Sarana menanyakan mengenai harga robot damkar yang dibeli seharga Rp 8 miliar.

Dari hasil penelusuran fraksi PSI, robot tersebut juga dimiliki oleh beberapa negara seperti Singapura, Filipina dan Canada. Mereka membelinya hanya seharga Rp 2 hingga 5 miliar.

"Kalau kita bisa bandingkan dengan negara-negara lain, misal Singapura, Manila, Canada itu kisarannya Rp 2 sampai Rp 5 miliar, sedangkan kita membelinya sekitar Rp 8 miliar," kata William seperti dikutip Suara.com, Kamis (3/9/2020).

William mempertanyakan klausul pembelian robot tersebut hingga Jakarta membeli dengan harga tertinggi diatas harga rata-rata.

"Jadi mungkin bisa dijelaskan proses pembelian robot LUF-60 tersebut. Apakah sudah digunakan dengan baik? Apakah sudah tepat sasaran belum?" tanya William.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Satriadi Gunawan mengatakan, dugaan mark up pembelian robot damkar sudah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebesar Rp 847 juta.

"Kaitan robotik dan LUF-60 sudah ada temuan BPK. Dalam temuannya, untuk LUF-60 Rp 847 juta," ujar Satriadi dalam rapat.
Saat ini, pihaknya sedang melakukan proses pengembalian anggaran sebesar Rp 847 juta yang telah menjadi temuan dari BPK tersebut.


Sementara itu, anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, August Hamonangan meminta agar Pemprov DKI Jakarta bisa memberikan transparansi dalam proses pengembalian anggaran yang menjadi temuan BPK.

PSI juga tak keberatan untuk melibatkan KPK guna menyelidiki lebih lanjut wilayah pelelangan robot damkar.

"Bila perlu kami minta KPK memasuki wilayah pelelangan damkar karena dengan temuan BPK sebesar Rp 840 juta itu menunjukkan adanya untus tipikor menurut kami," ungkap August.
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar


https://www.suara.com/news/2020/09/0...-miliar?page=2

Ada temuan BPK dan pihak pemprov mengakuinya dan berusaha mengembalikannya.
Berarti ada proses mark up dong emoticon-Repost
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 46 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Post ini telah dihapus oleh KS06
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:44
Drun, PSI bikin gaduh lagi tuh. Ayo segera susun opini utk nyerang si Dedek dan si William emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 16 lainnya memberi reputasi
16 1
15
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:44
yang toa kemaren juga coba di pereksa , bisa sampe ga kepake gitu , harga nya juga ga masuk akal emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:51
kok gw ga heran ya emoticon-Ngakak

semua dijadiin ladang duit..

ditunggu gerakan KPK, BPK uda menguatkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:52
Alhamdulileh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:52
lah enak bener?
di kembalikan trusudah? gak di proses polisi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:56
Dajjal laminating sang mata satu siap mencover abud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 11:58
Beli banyak makin murah
Beli dikit ya mahal
Psi apa enggak pernah belanja ke pasar ya ?

Kalo ada selisih harga satuan ama borongan, ga bisa langsung di vonis korupsi. Pinter pinter dikitlah lempar isu....
Diubah oleh suromenggolo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 15 lainnya memberi reputasi
5 11
-6
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:07
Udah jadi temuan bpk,cuma koar2 doang menemukan
profile-picture
profile-picture
entop dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:07
kpk bakal gimana nih emoticon-Big Grin
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:09
Dulu udah pernah dibahas deh. Anggarannya dibuat mungkin ga cuma buat beli damkar nya aja. Ada spare part nya juga dll. Belum lagi biaya transportasinya yg bukan cuma meliputi ongkos penyeberangan via laut tapi juga proses angkut dari pabrik sampai tempat penerimaan. Belum ongkos ini itu di pelabuhan asal. Yang pernah handle import pasti paham.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:09
Quote:Original Posted By suromenggolo โ–บ
Beli banyak makin murah
Beli dikit ya mahal
Psi apa enggak pernah belanja ke pasar ya ?

Kalo ada selisih harga satuan ama borongan, ga bisa langsung di vonis korupsi. Pinter pinter dikitlah lempar isu....


Alasan dari pemprov sendiri itu selisih harga karena robot damkar yang dibeli ada mobil pengangkut dll sedangkan perbandingannya dari Singapore hanya robot. Ternyata setelah di teliti 4,4m versi Singapore itu sudah lengkap dengan mobil pengangkut dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:12
nunggu jawaban kpk jekardah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:18
Ngak heran, mobilnya malah ngak bisa kepake waktu kejaksaan kebakar.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:28
partai grace natalie amoy MILF emang selalu bikin nasbung kadrun terguncang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:52
Ketahuannya cuma 800jt sementara selisih milyaran, ya sudah bos kita bagi 2 BPK dapet 50% pemprov 50% emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inyongprimithip dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:56
kpknya kemana nih?
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 12:57
Kalau ampe bpk tanya singapura, muka pemprov siap2 di pajang di media hobi mark up.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
entop dan LaSeixas memberi reputasi
2 0
2
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 13:08
Kok gw ga heran ya, hal semacam itu sudah menjadi hal yg lumrah di indo. Makanya susah untuk maju..
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
PSI Temukan Dugaan Korupsi Beli Robot Damkar DKI Jakarta Rp 8 Miliar
03-09-2020 13:56
Mark Up
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia