ngopitalis
TS
ngopitalis
Tilik atau 'Tat-telek' dalam Tradisi Madura

Mengenal Tilik di Madura

Kebiasaan masyarakat Jawa dan Madura hampir sama dalam hal bersosialisasi atau pergaulan di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan istilah yang hampir mirip.

Istilah "tilik" dalam Bahasa Jawa yang berarti menjenguk, mendadak viral di jagad maya tanah air sejak filmnya beredar luas. Apalagi sosok Bu Tejo, belakangan mulai tenar diberbagai media sosial dalam bentuk meme lucu. Sementara, dalam Bahasa Madura dikenal istilah "tat-telek". Secara bahasa, dua istilah tersebut memiliki kesamaan arti, yaitu jenguk. Namun di Masyarakat Madura, "tat-telek" beda penggunaannya.


Lantas apa bedanya, Tilik dengan Tat-telek ???


Tilik dalam kebiasaan Masyarakat Jawa, seperti yang diungkap dalam film tersebut, merupakan aktivitas masyarakat menjenguk orang yang sedang sakit. Tapi di Masyarakat Madura, "tat-telek" adalah istilah yang digunakan masyarakat saat akan menjenguk bayi yang baru lahir.


"Tore, se nuro'a tat-telek ka Bu Lurah, numpak trak". Terjemahannya; "mari, yang mau ikut menjenguk (bayi) Bu Lurah, naik truk".


Jika dalam film tersebut Bu Tejo dan rombongan hendak menjenguk Bu Lurah yang sedang sakit, maka dalam pengertian Madura, para rombongan hendak menjenguk bayinya Bu Lurah. Ada sedikit pergeseran makna dan peruntukan dalam satu istilah yang mirip. Meski begitu, Bahasa Jawa dan Madura ada banyak persamaanya. Begitupun dengan kesamaan budaya, serta karakter masyarakatnya.

Seperti yang kita lihat, kebiasaan menggunakan angkutan bak terbuka, misalnya. Di Masyarakat Madura (baik negeri maupun swasta) pun sama. Bahkan hampir disetiap acara yang melibatkan rombongan, pasti menggunakan pickup untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Orang Madura menyebutnya "pikep". Dan memang, ketika sedang diatas truk atau pickup, selalu ada saja obrolan yang menarik diperbincangkan. Mungkin hal itu untuk mengalihkan rasa panas dan bau solar. Apalagi yang diobrolin adalah orang yang sedang tidak ikut dalam rombongan. Jika sudah keasyikan, sengatan matahari pun gak bakal terasa. Itulah kehebatan ibu - ibu di negeri kita, warisan nenek moyang.


Sumber Gambar: dari WAG yang di edit
Diubah oleh ngopitalis 27-08-2020 07:30
6666661234Shyesun.puchaUriNami
UriNami dan 26 lainnya memberi reputasi
25
6.6K
111
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.