saya.kira
TS
saya.kira
Di Mata Jokowi, Corona di RI Relatif Terkendali


Presiden Joko Widodo (Jokowi) membandingkan kasus positif Corona di Indonesia dengan negara lain. Meski terjadi peningkatan kasus positif Corona di berbagai daerah, manajemen pengendalian COVID-19 di Indonesia masih relatif terkendali di mata Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan dalam acara 'Pengarahan Presiden RI Kepada Para Gubernur' di Istana Bogor seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020). Jokowi sengaja mengundang para kepala daerah agar ada kesamaan pandangan dalam penanganan Corona di Indonesia.

"Yang pertama saya ingin dan ingatkan agar para gubernur melihat data dan angka-angka pergerakan kasus COVID di wilayah masing-masing. Hati-hati saat ini berbagai negara kembali terjadi trend peningkatan kasus positif, baik di negara-negara Eropa dan juga di kawasan Asia," ujar Jokowi.

Jokowi menyinggung peningkatan kasus Corona di sejumlah negara. Dia meminta seluruh kepala daerah untuk lebih waspada agar kasus Corona tak melonjak.

"Oleh sebab itu kita harus hati-hati, di negara kita walaupun ada peningkatan kasus positif di beberapa daerah, tapi kalau dibandingkan dengan negara-negara lain posisi Indonesia masih relatif terkendali dan ini yang harus kita jaga. Bahwa pengendalian manajemen untuk COVID ini betul-betul masih pada terkendali," imbuh Jokowi.

Jokowi lantas memaparkan kasus positif Corona per 31 Agustus yang sudah menembus angka 175 ribu. Namun di sisi lain, Jokowi juga bersyukur angka kesembuhan yang sangat tinggi.

"Data yang saya terima 31 Agustus kemarin, jumlah kasus positif dan negara kita 175.000 dari 2,23 juta tes yang telah kita lakukan dan alhamdulillah tingkat kesembuhan case recovery rate juga makin meningkat. Dari dulu kita ingat dari bulan April 15%, kemudian sekarang di bulan Agustus itu 70,21%, jadi ada pergerakan yang lebih baik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata dunia yang 69%," ujar dia.

Sedangkan angka kematian akibat Corona masih lebih tinggi di atas rata-rata global. Jokowi meminta hal ini menjadi perhatian serius.

"Sekali lagi kita harus waspadai betul, sehingga kita tidak kehilangan kendali dalam penanganan penyebaran COVID," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan perkembangan terkait pengadaan vaksin COVID-19. Menurut Jokowi, Indonesia sudah memiliki komitmen 290 vaksin Corona hingga akhir tahun depan.

"Kemudian sampai akhir tahun 2021 kita juga sudah mendapatkan komitmen kira-kira 290 juta vaksin. Karena jangkanya masih sampai akhir 2021 saya minta kepada para gubernur, untuk pengendalian COVID itu betul-betul menjadi fokus dan konsentrasi kita, karena memang ini kita perlu memperkuat ketahanan kita agar sampai betul-betul pada seluruh rakyat kita, kita vaksin semuanya," ujar dia.

Di saat yang bersamaan, sambung Jokowi, Indonesia juga mengembangkan vaksin merah putih. Pengembangan vaksin ini melibatkan sejumlah peneliti dari berbagai lembaga.

"Saat ini vaksin merah putih, dalam tahap pembuatan benih vaksin dan prosesnya sudah sekitar 30 sampai 40% dan direncanakan dapat uji klinis pada awal tahun depan. Insyaallah siap produksi di pertengahan 2021, tutur dia.

Namun Jokowi mengingatkan para gubernur untuk menjaga keseimbangan gas dan rem penanganan COVID-19 sebelum proses vaksinasi dilakukan. Jangan sampai, kata Jokowi, masyarakat kembali merasa tidak aman.

"Karena apabila kurva COVID ini tidak bisa kita tekan dengan cepat, apalagi angka kematian atau fatality rate nya tidak bisa kita turunkan dengan tajam dan angka kesembuhan tidak bisa kita tingkatkan secara drastis, maka situasi ketidakpastian akan terus berlanjut. Ini kita semuanya harus tahu, yang akan membuat masyarakat kembali diliputi rasa tidak aman. Ini yang betul-betul harus kita jaga, jangan sampai membuat masyarakat diliputi rasa tidak aman," papar Jokowi.

Sumber Berita

Pasti terkendali karena pemerintah sudah siap sedari awal, masyarakat diharap tenang, jangan takut beraktifitas seperti biasa dengan mematuhi protokok kesehatan.

edgc41indramamothtien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
24
5.6K
169
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.