News
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4d432ea7276812b3473d32/ri-amp-jepang-makin-akrab-sepakat-tinggalkan-dolar-as
Kerangka kerja ini disusun berdasarkan Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang pada 5 Desember 2019. "Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas dalam transaksi perdagangan dan investasi langsung di antara kedua negara," tulis BI melalui keterangan resmi, Senin (31/8/2020).
Lapor Hansip
01-09-2020 01:36

RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!

Past Hot Thread
 RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!


Quote:
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan Jepang telah menyepakati penyelesaian transaksi bilateral menggunakan mata uang lokal. Artinya, setiap transaksi perdagangan dan investasi yang dilakukan keduanya menggunakan mata uang lokal masing-masing yakni Rupiah dan Yen.

Kerangka kerja ini disusun berdasarkan Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang pada 5 Desember 2019.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas dalam transaksi perdagangan dan investasi langsung di antara kedua negara," tulis BI melalui keterangan resmi, Senin (31/8/2020).

Adapun implementasi kerangka kerja ini menjadi tonggak sejarah penting dalam upaya penguatan kerja sama keuangan antara Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang.


Kerangka kerja tersebut meliputi, antara lain, upaya mendorong penggunaan kuotasi langsung (direct quotation) dalam transaksi antara mata uang Rupiah dan Yen, serta relaksasi regulasi tertentu untuk mendorong penggunaan mata uang lokal.

Untuk mendukung operasionalisasi kerangka kerja ini, Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang telah menunjuk beberapa bank di negara masing-masing untuk berperan sebagai Appointed Cross Currency Dealer (ACCD). Bank-bank tersebut dipandang telah memenuhi syarat dan memiliki kemampuan untuk memfasilitasi transaksi antara Rupiah dan Yen sesuai kerangka kerja yang disepakati oleh kedua pihak.

Bank-bank di Indonesia yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai ACCD adalah MUFG Bank, Jakarta Branch, Bank BTPN, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Mizuho Indonesia, Bank BNI dan Bank BRI.

Sedangkan, bank-bank di Jepang yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan Jepang sebagai ACCD adalah Mizuho Bank, MUFG Bank, Bank BNI, Tokyo Branch, Resona Bank dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.


Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/market...alkan-dolar-as

Sip mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonihilman dan 42 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:02
Wew sudah mulai dedolarisasi kah ini
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:08
Mana bisa. Wong semua mata uang harus dikonversi ke dolar dulu kok, baru di kurs lagi ke mata uang yang lain emoticon-Ngakak
profile-picture
Kakakarrotkek memberi reputasi
1 0
1
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:10
Waduh jepang nusuk belakang amerika nih, padahal perang dingin dulu jepang memihak amerika.
Ampun jepang, lu udah ngejajah lewat budaya lu ke para wibu sekarang lu mau ngejajah lewat ekonomi juga kah?
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:10
Produk jepang jual belinya pake yen jgn dolar kali lebih murah,
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:18
B itu Bank, depannya gk perlu dikasih Bank
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:21
mudah2an bikin harga gunpla jadi lebih terjangkau hahahaha
 RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:22
Quote:Original Posted By AsalBunyi
kok ane sanksi kl jepang nusuk mamarika ya...

pgn di “little boy” lg kyknya..

emoticon-Ngakak


Mungkin dia kangen cama adek. emoticon-Baby Boy 1
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:36
Quote:Original Posted By 666fapfap
mempengaruhi harga barng jepang yg masuk ke indonesia ga??? saya masih liat harga barang 2500 yen di jual 350.000rb di sini emoticon-Cool , kedepannya semoga rupiah bisa menguat atas yen


Enak di Jepang sih emoticon-Ngakak
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 12:36
Quote:Original Posted By mat.piere
Ada ahli ekonomi gak disini yg bisa menjelaskan kenapa dari awal mula semua transaksi harus bentuk dolar? Kenapa gak seperti yg dibilang agan diatas, pake mata uang masing2 pihak? Serius nanya


Karena Amerika banyak ngutangin negara2 lain
Ngutanginnnya pake dolar
Diubah oleh aceng.fani
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 13:10
gak ngaruh.
wong penguasa financial dunia itu cuma satu.
secara spiritual harusnya sih mata uang nomor satu itu shekel, tapi sekarang yang jadi patokan itu kan usd.
andai patokannya digeser ke currency lain ya penguasanya tetap sama.emoticon-Ngakak
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 13:43
Aku awam mengenai hal tsb, keuntungan dari perjanjian tersebut untuk kita apa, Gan?
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 13:57
mantap nii emoticon-Matabelo
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 13:59
timbun emas aja dah pas lagi harga murah
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 14:18
Baguslah,emang mestinya begitu..RI dan Jepang yg berbisnis, ya harus pake mata uang sendiri lah...
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 14:26
tapi bukannya untuk konversi ke rupiah - yen vice versa, mesti konversi ke USD dulu baru ke mata uang lokal untuk netapin nilai tukarnya ya?
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 14:30
Langkah bagus dah... Semoga dgn ini negeri ini gaknjadi budak dolar
profile-picture
Cupu1971 memberi reputasi
1 0
1
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 14:32
Gas in lah
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 14:39
Artinya Indonesia siap2 utk diguncang masalah lagi dan akan ada kerusuhan lagi.
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 15:09
nah gitu, mestinya dari kemaren ini baru keren
0 0
0
RI & Jepang Makin Akrab, Sepakat Tinggalkan Dolar AS!
02-09-2020 15:14
Wah bagus bgt nih. Ekonomi jd smakin maju
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia