Update.BeritaAvatar border
TS
Update.Berita
The Jakarta Post Jawab Isu Rencana PHK Karyawan


TEMPO.CO, Jakarta - Manajemen PT Bina Media Tenggara menjawab isu adanya rencana pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawan surat kabar nasional, The Jakarta Post. Kabar tersebut sebelumnya beredar setelah dokumen hasil pertemuan Dewan Karyawan The Jakarta Post dengan Dewan Direksi menyebar luas pada 25 Agustus 2020.

“Kami mewakili manajemen Utama Bina Media Tenggara (BMT) menyatakan segala hal yang dibicarakan di pertemuan tersebut merupakan bagian dari rencana restrukturisasi di perusahaan media kami dan masih merupakan bagian dari proses yang sedang berjalan untuk beberapa waktu ke depan,” tutur juru bicara perusahaan, Taufiq Rahman, saat dikonfirmasi pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Adapun rencana rasionalisasi karyawan seperti yang beredar dalam dokumen merupakan pilihan terakhir yang akan diambil perusahaan. Langkah ini pun merupakan efisiensi menyeluruh yang akan dilakukan dalam jangka panjang.

Manajemen mengakui pelbagai kesulitan telah dihadapi perusahaan, bahkan sebelum pandemi Covid-19. Kondisi itu terdorong oleh iklim usaha yang semakin sukar untuk mencapai kemandirian, terutama dengan adanya dominasi raksasa-raksasa sosial media dan agregator berita global.

Di samping itu, koran cetak The Jakarta Post diakui mengalami penurunan oplah pada masa pandemi. Hal tersebut terjadi sebagai imbas adanya penyetopan penerbangan internasional, domestik, seeta industri pariwisata.


Surat kabar The Jakarta Post, sesuai yang termaktub dalam keterangan resmi perusahaan, dapat memperjuangkan ide-ide demokrasi, humanisme, dan hak asasi manusia bila memiliki kemampuan finansial yang kuat untuk bertahan. Untuk menjaga kelangsungan operasional di ruang redaksi, manajemen mengakui tak sendiri dalam menghadapi situasi sulit.

“Banyak perusahaan media di seluruh dunia yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap jurnalis dan karyawannya,” kata Taufiq.

Meski demikian, manajemen koran berbahasa Inggris ini menyatakan akan tetap berusaha menyajikan berita dalam negeri kepada dunia. “Website berita kami www.thejakartapost.comtetap menjadi referensi utama dunia dan dikunjungi oleh jutaan pembaca setiap bulannya,” ucap Taufiq.

“The Jakarta Post akan tetap hadir dan apa pun perubahan yang kami lakukan, semua akan diambil untuk membuatnya tetap menjadi bagian masyarakat Indonesia dan dunia. Kami sangat berterima kasih atas dukungan Anda,” tutur Taufiq, mengimbuhkan.


SUMUR:
https://bisnis.tempo.co/read/1380110...wan?page_num=2
n.h3
6666661234
Shyesun.pucha
Shyesun.pucha dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.