News
Batal
KATEGORI
link has been copied
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f49f5587e3a72040873d121/wah-eijkman-sebut-ada-strain-mutasi-virus-corona-yang-lebih-menular-di-indonesia
Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Strain mutasi virus corona baru yang diyakini jauh lebih menular (infectious) daripada varian aslinya, D614G, telah terdeteksi di Indonesia. Strain mutasi virus SARS-CoV-2 ini sebelumnya juga telah terdeteksi di sejumlah negara seperti di Malaysia. "Yang mungkin menjadi perhatian utama saat ini adalah pertanyaan apakah a
Lapor Hansip
29-08-2020 13:27

Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia



Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Strain mutasi virus corona baru yang diyakini jauh lebih menular (infectious) daripada varian aslinya, D614G, telah terdeteksi di Indonesia. Strain mutasi virus SARS-CoV-2 ini sebelumnya juga telah terdeteksi di sejumlah negara seperti di Malaysia.

"Yang mungkin menjadi perhatian utama saat ini adalah pertanyaan apakah ada di antara virus-virus yang whole genom sequencing-nya (pengurutan keseluruhan genom) sudah di dilaporkan ke GISAID, apakah ada yang mengandung mutasi yang menunjukkan virus itu memiliki potensi bisa menular lebih cepat yaitu disebut D614G," kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio dalam konferensi pers virtual LIPI, Jumat (28/8), seperti dilansir dari Antara.

"Dapat kami sampaikan saat ini memang sudah diidentifikasi dan sudah dilaporkan," imbuh dia.

Hasil identifikasi strain baru itu akan disampaikan kepada Menteri Riset dan Tekonologi Bambang Brodjonegoro kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam waktu dekat. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan upaya pengendalian Covid-19 secara keseluruhan di Indonesia.

Amin menambahkan, Indonesia terus melakukan kegiatan whole genom sequencing dari virus SARS-CoV-2 untuk mendapatkan lebih banyak informasi genetik tentang virus tersebut. Sehingga, bisa memahami karakteristik virus dan mutasi yang terjadi.

Data urutan genom juga akan sangat berguna terutama untuk melacak transmisi atau penyebaran virus, mengidentifikasi target untuk terapi dan vaksin, serta memprediksi ancaman pandemi berikutnya.

Wakil Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bidang Penelitian Fundamental Herawati Supolo Sudoyo mengatakan, perubahan atau mutasi pada virus SARS-CoV-2 menyebabkan virus menjadi lebih menular. Namun, sebagai catatan, transisi itu berbeda di setiap wilayah di dunia mulai dari Eropa, Amerika Utara, Oceania dan Asia.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 menjadi tujuh tipe atau clade yakni S, V, L, G, GH, GR dan O (lainnya). Adapun tipe GH adalah yang paling agresif.

Herawati menuturkan distribusi clade yang ada di Asia sangat beragam termasuk yang ada di Indonesia. "Ini juga mengundang pertanyaan apa penyebab variasi tersebut apakah ada kemungkinan lingkungan berpengaruh ataupun inang juga berperan? Betul-betul banyak yang belum diketahui tentang virus ini yang layak untuk diteliti lebih lanjut," ujarnya.

Herawati mengatakan data urutan keseluruhan genom virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 berguna untuk bisa melihat mutasi yang terjadi dan mencari perubahan protein spike dari virus itu. Untuk itu, kegiatan whole genom sequencing dari virus SARS-CoV-2 masih terus dilaksanakan di Indonesia.

Penulis : Dani Prabowo


sumber : https://nasional.kontan.co.id/news/w...ium=Terpopuler

-----------------------------------------------------

moga kita tak menjadi korban dari virus corona ini.
udah kayak nunggu dapat giliran aza.

emoticon-Takut
Diubah oleh Ribao
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan extreme78 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 13:48
selama ente belum disuntik vaksin, cepat atau lambat pasti kena

banyakin doa aja dah, duluan vaksinnya daripada virusnya yg masuk ke badan
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 13:50
Lebih berbahaya atau lbh jinak atau selevel ?
Ejikman itu hobby bikin panik
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 13:52
Quote:Strain mutasi virus corona baru yang diyakini jauh lebih menular (infectious) daripada varian aslinya, D614G, telah terdeteksi di Indonesia


Waw, lebih menular, berarti lebih berbahaya nih pak, tetap terapkan protokol kesehatan saja deh. Kalau aktifitas dibatasi, banyak yang mati karena kelaparan. Simalakama
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Ribao memberi reputasi
2 0
2
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 14:05
Kalo di komen2 yutub yg ngedukung jer** yg mau di p21 itu ,korona tu ga ada sampai siap dia ke wisma atlit..


Jadi tau kenapa suatu hari korona jd ladang mutasi di indo kan?





Karna banyak org goblok yg dipakai org goblok tp mau pintar buat dihasut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 14:16
What doesn't kill you makes you stronger



bebasin aja orang pada coba2 ngobatin diri sendiri pake segala rupa.. virusnya selamat ya tambah kuat..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 14:19
Kesal
Banyak penyakit
profile-picture
profile-picture
Ribao dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 14:27
berita kentang emoticon-Traveller
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 14:38
Malaysia pernah ngelaporin virus covid yg sangat menular 10x dari virus asal tapi daya kematiannya jauh berkurang.

Sama enggak ama yg ditemukan Eijkman.
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
Wah, Eijkman sebut ada strain mutasi virus corona yang lebih menular di Indonesia
29-08-2020 20:31
makin aneh aja ini virus...

emoticon-Frown
profile-picture
Ribao memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia