daltiAvatar border
TS
dalti
Rusuh Bakar Alquran Swedia: Kita Hidup di Masa Islamofobia?


REPUBLIKA.CO.ID, Pada Jumat malam lalu Malmo yang merupakan ibu kota Swedia rusuh. Penyebabnya adalah adanya kemarahan sebuah demonstrasi yang marah karena dipicu pembakaran Alquran. Para pengunjuk rasa yang sebagian besar Muslim imigran mengamuk. Mereka melempari polisi swedia dengan batu, membakar ban, dan berbagai aksi kekerasan lainnya.

Dunia pun terkejut. Mengapa? Ini karena selama ini Swedia adalah negara yang termasuk paling makmur di Eropa yang dengan tangan terbuka menerima kedatangan pengungsi dari negara berpenduduk Muslim akibat perang di Timur Tengah. Selama ini mereka aman dan nyaman di sana. Tak ada gangguan apa pun.

Namun, utamanya pada dua dekade terkahir, khususnya dua tahun terakhir, terlihat ada perubahan sikap dari masyarakat negara itu, umumnya sikap orang Eropa lainnya. Mereka melihat imigran Muslim adalah biang segala masalah. Maka, mau tidak mau identitas Islam ikut terbawa. Akibatnya, secara perlahan --bahkan semakin kuat -- Islamofobia menguat di negara itu dan juga di negara Eropa lainnya.

Adanya soal ini jelas memantik perhatian berbagai pihak. Salah satunya adalah Narzanin Massoumi. Dia dosen di University of Exeter di Inggris dan co-editor “What Is Islamophobia? Racism, Social Movements and the State.” Dalam harian The New York Times dia menulis opini bertajuk: 'Why Is Europe So Islamophobic?' dengan sub judul: 'The attacks don’t come from nowhere'. Tulisan ini dimuat pada awal Maret 2020 silam.

Tulisan Massoumi tersebut kiranya cukup bisa menjelaskan mengapa dan dari mana akar Islamofobia di Eropa pada umumnya dan bisa juga dikaitkan di Swedia pada khususnya. Semoga tulisan ini menjadi renungan bagi kita semua.

Pada bulan Februari, dua serangan kekerasan terhadap Muslim di Eropa, satu di Hanau di Jerman, yang lainnya di London, terjadi dalam waktu 24 jam satu sama lain. Meski situasinya berbeda - penyerang di Hanau meninggalkan "manifesto" yang penuh dengan teori konspirasi sayap kanan, sementara motivasi penyerang London kurang pasti - sasarannya sama: Muslim.

Kedua peristiwa itu menambah daftar serangan kekerasan terhadap Muslim di seluruh Eropa. Pada tahun 2018 saja, Prancis mengalami peningkatan 52 persen insiden Islamofobia; di Austria terjadi kenaikan sekitar 74 persen, dengan 540 kasus.

Puncak dari satu dekade serangan yang terus meningkat terhadap Muslim, tokoh-tokoh seperti itu mengekspresikan antipati yang meluas terhadap Islam. Empat puluh empat persen orang Jerman, misalnya, melihat "kontradiksi mendasar antara Islam dan budaya serta nilai-nilai Jerman."

Angka yang sama di Finlandia adalah 62 persen yang luar biasa; di Italia, angkanya 53 persen. Menjadi seorang Muslim di Eropa berarti tidak dipercaya, czn terlihat rentan.

Di seluruh Benua, organisasi dan individu Islamofobia telah mampu memajukan agenda mereka. Gerakan jalanan Islamofobia dan partai politik menjadi lebih populer. Dan ide-ide mereka telah dimasukkan ke dalam --dan dalam beberapa contoh diberikan oleh-- mesin negara modern, yang mengawasi dan mengawasi Muslim, menjadikan mereka sebagai ancaman bagi kehidupan bangsa.

Dari jalanan hingga negara, Islamofobia dimasukkan ke dalam kehidupan politik Eropa.

Siuasi ini sudah hampir berlangsung 20 tahun. "Perang melawan teror" - yang menjadikan Muslim dan Islam sebagai ancaman peradaban bagi "Barat" - menciptakan kondisi untuk meluasnya Islamofobia. Secara internasional, itu menyebabkan ketidakstabilan dan peningkatan kekerasan, dengan kebangkitan ISIS sebagai konsekuensinya. Di dalam negeri, baik di Eropa dan Amerika Serikat, kebijakan kontraterorisme baru sangat menargetkan Muslim.

Di Amerika, relatif tidak adanya kelompok akar rumput, berbasis jalanan lebih dari yang dibuat oleh bobot kelembagaan gerakan - lima organisasi utamanya termasuk Forum Timur Tengah dan Pusat Kebijakan Keamanan - dan kedekatannya dengan kekuasaan dan mempengaruhi meluasnya Islamofobia di negara tersebut.

Gerakan ini didanai oleh apa yang oleh 'Center for American Progress' yang bisa disebut sebagai "jaringan Islamofobia". Aktivis dan lembaga ini punya hubungan dengan tokoh-tokoh senior dalam pembentukan politik Amerika. Gerakan tersebut telah berhasil memopulerkan asosiasi Muslim dengan "ancaman teroris" eksternal, di mana apa yang disebut larangan Muslim yang oleh Presiden Trump dipakai sebagai ekspresi utamanya.

Terlebih lagi, partai-partai sayap kanan yang dibangun di sekitar Islamofobia dan politik kontra-jihad telah berhasil secara elektoral. Partai Vlaams Belang di Belgia, Demokrat Swedia, dan Alternatif untuk Jerman dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi partai besar dengan dukungan substansial. Dan ide-ide mereka telah mengalir ke retorika dan kebijakan partai-partai kanan-tengah di seluruh Eropa.

Pemimpin politik kanan-tengah berturut-turut telah berkali-kali memperingatkan terhadap "terorisme Islam" (Kanselir Angela Merkel dari Jerman) yang sempat menyatakan ketidakcocokan Islam dengan nilai-nilai Eropa dan apa yang disebut "separatisme Islam" (Ini juga menjadi sempat menjadi pernyataan Presiden Emmanuel Macron dari Prancis).

Hasilnya kemudian muncul berupa pelarangan pemakaian cadar di berbagai ruang publik - dari larangan hijab di sekolah-sekolah Prancis dan pembatasan untuk guru di beberapa bagian Jerman. Larangan ini hingga menular langsung adanya pelarangan cadar di ruang publik di Denmark, hingga Belgia dan Prancis. Semua ini menunjukkan bagaimana sentimen anti-Muslim telah berpindah secara komprehensif dari pinggiran masyarakat ke jantung pemerintahan.

Inggris juga telah lebih mendahuluinya pada 2011, Inggris memperluas ruang lingkup kebijakan kontra-ekstremisme, yang dikenal sebagai Pencegahan, untuk memasukkan manifestasi “tanpa kekerasan”. Perubahan tersebut dapat ditelusuri ke elemen neokonservatif dari gerakan kontra-jihad: Lobi yang berhasil dilakukan oleh Policy Exchange dan Center for Social Cohesion (sekarang bagian dari Henry Jackson Society), keduanya secara luas dianggap sebagai think tank neokonservatif, yang mengamankannya .

Imas perluasan cakupan kebijakan ini mampu secara efektif mengubah guru sekolah, dokter, dan perawat menjadi petugas polisi. Akibatnya, setiap Muslim menjadi sosok yang punya potensi ancaman keamanan.

Di Inggris, kita dapat melihat lingkaran setan Islamofobia, yang direplikasi dalam beberapa bentuk di seluruh Eropa. Negara ini memperkenalkan undang-undang yang secara efektif menargetkan Muslim, yang pada gilirannya mendorong dan memperkuat gerakan kontra-jihad --yang dokumen kebijakan, polemik, dan protesnya mendorong negara untuk memperluas undang-undang, semuanya kecuali mengkriminalisasi aspek identitas Muslim. Hasilnya adalah menyebarkan sentimen Islamofobik di masyarakat luas.

Cara kebijakan ini membuat atmosfer serta menimbulkan kekerasan yang rumit. Munculnya sosok, seperti Anders Breivik, orang Norwegia yang membunuh 77 orang pada tahun 2011. Apa yang dilakukannya secara brutal menggambarkan pembantaiannya sebagai upaya untuk menangkal “Eurabia” - teori yang dipopulerkan oleh Bat Ye'or dan diambil dengan kuat oleh gerakan kontra-jihad. Teori ini menyatakan bahwa Eropa akan dijajah oleh "dunia Arab".

Demikian pula, terjadinya penyerang di Hanau yang terpaku pada kejahatan yang dilakukan oleh imigran non-kulit putih dan memiliki apa yang oleh pemerintah Jerman disebut sebagai "pola pikir yang sangat rasis." Keduanya berasal dari gelombang retorika Islamofobia yang menyertai kebijakan yang memilih Muslim untuk pengawasan khusus. Namun, keduanya beroperasi sendiri, dan tidak memelihara hubungan ke organisasi atau pihak mana pun. Tindakan mereka adalah milik mereka sendiri.

Garis dari kebijakan ke tindakan, retorika ke kekerasan, sangat sulit untuk ditarik. Dan proses penyebaran Islamofobia ke seluruh masyarakat Eropa adalah kompleks, multikausal, bercabang-cabang tanpa henti.

Namun, bukan berarti itu datang entah dari mana.

sumber

Silagkan kalian jawab ini :
~Siapakah yang datang ke indonesia dengan misi penyebaran agama ( misionaris ) kemudian malah menjajah bangsa kita selama 350 tahun? Apakah kaum muslimin ?
Jika muslimin jahat anda sekeluarga yg beragam non muslim pasti sdh mati semua. Krn mayoritas bangsa Indonesia adalah kaum muslimin.
~ Siapakah yang memulai Perang Dunia I ? Apakah kaum muslimin?
~ Siapakah yang menyalakan Perang Dunia II ? Apakah kaum muslimin?
~ Siapakah yang membunuh 20 juta jiwa penduduk asli Australia? Apakah kaum muslimin?
~ Siapakah yang menjatuhkan bom atom di Hiroshima Nagasaki? Apakah kaum muslimin?
~ Siapakah yang membunuh lebih dari 100 juta jiwa suku Indian kulit merah yang merupakan penduduk asli benua Amerika? Apakah kaum muslimin?
~ Siapakah yang melakukan perbudakan terhadap kurang lebih 180 juta jiwa orang Afrika dan 88 % dari mereka akhirnya meninggal dunia kemudian mayat mereka di buang ke laut samudera? Apakah kaum muslimin?
Tidak. Semua itu tidak dilakukan oleh kaum muslimin...!!! Sebelumnya, kamu harus tentukan apa definisi teroris dengan benar. Jika suatu kesalahan dilakukan oleh non muslim, hal itu hanya disebut tindak kriminal. Akan tetapi, ketika kesalahan yang sama dilakukan seorang muslim, ia langsung divonis sebagai teroris. Maka dari itu, janganlah kamu membandingkan sessuatu dengan standar ganda. Dengan begitu, akan kamu ketahui siapa teroris sebenarnya...
wuzhusih
eurlenee
uwhiekeren
uwhiekeren dan 26 lainnya memberi reputasi
7
8.1K
275
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.