inaroses
TS
inaroses
Kenangan Indah Menjadi Petugas Upacara HUT RI


Assalamualaikum, Gan-Sist!

Jumpa lagi dengan thread ane, emak-emak pejuang literasi.


Apa kabar Agan-Sista di seluruh Indonesia? Semoga kesehatan selalu menyertai ya, meski covid-19 belum berakhir.


Tanggal 17 Agustus adalah Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Semua tahu dong... Nah, Biasanya, pada bulan ini seluruh Indonesia -dari Sabang sampai Merauke- akan merayakan kemerdekaan dalam berbagai bentuk. Mulai dari pemasangan bendera dan umbul-umbul merah putih, lek-lekansemalam suntuk, upacara di tanggal 17 di semua jajaran, dan lomba-lomba yang dilakukan di mana-mana.


Sayangnya, tahun ini Indonesia -kita semua- dan dunia, sedang dilanda wabah virus corona sejak awal tahun 2020. Sehingga gegap gempita perayaan HUT RI tidak terjadi. Terasa sepi dan sedih, itu pasti. Tapi apa hendak dikata, semua kehendak Yang Kuasa. Ane hanya bisa berdoa dan berharap pandemi ini segera berlalu. Indonesia dan dunia sehat kembali, agar aktifitas normal seperti sedia kala. Aaamiin ya Allah.


Ane tidak boleh larut dalam kesedihan, sebisa mungkin melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Taat pada aturan. Agar sedikit mengobati kesedihan, ane buka album foto tahun lalu, saat ane dan teman-teman ane (guru-guru) menjadi petugas upacara bendera HUT RI. Oiya, profesi ane guru SD, gan-sist. Di daerah ane, hanya boleh melaksanakan upacara di tingkat kabupaten/kota, itu pun dilaksanakan secara sederhana seperti perhelatan upacara di istana negara. Tahun ini pula tidak diperbolehkan melaksanakan upacara bendera di kalangan sekolah.


Hal ini sesuai dalam pedoman peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 yang dikeluarkan Menteri Sekretaris Negara.


Upacara bendera segera dimulai


Upacara bendera tahun lalu, dilaksanakan dengan khidmat. Kepala sekolah tetap sebagai pembina upacara. Guru agama sebagai pemimpin upacara, kebetulan guru agamanya laki-laki, jadi bisa ditugaskan sebagai pemimpin upacara. Meski tidak masalah jika pemimpin upacaranya guru perempuan, kan sudah emansipasi wanita.


Kepala Sekolah sebagai pembina upacara


Pembina upacara akan membacakan Pancasila


Pengibaran bendera merah putih


Mengheningkan Cipta


Pembacaan doa


Upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Indonesia berlangsung lancar, tanpa kendala apa pun. Siswa berbaris rapi mengikuti upacara, sekaligus melihat bapak-ibu gurunya menjadi petugas. Hal yang jarang dilihat siswa-siswi semua.


Merdeka!














Setelah selesai melaksanakan upacara, maka tibalah saatnya ane dan guru-guru lain membagikan hadiah lomba yang sudah dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus. Meski hadiahnya hanya alat tulis, tetapi itu sangat berarti untuk siswa-siswi. Mereka bangga mendapat juara dalam lomba peringatan HUT RI.


Upacara dan pembagian hadiah telah berakhir, pendidik/guru tidak langsung pulang, tetapi kami mengadakan makan bersama. Agar tercipta keakraban diantara sesama pendidik. Saling berdiskusi santai mengurai kepenatan mengajar selama ini. Bercerita suka-duka mengajar, dan jika ada permasalahan, dipecahkan bersama. Tidak lupa siswa/siswi dibubarkan terlebih dahulu.


Indahnya saat itu. Biarlah semua menjadi kenangan yang berkesan. Tahun ini cukuplah menonton upacara bendera di istana merdeka dari rumah melalui pesawat televisi. Ikut berdiri sejenak, menghentikan aktifitas apa pun di jam 10.17-10.30 saat detik-detik upacara berlangsung. Semoga tahun depan kami semua dan seluruh warga negara Indonesia bisa melaksankan upacara bendera kembali. Covid-19 telah pergi. Aaamiin ya Allah....


Oiya, gimana pelaksanaan upacara bendera di daerah Agan-Sista semua? Yuk, ngobrol santai di kolom komentar.


Sampai jumpa lagi di thread ane lain waktu.


Sumber: Opri & dokpri
Diubah oleh inaroses 20-08-2020 07:55
lianasari993enyahernawatigustiarny
gustiarny dan 14 lainnya memberi reputasi
15
699
62
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cinta Indonesiaku
Cinta Indonesiaku
icon
5.3KThread2.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.