• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Ada Salju Sekaligus Gurun Pasir di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Nggak Percaya?

Puspita1973
TS
Puspita1973
Ada Salju Sekaligus Gurun Pasir di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Nggak Percaya?


Ada salju sekaligus gurun pasir dalam satu tempat di kota Tarakan, Kalimantan Utara? Iya! Masak, sih? Jawabannya ada di sini.




Assalamualikum warahmatullahi wabaraktuh. Good afternoon everyone.

Semoga Gansist tidak bosan ketemu saya. Di thread ini ane mau berbagi cerita tentang salah satu yang sedikit unik di pulau atau kota Tarakan, Kalimantan Utara. Mengapa ane katakan sedikit unik, ya, karena di tempat ini mirip ada dua hal yang berlawanan. Salju dan gurun pasir.





Sebenarnya ini hanya sebuah "gunungan" pasir putih di pinggir jalan. Lokasinya berada di Juata Laut, Tarakan, Kalimantan Utara. Tempat ini belum secara resmi dinyatakan sebagai salah satu destinasi wisata oleh pemerintah kota Tarakan. Oleh karena itu, untuk sampai ini, untuk sampai di sana kita masih harus melewati jembatan yang rangkanya terbuat dari kayu bulat (log) dan di atasnya dijajar beberapa papan yang ditata secara vertikal. Jembatan ini sangat tidak recomendeduntuk dilewati mobil. Meskipun demikian ada saja, satu dua mobil yang nekat melintas. Kalau saya pribadi "say no", Gansist. Mending jalan kaki, deh.



Entah dianggap unik atau menarik, cukup banyak jumlah masyarakat kota Tarakan yang berkunjung ke tempat ini. Sekedar berjalan-jalan untuk melepas penat atau berfoto-foto. Biasanya mereka datang bersama keluarga. Bisa dikatakan gunung pasir putih ini memang instragramable.



Jika Gansist atau siapa pun penasaran dan ingin datang ke tempat ini, saran ane paling bagus di atas jam lima sore. Why? Karena sinar matahari sangat terik. Walaupun sudah jam lima sore saja, sang surya masih bersinar cukup garang. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi di Jawa. Mungkin karena Tarakan masuk wilayah WITA, Gansist.

Berbicara masalah pasir putih di Tarakan, beberapa orang berpendapat, ini mirip salju. Walaupun menurut saya agak memaksakan diri. emoticon-Ngakak
Namun, tidak terlalu salah juga, minimal sama putihnya. Dan, menurut saya pribadi, gundukan pasir unik ini lebih mirip gurun pasir di Madinah, yah, walaupun berbeda warna.

Selain menjadi spot berfoto yang asyik, hal lain menyenangkan yang bisa didapatkan saat akan berkunjung ke tempat ini menurut saya adalah karena bisa melewati kawasan hutan yang seolah-olah kita berada di tengah belantara. Padahal lokasinya hanya beberapa kilo meter saja dari kota. Selain itu juga bisa menikmati areal pertanian milik warga sekitar dan sungai.





Nah, setelah ikutan melihat sekilas "obyek wisata" ini, menurut Gansist, gundukan pasir putih ini lebih mirip apa? Salju, gurun pasir atau bukan dua-duanya? emoticon-Angel

Agar lebih jelas, berikut ini saya sertakan link video saat saya jalan-jalan ke sana. Salju dan gurun pasir di Tarakan.



Demikianlah thread saya kali ini. Semoga dapat menghibur Gansist. Salam sehat dan bahagia. Puspita Rini.

Thanks for reading my thread and see you next thread.

North Kalimantan, 19 Agustus 2020.

Opini pribadi
Source Image: dokumen pribadi
Diubah oleh Puspita1973 19-08-2020 07:15
trifatoyahrizeelnaminaroni
naminaroni dan 32 lainnya memberi reputasi
33
8.7K
181
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.