Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4ef7490577a915b123896c/rasa-bersalah-yang-terus-menghantui-gue
Perkenalkan nama gue Mbak Rora. Gue berusia 20 tahun. Sebelumnya tolong jangan bully gue ya Guys. Gue hanya ingin curhat ke kalian :malu:. Akhir-akhir ini, gue sering merasa bersalah yang berlebihan setiap kali gue teringat kesalahan yang pernah gue perbuat di masa lalu :sorry (pada akhir tahun 2018). Kesalahan yang gue maksud adalah, gue pernah membuat beberapa teman gue di kampus sampai mendapat
Lapor Hansip
02-09-2020 08:37

Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue

icon-verified-thread
Perkenalkan nama gue Mbak Rora. Gue berusia 20 tahun.

Sebelumnya tolong jangan bully gue ya Guys. Gue hanya ingin curhat ke kalian emoticon-Malu.




Akhir-akhir ini, gue sering merasa bersalah yang berlebihan setiap kali gue teringat kesalahan yang pernah gue perbuat di masa lalu emoticon-Sorry (pada akhir tahun 2018).

Kesalahan yang gue maksud adalah, gue pernah membuat beberapa teman gue di kampus sampai mendapatkan nilai jelek gara-gara gue.

Jadi, gue itu aslinya termasuk orang yang cuek dan penyendiri, tetapi gue tidak bisa bersikap mandiri dan sulit bekerja sama dengan orang lain (sumpah bingung gue bagaimana cara mendeskripsikannya emoticon-Ngakak (S)). Penyebabnya adalah karena gue anak tunggal yang manja dan sering bersikap kekanak-kanakan emoticon-Malu (S).

Dan gue sangat merasa kalau gara-gara sikap gue yang seperti itu, beberapa teman gue sampai mendapatkan nilai jelek waktu itu.

Begini ceritanya:

Quote:Kejadiannya terjadi pada bulan Desember 2018.

Waktu itu, di kampus gue (gue kuliah di salah satu universitas terbaik di Indonesia) ada tugas kelompok untuk mata kuliah Bahasa Inggris. Nah, sama Bu Dosennya gue disuruh bekerja kelompok dengan teman-teman gue sekelas (sebut saja namanya S, M, Z, A, Y, W, T).

Seperti biasa, setiap kali gue harus bekerja kelompok di sekolah, gue itu nggak pernah bisa bekerja sama. Gue itu orangnya cuek, segala keinginannya harus selalu dituruti, sibuk dengan urusannya sendiri dan tidak bisa bekerja sama dengan teman-teman gue (maklum gue adalah anak tunggal yang manja dan nggak bisa mandiri emoticon-Malu (S)).

Nah, waktu itu tugasnya adalah suruh membuat video wawancara berbahasa Inggris dengan kakak kelas atau alumni.

Waktu itu gue benar-benar melakukan kesalahan besar. Bukannya ikut mengerjakan tugas, gue malah sibuk dengan urusan gue sendiri (ber-hedon ria, bermain sosial media sampai lupa waktu, rebahan di dalam kost-kostan).

Gue ditelpon sama teman-teman gue, bukannya menjawab malah sibuk dengan urusan gue sendiri, sampai-sampai teman-teman gue marah-marah ke gue.

Karena terlambat mengumpulkan tugas tersebut, satu kelompok dimarahi habis-habisan sama Bu Dosen dan semuanya tidak diberi nilai (termasuk gue) emoticon-Sorry.

Memang kesalahan gue itu tidak sampai menyebabkan cacat/kematian sih, tetapi gue tetap merasa bersalaaaaaah banget emoticon-Frown (soalnya gara-gara ulah gue, teman-teman gue jadi tidak mendapatkan nilai di mata kuliah tersebut, sedangkan mata kuliah tersebut sama sekali tidak bisa diulang (tidak seperti seperti mata kuliah lainnya yang bisa diulang lagi)).

Kasihan teman-teman gue sampai tidak mendapatkan nilai emoticon-Frown.


Apa yang seharusnya gue lakukan ke teman-teman gue untuk menebus kesalahan gue tersebut?

Soalnya setiap kali gue teringat kejadian itu, gue selalu merasa sedih dan merasa bersalah banget emoticon-Frown.

Gue jadi merasa nggak nyaman banget kalau gue harus berkomunikasi dengan teman-teman gue tersebut (S, M, Z, A, Y, W, T). Mereka pasti merasa kecewa dan sakit hati banget sama gue, karena gue sudah membuat mereka tidak mendapatkan nilai di mata kuliah tersebut.

Tolong Guys, tolong berikan saran ke gue bagaimana cara untuk memerangi rasa bersalah yang gue rasakan dan apa yang harus gue lakukan ke teman-teman gue untuk menebus kesalahan gue tersebut.



Tolong segera dijawab ya Guys, karena masalah ini sudah sangat mengusik jiwa gue emoticon-Sorry.
Diubah oleh aurora..
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 09:08
Ajak Ke Setarbak Juga Luluh Gan
0 0
0
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 09:24
sista sama temen"nya sekarang masih kuliah ya ditempat yang sama?

apakah dengan tidak bisa diulangnya itu matkul ngaruh ke jebloknya IPK temen" ndak?

klo masih kuliah ditempat yang sama ya mulai minta maaf ke temen" atas apa yang uda sista perbuat, memang yang lalu nda bisa diperbaiki

tapi meminta maaf dari hati yang tulus bisa membuat perasaan sista lebih baik seenggaknya

minta maaf deh dan katakan klo sista bener" menyesal

good luck emoticon-Nyepi
profile-picture
berodin memberi reputasi
1 0
1
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 10:18
Ini diya kisah yg sama dengan tokoh2 besar. Yg punya kesalahan. Momen balik
Awas ini titik keritis kalo cuek ya jadi imunemoticon-Shakehand2
0 0
0
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 14:04
klo udh tau kesalahannya mah bgs..brikutnya tinggal minta maap ama jgn diulangi lagi..perkara di maapin apa kaga ya urusan tmen2 agan
0 0
0
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 17:18
Sebelum komentar, pertanyaan ane cuma satu sih. Kejadiannya kan dah lama ya Desember 2018. Berarti dah hampir 2 th. Pertanyaan ane kok rasa bersalahnya baru sekarang?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 17:41
Gini,

lo temui mereka semua abcd itu , bilang: "kita udah dewasa, gw mau minta maaf atas kejadian dulu.
nahh lo semua sekarang mau apa ? biar lo pada maafin gw."

nahh setelah meminta maaf, sisanya urusan mereka. mereka mau terima atau tidak, itu pilihan mereka.

lo gak bisa merubah pandangan mereka ke lo, itu hak mereka, hak setiap orang. yang penting, kita sudah memberikan terbaik.

kalau mereka mau putus hubungan? ya sudah itu keputusan mereka. ga usah dibuat susah. udah umur 20 kan? udah dewasa kan ? buat hidup ini simpel saja

lo sudah minta masf ke mereka, tuhan pun sudah senang
0 0
0
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 18:21
"hai guys, pada mau seblak gak?"

Lalu kalian rukun kembali dan menjalani hidup normal selayaknya anak kuliah
0 0
0
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
02-09-2020 18:30
Ketemu terus ngobrol aja dulu emoticon-pencet
0 0
0
Rasa Bersalah Yang Terus Menghantui Gue
03-09-2020 19:11
bundir boljug
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
ada-apa-dengan-kamarku
Stories from the Heart
only-you
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia