serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Serem, Ini Dia Lima Hantu Dari Lima Negara Berbeda
👻👻👻

Hai Agan dan Sista!

👻👻👻


Hantu, di sini siapa yang percaya hantu? Kata orang, hantu adalah penampakan dari jin atau iblis yang menyerupai suatu sosok yang ditakuti oleh manusia. Misal, di Indonesia, orang-orang pada takut kuntilanak, jadi jin/iblis menyamar bentuk jadi kuntilanak dan menakut-nakuti manusia. Di Inggris orang-orang takut vampire, maka jin/iblis memalih bentuk menjadi vampire. Pun dengan daerah lain.

Namun, tak sedikit juga yang meyakini bahwa hantu adalah roh orang mati yang kembali bangkit untuk menyelesaikan urusannya yang belum selesai semasa hidup. Boleh jadi si mayat ini mati tak wajar (dibunuh, misal) dan meminta pertanggungjawaban.

Nah, karena di atas ane udah ngomongin apa itu hantu, sekarang ane bakal bahas jenis-jenis hantu yang ada di berbagai belahan dunia. Ya, kan tadi ane bilang, kalau jin/iblis akan berubah menjadi wujud yang ditakuti manusia, oleh sebab itu pasti wujud hantu dari negara yang satu dengan yang lain pasti berbeda. Karena, yang ditakuti oleh masyarakat tiap negara juga beda.

Oke, langsung saja check it out!

1. La Llorona, Amerika Latin


Foto: the curse of la llorna

Pertama, kita mulai dari wilayah Amerika Latin, Meksiko, dan Amerika Selatan. Ada banyak versi tentang legenda La Llorona ini, akan tetapi yang paling terkenal adalah kisah tentang seorang ibu yang bernama Maria.

Alkisah, katanya Maria ini menikah dengan saudagar kaya yang tampan bernama Jason. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai sepasang anak. Akan tetapi, masalah terjadi di usia ke-10 tahun pernikahan mereka. Saat itu Jason mulai jarang pulang, tapi sekalinya pulang Jason hanya memperhatikan anak-anaknya sedangakan pada Maria sikapnya dingin sekali.

Maria heran dong. Akhirnya, setelah diusut, ternyata Jason punya wanita lain di hidupnya. Sontak saja hal itu membuat Maria kecewa sekaligus marah pada suaminya itu. Akhirnya, karena begitu kecewa diajaknyalah kedua anaknya ke sungai. Sesampai di sana, anak-anak itu ditenggelamkannya hingga tewas, lalu jasadnya dibiarkan hanyut.

Namun, beberapa waktu kemudian, setelah hatinya agak tenang, Maria pun menyesali perbuatannya tadi. Maka, sambil meraung-raung dicarinya jasad kedua anaknya di sungai, tapi tidak ketemu. Karena frustrasi, akhirnya Maria pun ikut menenggelamkan diri di sungai tersebut.

Nah, sejak itulah katanya ruh Maria menjadi arwah penasaran akibat penyesalannya tersebut.

Berdasarkan cerita yang beredar, La Llorona yang berarti wanita yang menangis ini biasa menampakkan diri di tepi sungai atau danau, memakai gaun dan kerudung putih yang lusuh. Wajahnya sangat seram, sementara dari bibirnya meluncur tangisan yang menyayat hati. Ia memanggil anaknya, atau bertanya di mana anaknya.

Konon katanya, La Llorona akan menculik anak-anak dan menenggelamkan mereka di sungai/danau, persis seperti ia membunuh dua anaknya dulu. Dan bagi siapa pun yang mendengar tangis La Llorona, akan ditimpa sial dalam waktu yang lama. Makanya, orang-orang Meksiko selalu mengatakan, "Jika mendengar La Llorona menangis, maka larilah!"


2. Hantu Kum Kum, Malaysia.


Foto: picuki.com

Kisah ini berawal dari seorang wanita buruk rupa. Karena ia selalu diejek dan dibully atas parasnya itu, maka diputuskannya untuk datang ke seorang dukun. Dukun tersebut menyanggupi keinginan wanita ini, tapi ada satu syarat, yaitu sang wanita tak boleh melihat cermin selama empat puluh hari sejak ia kembali dari dukun ini. Sang wanita pun menyanggupi.

Benar saja, sekembali dari si dukun, semua orang mendadak memuji kecantikannya. Bahkan sekarang banyak pria yang datang untuk dekat dengannya. Hal ini membuat si wanita menjadi tidak sabar untuk melihat kecantikannya.

Karena tidak sabar, sang wanita pun melihat cermin padahal belum diperbolehkan untuk melakukan itu. Alhasil, ia melihat wajahnya kembali buruk rupa seperti semula. Histeris, ia kembali ke si dukun untuk meminta bantuan. Akan tetapi, dukun tersebut malah memarahinya.

Karena terus memohon, akhirnya si dukun memenuhi permintaannya, tapi si wanita harus melakukan ritual yang sangat keji. Yaitu, membunuh dan meminum darah 40 gadis perawan. Namun, karena saking inginnya menjadi cantik, wanita ini menyanggupi.

Maka, sejak itulah teror dimulai. Hampir setiap malam ada saja gadis perawan yang tewas mengenaskan. Karena wanita ini makin keterlaluan, si dukun menjadi geram. Akhirnya, ia pun membunuh wanita tersebut.

Nah, konon katanya arwah wanita ini bergentayangan, meneror setiap rumah warga dengan rupa yang sangat menyeramkan. Ia mengetok pintu sambil mengucapkan "Kumkum" yang katanya adalah singkatan dari "Assalamualaikum".

3. Hwaiteu, Korea Selatan


Foto: womantalk

Berawal dari sebuah girlband tidak populer yang menemukan sebuah catatan lagu misterius yang tak pernah dipublikasikan. Karena lagu-lagu grup ini selalu tak dinikmati penonton, maka mereka memutuskan untuk memublish lagi ini dengan harapan lagu ini bisa membuat grup mereka populer. Ternyata benar saja, orang-orang amat menyukai lagu itu.

Girlband tersebut pun menjadi sangat populer, dan tentu mereka menjadi sangat senang. Akan tetapi, kebahagiaan mereka pun terusik, ketika rentetan kejadian aneh dan mistis mulai meneror mereka. Yaitu, penampakan hantu perempuan yang amat pucat, yang selalu menunjukkan diri dan mengganggu mereka.

Usut punya usut, ternyata lagu yang dibawakan girlband ini adalah karya hantu tersebut. Hantu itu marah, karena girlband ini membawakan lagunya tanpa izin.

Lha, kok bisa hantu bikin lagu?

Jadi, dulu pernah ada sebuah girlband yang cukup populer di Korea Selatan. Nah, dari lima anggota girlband tersebut, ada seorang yang bakatnya paling menonjol. Ia berbakat dan juga cantik. Akan tetapi, hal itulah yang membuat empat temannya jadi iri sehingga ia sering disiksa alias dibully.

Duh, kasian, ya.

Karena depresi akibat dibully, wanita ini pun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan meminum cairan pemutih. Itulah kenapa hantunya berwarna putih pucat. Ternyata, sebelum ia bunuh diri, wanita ini pernah menulis lagi yang belum pernah dipublikasikan.

Oiya, Hwaiteu sendiri artinya adalah putih pucat, ya, Gansis.


4. Jin Al Arwah, Saudi Arabia


Foto: makmum movie

Di Arab juga ada hantu yang lumayan menyeramkan, Gansis. Namanya Jin Al Arwah. Ya, sesuai namanya, ia adalah jin yang menakut-nakuti manusia dengan muncul sebagai sosok orang yang sudah meninggal dunia. Katanya, hantu ini terkenal cukup kuat, Gansis. Bila ketemu hantu ini dan diusir dengan doa, bukannya pergi, tapi dia malah mengikuti doa tersebut.

Duh, merinding banget ngebayanginya. Ane jadi inget sama hantu di film Makmum jadinya, Gaes.

5. Kayako dan Tashiro, Jepang


Foto: fimela.com

Nah, katanya cerita dari Kayako dan Tashiro ini adalah kisah nyata, Gansis.

Jadi ceritanya, Kayako ini dibunuh oleh suaminya sendiri karena dianggap sudah berbohong alias gak terbuka ke suaminya sendiri. Ya, gak terbuka tentang masa lalu Kayako--yang mana ia sejak kecil adalah anak yang menderita depresi akibat kurang perhatian dari orang tua dan selalu menjadi korban bullying.

Kayako ini ditikam pake pisau oleh suaminya. Meski sudah memohon minta tolong, sang suami tetap melukainya. Bahkan katanya, Kayako sampai patah kaki akibat terjatuh dari tangga akibat lari dari kekejaman suaminya. Akan tetapi, Kayako tetap tertangkap, hingga suaminya ini terus memukulinya dan terakhir mematahkan lehernya.

Sebetulnya Kayako masih belum mati, tapi sudah sangat kritis. Namun, sama suaminya ini, jasad Kayako dikantongin dan ditaruh di loteng. Suami Kayako juga membunuh Tashiro atau Tashio, anak kandungnya, sebab Tashio mengetahui perlakuan sang ayah terhadap Kayako. Tashio dibunuh dengan cara ditenggelamkan di bak mandi.

Kabarnya juga, suami Kayako akhirnya bunuh diri di jalan raya.

Nah, akibat tragedi itu, rumah bekas Keluarga Kayako tinggal menjadi sangat angker. Orang-orang sering melihat penampakan Kayako dengan muka yang pucat, berjalan merangkak sambil menyeret tubuhnya, sedangkan lehernya terkulai karena dipatahkan sang suami. Tak lupa pula penampakan Tashio yang selalu menyertai sang ibu.

Konon katanya, jika kamu melihat Tashio, maka dapat dipastikan beberapa detik berikutnya Kayako juga akan menampakkan diri.

Hiiiii, serem-serem, ya, Gansis. Rata-rata semua hantu-hantu ini berangkat dari sejarah yang amat kelam.

Btw, mana yang menurut Agan dan Sista paling serem? Plis komen di bawah.

Sekian dulu thread ane, Gansis.
👻👻

Terima kasih sudah membaca thread ini. Jangan lupa kritik, saran, komentar, dan cendolnya.


Referensi:
1/ 2 / 3 / 4

Diubah oleh serbaserbi.com 07-01-2021 02:29
raliakbarrr
keenan09
nirankara
nirankara dan 27 lainnya memberi reputasi
26
10.7K
229
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread•81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.