ningka
TS
ningka
Layang-layang Yang Tidak Pernah Terbang





Foto. Pinterest


Hai Agan dan Sista, apa kabar?

Tidak terasa waktu terus berjalan. Pelajaran masih daring, aktifitas masih terbatas, beberapa tempat wisata masih tutup, dan bulan sudah memasuki bulan Agustus. Mengingat bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Republik Indonesia, pasti banyak banget acara yang dilakukan untuk menyambut kemerdekaan.


Biasanya nih, di kampung ane banyak perlombaan yang dilakukan. Mulai dari panjat pisang, makan kerupuk, sepak bola lumpur, dan masih banyak lagi. Sebenarnya hadiah yang diberikan hanya hadiah kecil. Namun semangat menyambut kemerdekaan itu yang menggebu.


Lomba yang paling berkesan di kampung menurut ane adalah lomba main layang-layang. Pesertanya sangat banyak dan meriah. Mulai dari anak-anak dan orang dewasa. Untuk anak-anak lebih ke kreatifitas membuat model layang-layang. Jadi, akan banyak ditemui layang-layang dengan bentuk yang lucu.



Yang paling seru, adalah peserta yang dewasa. Dalam bermain layang-layang, mereka dengan saling mengalahkan. Kami menyebutnya ‘sambitan'. Siapa yang bertahan paling lama dan tidak putus benangnya, itu yang menang. Jadi kekuatan benang sangat menentukan hasil akhir.

Yang tidak kalah seru, begitu ada layang-layang yang putus, kami antusias mengejarnya. Berlarian di pematang sawah. Berlomba paling cepat sampai dapat. Yang dapat layang-layang, bisa memilikinya. Namun ada juga yang mengembalikan kembali pada yang punya dengan ditukar sejumlah makanan atau sedikit uang jajan.

Tahun kemarin ane mengikuti lomba layang-layang hias. Untuk lomba ini ada ketentuannya. Yaitu, harus membuat sendiri dan dari bahan bekas. Jadi, ane beserta team bersama-sama saling membantu membuat layang-layang. Ada beberapa langkah yang ane lakukan.



1. Mengumpulkan Batang Bambu


Di kampung ane, sebenarnya masih banyak pohon bambu. Namun sayang sekali, sudah banyak yang ditebang. Hingga kami harus membeli dahulu di tempat orang jualan bambu. Jaman dulu masih enak, karena masih banyak ditanam tinggal mengambil di kebun.

Batang bambu yang diperlukan beragam. Tergantung besar kecilnya layang-layang. Untuk layang-layang yang kecil cukup menggunakan bambu yang ujung. Untuk layang-layang yang besar, menggunakan bambu yang bawah. Kalau orang Jawa bilang, ‘bongkot’ . Tujuannya supaya lebih kuat dan kokoh.

Batang bambu itu dibelah, kemudian diukur sesuai kebutuhan. Dihaluskan dengan parang sampai tidak ada serabutnya. Serabut bambu ini dihaluskan supaya tidak menancap di tangan secara tak sengaja.




2. Mencari Bahan Bekas


Selain bambu sebagai kerangka layang-layang, kita juga perlu untuk menutupi kerangka iku supaya bisa terbang. Ada beberapa pilihan bahan. Namun kami harus menggunakan bahan bekas. Terutama kresek bekas, dan kantung bekas semen. Berhubung yang paling mudah di dapat kantung kresek, jadi ane menggunakan kantung kresek.


3. Membuat Bersama-sama



Kami terdiri dari beberapa orang. Kenapa harus membuat team? Karena saat membuat layang-layang itu, 1 batang bambu bisa jadi banyak. Sehingga biayanya bisa lebih murah jika dikerjakan banyak orang. Dan tak kalah pentingnya, dengan bersama team, akan banyak ide yang muncul dalam membuat model layang-layang. Mengerjakannya juga terasa ringan, karena dalam mengerjakan penuh canda tawa.





4.Mengikuti Lomba

Hari yang ditentukan telah tiba. Kami Bersama-sama pergi ke pinggir kampung, karena di sana lebih luas dan ada lapangan kecil yang bisa memuat banyak orang. Setiap wajah yang ikut ceria. Karena bagi kami, yang penting meramaikan, kalah menang itu hanya bonus.



Sayang sekali pandemi masih berjalan. Hingga kegiatan menyenangkan itu terpaksa ditunda. Layang-layang yang kami persiapkan jauh hari sebelumnya masih teronggok tak berdaya. Sebenarnya ane masih berharap Agustus ini pandemi berakhir, sayangnya harapan kami tidak terkabul.


Demikian tread sederhana dari ane. Mari saling berdiskusi dengan santun. Belajar Bersama Bisa.


Sumber. Opini pribadi
Foto. Dokpri
inarosesgustiarnyriwidy
riwidy dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.1K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cinta Indonesiaku
Cinta Indonesiaku
icon
5.3KThread2.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.