uni214Avatar border
TS
uni214
Indonesia Akan Memasuki Fase Resesi? Hoax Atau Fakta?




Indonesia adalah salah satu negara berkembang di Benua Asia khusunya Asia Tenggara. Sebagai negara berkembang, angka kemiskinan di Indonesia mencapai 10,6 persen dari jumlah penduduk di Indonesia (sumber)

Semenjak pandemik corona mewabah di Indonesia Pemerintah memiliki kebijakan untuk memberikan bantuan secara berkala kepada warga terdampak untuk mengurangi beban karena kehilangan pekerjaannya.



Tetapi sebelum itu, Pemerintah juga sudah memberikan bantuan secara berkala kepada masyarakat yang terdata miskin seperti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) , bantuan uang tunai untuk anak yang bersekolah dari jenjang sekolah dasar hingga menengah atas, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Bantuan Langsung Tunai (BLT) , dan lain-lain.

Setelah sederet bantuan yang telah dikucurkan oleh Pemerintah sejak dulu, terdapat juga subsidi yang Pemerintah berikan kepada rakyat, meski beberapa subsidi telah dicabut. Sebagian subsidi masih disokong oleh Pemerintah, contoh subsidi gas LPG dan subsidi pupuk bagi para petani. Banyak bantuan yang telah Pemerintah upayakan agar masyarakat golongan menengah ke bawah memiliki kesejahteraan dan daya beli yang tinggi.




Meski demikian, semenjak pandemi terjadi, kehidupan masyarakat makin merosot. Roda perekonomian seperti terhenti sejenak karena pandemi. Banyak perusahaan yang dilaporkan memutuskan hubungan kerja dengan para pekerja.

Bahkan hal terakhir yang terdengar adalah Indonesia akan memasuki masa resesi ekonomi.

Menurut ane, Kabar Indonesia akan memasuki fase resesi ekonomi terhitung berita yang Hoax. Mengapa?


Meskipun banyak perusahaan yang tutup pasca pandemi, tetapi masih ingat kah tren pembelian dengan harga fantastis di masyarakat? Contohnya tren tanaman aglaonema, yang per potnya dibandrol ratusan ribu? Atau si janda bolong yang per daunnya berharga ratusan ribu rupiah?

Quote:


Atau tren gowes dengan membeli sepeda merk ternama berharga jutaan rupiah yang baru-baru ini terjadi? Bahkan sepeda artis Ivan Gunawan atau kerap disapa Igun pun seharga 40 juta rupiah?



Jika daya beli masyarakat masih setinggi ini, apakah Indonesia benar akan resesi?

Usut punya usut, beberapa golongan yang masih eksismembeli hal-hal tersebut adalah rakyat yang termasuk golongan menengah keatas, sedangkan pada masyarakat golongan menengah kebawah daya beli sangat kurang.


Secara hukum ekonomi, jika minat beli menurun dan penawaran tetap, maka kerugian akan terjadi. Hal ini lah yang menyebabkan Indonesia akan masuk ke jurang Resesi.





Ternyata! resesi bukanlah berarti Krisis ekonomi sednag terjadi! Resesi adalah keadaan dimana laporan kuangan suatu negara melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi secara rill tidak berkembang atau bahkan menurun.

Diumumkannya fase resesi Indonesia akan membawa dampak seperti, Investor akan menarik dana dari Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat.

Walaupun diprediksi akan mengalami resesi pada bulan ini, semoga kita tetap dapat bertahan ya gan sist!

Semoga daya beli masyarakat pada golongan menengah keatas dapat membantu daya beli di masyarakat golongan menengah kebawah. Sehingga Indonesia terbebas dari fase resesi!


Menurut agan dan sista apakah Indonesia akan memasuki fase resesi itu benar? Yuk tulis di kolom komentar!



Terimakasih telah mampir, jangan lupa emoticon-Cendol Gan dan emoticon-Rate 5 Star





Salam,




Sumber tulisan : Tertera dan Opini Pribadi
Sumber gambar : Google





isu152
nirankara
yuki26
yuki26 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
6.3K
175
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.