• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Kisah Penemuan Bakat Boaz Solossa di Sorong oleh Persipura

SkorIndonesiaAvatar border
TS
SkorIndonesia
Kisah Penemuan Bakat Boaz Solossa di Sorong oleh Persipura
Siapa yang tak kenal Boaz Salossa? Penyerang Persipura Jayapura ini sudah jadi anutan masyarakat Papua dan juga legenda timnas Indonesia.

Bersama timnas Indonesia Boaz Solossa mengoleksi 14 gol dan membela Mutiara Hitam, julukan Persipura, sejak 2005 selepas Piala Tiger 2004 (kini Piala AFF).


Foto reproduksi skuad Pra PON Papua dalam sebuah laga uji coba pada 2004. Boaz Solossa berada di sisi bawah (jersi kuning) pada posisi empat dari kanan atau nomor celana delapan. /Dok. Rully Nere/Skor.id


Meski sempat dua kali mengenakan kostum selain Persipura, Borneo FC dalam turnamen dan Boavistan FC (Cerase) sebagai pemain pinjaman, Persipura di hatinya.

Namun, di balik kisah sukses Boaz bersama Persipura dan timnas Indonesia, tak banyak yang mengetahui kisah awal karierna hingga jadi #KebangganIndonesia.

Selama ini, yang banyak dikupas dan diberikan adalah Boaz ditemukan Peter White, pelatih timnas Indonesia pada 2004, setelah uji coba dengan tim PON Papua.

Seolah, bakat alami Boaz sebagai #KebanggaanIndonesia dan Persipura, mencuat ke permukaan berkat sentuhan dan naluri pencarian bakat White.

Untuk mengurai kisah penemuan Boaz, Skor.id berbincang dengan Rully Nere, pelatih yang menangani tim PON Papua pada 2004, di mana Boaz jadi bagian tim.

"Pertama, saya dipercayai untuk menangani Pra PON Papua 2004 itu. Saya menyiapkan 60 pemain termasuk salah satunya Boaz Salossa," ujar Rully.

"Dulu itu masih Irian Jaya. Jadi, pencarian pemain dari Sorong, Papua Barat, dan beberapa daerah lain. Boaz ini didapat di Sorong saat umurnya 16 tahun," kata Rully.

Untuk mencari talenta terbaik skuad PON Papua 2004, Rully Nere dibantu mantan pemain Persipura, (alm) Niko Dimo, Benny Yensenem, Yafet Sibi, dan Yakobus Mobilala.

"Saya menangani dan membentuk tim itu dari satu setengah tahun sebelum PON 2004. Dari 60 pemain seleksi jadi 30 pemain dan Boaz jadi pemain andalan," ujar Rully.


Foto reproduksi starter skuad PON Papua 2004. Boaz Solossa (kiri, berdiri) menjadi andalan dan top scorer tim dalam ajang di Palembang itu. Dok. Rully Nere/Skor.id


Rully mengatakan, tak mudah mencari 60 pemain dan lebih tak mudah lagi dalam proses pengurangan pemain menjadi 30, karena banyak pemain berbakat.

"Kalau saya bilang sepak bola Papua itu masih sama seperti dulu. Mereka selalu mempunyai bibit pemain dengan teknik yang alami," ujar Rully.

"Tipikal pemain Papua itu hampir sama rata. Badan kuat dan keras tetapi tidak berarti kasar. Saya melihat skill dan visi bermain dalam bertanding," ia menjelaskan.

Telanjang Kaki

Mantan pelatih timnas Putri Indonesia itu mengatakan, dalam proses pembentukan tim Pra PON Papua 2004, Boaz salah satu pemain yang menonjol.

"Saya melihat teknik Boaz sudah di atas rata-rata. Boaz mempunyai kelebihan ketika satu lawan satu, selalu dapat melawati lawan dengan baik," katanya.

"Kelincahan dan fisiknya dalam bermain sangat baik. Terutama ketika di-press lawan, dia sudah mengerti bagaimana mengantisipasi kondisi itu," Rully menambahkan.

Selama masa persiapan menuju PON 2004, Rully mewajibkan pemain berlari dari mes ke lapangan latihan yang berjarak sekitar lima kilometer.


Kapten Persipura, Boaz Solossa, bersiap mengambil eksekusi tendangan bebas dalam sebuah pertandingan Liga 1 2017. (Ady Sesotya/Skor.id)


Saat itu tim Pra PON Papua 2004, bertempat di Waena, Jayapura, Papua. Tim Pra PON Papua ini berlatih dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari.

"Uniknya, Boaz menjadi salah satu pemain yang kalau lari ke lapangan itu tidak pakai sepatu atau nyeker. Itu sudah biasa. Ini untuk melatih kekebalan kakinya," ujar Rully.

"Dalam latihan fisik, Boaz salah satu pemain yang terbaik dalam masalah fisik, dia pemain yang kuat dan pantang menyerah selama masa latiha," ucapnya.

Dalam perkembangan sesi latihan, Rully melihat Boci bisa jadi #KebanggaanIndonesia. Karenanya pada 2013 Rully mengambil langkah berani.

Pada 2003, Boaz dititipkan ke tim Perseru Serui U-16 yang akan tampil dalam turnamen usia muda di Jepara. Ini untuk meningkatkan jam terbang dan mentalitasnya. 


Penyerang Persipura Boaz Solossa (kiri) saat mencoba menghindari tekel pemain klub Irak, SC Arbil pada perempat final Piala AFC 2011 di Stadion Mandala, Jayapura pada 13 September 2011. (Husni Yamin/Skor.id)


Sangat Disiplin

Rully mengungkapkan, tidak setuju jika selama ini banyak yang menilai pemain asal Papua identik tidak disiplin. Sebagai contoh adalah Boaz Solossa.

"Kedisiplinan dan tanggung jawab juga menjadi hal utama saya untuk menyeleksi pemain. Kalau ada yang indisipliner, seperti minum, saya pasti coret," kata Rully.

Menurutnya, tipe pemain asal Papua itu memang keras kepala tetapi tidak bandel jika pelatih bisa mengatur dengan tegas dan adil.

"Dalam persiapan kami dibantu Gubernur, sehingga bisa pemusatan latihan di beberapa kota yaitu Solo, Malang, Yogyakarta, hingga ke Vietnam," katanya.

Kerja keras Rully Nere bersama dua asisstennya dalam PON 2004, Rumkorem dan Fernando Fairyo, berbuah hasil. Papua dan Jawa Timur ditetapkan juara bersama.


Pemain Persipura mengangkat trofi juara Indonesia Super League 2008-2009, setelah mengalahkan Sriwijaya FC pada 24 Juni 2009. (Husni Yamin/Skor.id)


"Waktu PON 2004, sebagian besar gol kami dari Boaz semua. Dia bisa melewati banyak lawan dan tidak jarang sampai melewati kiper-kipernya," Rully mengisahkan.

Selain Boaz, skuad PON Papua 2004 juga dihuni pemain berbakat lainyya, seperti Hendrik Mobilala, Gerald Pangkali, Christian Warobai, hingga Ricardo Salampessy.

Usai PON 2004, Boaz Salossa menjelma menjadi pemain hebat dan #KebanggaanIndonesia, utamanya setelah dipanggil membela timnas Indonesia.

Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan edisi khusus Persipura untuk #KebanggaanIndonesia yang bertepatan hari kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.


SUMBER 

Baca Juga Berita Persipura Lainnya: 
Muba Babel United Rekrut Bek Naturalisasi yang Pernah Membela Persipura
Persipura Kembali Menjadi Tim Musafir, Ini Kata Jacksen F Tiago
Kiper Persipura Jayapura Ikhlas Kembali Jadi Tim Musafir di Liga 1 2020 


Isda555
minhakim20
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.