ngopitalis
TS
ngopitalis
Habis Nikah, Terbitlah Surat Cerai


Tingginya angka perceraian dalam setahun ini,
bikin kita geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak,
perceraian seolah menjadi tren masyarakat kita belakangan ini.

Kok bisa, sih?


Pada jaman old, membangun rumah tangga tidaklah main - main. Orang dulu, lebih mengedepankan keutuhan dari pada perceraian. Mungkin mereka berpedoman pada slogan "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh". Berbeda dengan manusia jaman sekarang, hanya karena masalah sepele, dikit - dikit minta cerai. Padahal jika mengingat besaran biaya yang dikeluarkan untuk sebuah pernikahan tidaklah sedikit. Belum lagi mempertaruhkan kehormatan dua keluarga.


Lalu apa sebenarnya, yang bikin manusia sekarang merasa yakin memilih perceraian sebagai solusi?


Ada beberapa kasus perceraian yang dialami beberapa kawan seperkopian. Dari 12 pasangan muda, hampir ke semuanya bercerai di usia pernikahan yang baru seumur jagung. Berikut ulasannya :


1. Si A menikah pada usia 25th dan istrinya berusia 2th dibawahnya. Mereka menjalin kasih sejak SMA sampai ke jenjang kuliah, bahkan selalu berkumpul dalam satu kelas. Memilih bercerai karena alasan pekerjaan istrinya sebagai PNS dianggap tidak seimbang dengan suami yang hanya sebagai Ojek Online. Keduanya merasa tidak nyaman karena terbiasa berkumpul dalam hal apapun. Dan tanpa paksaan keduanya bersepakat cerai. Untungnya belum punya anak.

2. Si B menikahi istrinya di usia 28th, sementara istrinya 25th. Setelah pacaran kurang lebih setahun, mereka memberanikan diri untuk menikah. Dua tahun berjalan, rumah tangga masih baik-baik saja. Suaminya ingin sekali memiliki anak, tapi tak pernah berhasil. Dugaannya sih, istrinya mandul. Karena keinginannya itu, akhirnya menceraikan istrinya demi punya anak.

3. Si C, seorang guru olahraga, hamble, dan humoris, usianya sekitar 27-28th. Mirip seperti si A, ia menikahi pacarnya yang sedari SMP sampai kuliah tak pernah terpisahakan. Banyak yang memuji mereka jodoh dengan cinta yang sesungguhnya. Tapi, semuanya dibuat menangis melihat realita pasca pesta pernikahan yang baru lewat 3 bulan. Istrinya tergoda brondong tampan yang dikenalnya di Facebook. Saat sedang indehoi, suami dan koleganya menggrebeg kamar kost yang biasa ditempati kekasih istrinya. Parah! Tak lama terbitlah surat cerai.

4. Si D dan suaminya adalah pasangan yang berasal dari keluarga kaya. Keduanya menikah pada usia 26th dari hasil perjodohan keluarga. Namun, kapal pesiar mereka pecah setelah setahun berjalan. Gaya glamor membuat mereka tetap sibuk dengan dunia sebelum mereka menikah. Pertengkaran yang di dasari saling curiga memutuskan perceraian. Padahal mereka mendapat dukungan dari kawan-kawan untuk tidak bercerai. Tapi mau gimana lagi?

5. Si E adalah satu-satunya lelaki diperkopian yang menceraikan istrinya karena cinta. Usianya baru mau 29th, dan istrinya sekitar 26th. Sejak istrinya diijinkan bekerja, sejak itulah keretakan rumah tangga dimulai. Kawan-kawannya sudah memberitahu bahwa ada yang aneh dengan istrinya. Pasalnya, sering dijumpai dengan lelaki lain. Namun Si E memilih tidak percaya, sampai ia menjumpainya sendiri. Ketika ditanya, ternyata istrinya mencintai selingkuhannya. Bukannya marah, justru kawan kami itu mendukung dan menyerahkan istrinya. Namun, hak asuh anak tetap pada ayahnya.


Dari beberapa kasus tersebut, mungkin hanya segilintir dari ribuan perkara cerai yang diputus pengadilan.


Ada keterangan menarik yang kami dapat dari Kepala Kemenag, bahwa dari sekian banyak perceraian, kebanyakan tidak dibekali dengan pengetahuan agama dalam membangun rumah tangga. Sedikit yang mau belajar tentang hukum dan anjuran agama. Maka tugas orang tua memberikan nasihat sangatlah penting. Juga pernyataan salah satu kawan lawyer yang sering menangani perceraian, bahwa faktor terbesar penyebab perceraian adalah media sosial.


Adakah yang punya pengalaman serupa?
Share dikomentar ya 😍
Diubah oleh ngopitalis 26-08-2020 18:37
sakiemShyesun.puchatien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
28
9.7K
340
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.