News
Batal
KATEGORI
link has been copied
222
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4347b388b3cb5799172f4d/survei-publik-mulai-kangen-dipimpin-tentara-lagi
Dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting disebutkan kalau publik merasa kondisi keamanan negara menurun tajam. Penurunan keamanan sendiri dinilai seakan memuncak ketika pandemi Covid-19 turut mewabah di dalam negeri. Lantas seperti apa pemaparannya?
Lapor Hansip
24-08-2020 11:53

Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi

Past Hot Thread
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara LagiSuara.com - Masyarakat Indonesia beberapa waktu belakangan rupanya memiliki kerinduan agar tentara bisa kembali pimpin Indonesia lagi. Ada banyak sebab mengapa rakyat menginginkan hal tersebut.

Dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting disebutkan kalau publik merasa kondisi keamanan negara menurun tajam.


Penurunan keamanan sendiri dinilai seakan memuncak ketika pandemi Covid-19 turut mewabah di dalam negeri. Lantas seperti apa pemaparannya?

Sejumlah sebab

Dalam hasil survei yang dirilis, disebutkan sebelum corona mewabah –periode Desember 2018 hingga Januari 2019– publik merasa kondisi keamanan Indonesia rata-rata di atas 60 persen.

Sementara kini, nampak turun tajam ke 52 persen. Beberapa penyebab dituding menjadi sejumlah faktor. Penilaian masyarakat sempat turun sekitar bulan Mei-Juni 2019 akibat kerusuhan penetapan hasil pilpres 2019.

Beberapa waktu kemudian, persepsi publik atas kondisi keamanan Indonesia kembali membaik hingga mencapai angka 66 persen di awal Maret 2020, atau sesaat sebelum pandemi Covid-19.

“Setelah itu mengalami penurunan yang cukup tajam, 52 persen pada bulan Juni. Dan sekarang belum pulih pada posisi masih pada 52 persen,” kata pendiri SMRC Saiful Mujani yang dinukil dari laporan Hops.id -- media jaringan Suara.com, Senin 24 Agustus 2020.

Turunnya penilaian publik terhadap keamanan di Tanah Air juga seakan sejalan dengan laporan di kepolisian. Di mana tingkat kriminalitas di Indonesia mengalami kenaikan sebesar tujuh persen sejak pandemi terjadi.


Kerinduan publik terhadap tentara yang diharap kembali pimpin Indonesia tergambar dalam survei SMRC. Disebutkan publik menemukan ada peningkatan kepercayaan masyarakat kepada TNI atau tentara aktif untuk dapat menjadi pemimpin nasional, khususnya terkait penanganan Covid-19.

Kata Saiful, sebelum Covid-19 ada 24 persen masyarakat yang setuju dengan kepemimpinan TNI atau tentara aktif bukan purnawirawan di level nasional indonesia. Namun, angka itu meningkat setelah terjadi pandemi Covid-19.


“Ada sekitar 31 persen yang setuju tentara aktif sebaiknya memimpin pemerintahan kita, ada kenaikan sekitar 7 persen dibanding sebelum Covid-19,” kata Saiful Mujani.

Dia kemudian memperlihatkan survei yang dilakukan 5 sampai 9 April 2019, sebelum terjadi pandemi Covid-19. Saat itu, terdapat 2,3 persen yang sangat setuju pelibatan tentara dalam kepemimpinan nasional.

Sementara, 21,8 persen setuju dan 53,0 persen tidak setuju dengan pelibatan tentara dalam kepemimpinan nasional. Sisanya, 10.6 persen sangat tidak setuju, sedangkan yang tidak mengerti atau tidak jawab sekitar 12,3 persen.

Namun, pada survei terakhir dilakukan pada 12 sampai 15 Agustus 2020 tingkat kepercayaan masyarakat pada tentara Indonesia meningkat. Ada 2,3 persen yang sangat percaya dengan kepemimpinan tentara aktif, lalu yang setuju sekitar 28,9 persen.

Kemudian, 49,1 persen tidak setuju, lalu 10,3 responden sangat tidak setuju, dan 9,4 persen responden tidak menjawab.
“Walaupun mayoritas masyarakat masih menolak kepemimpinan tentara di level nasional lebih dari 50, namun ada gejala Covid-19 ini menaikkan tingkat toleransi kepada kepemimpinan tentara,” tutur dia.

Puas jalannya demokrasi

Sementara itu, hasil survei SMRC juga menunjukkan kalau mayoritas masyarakat merasa puas terhadap jalannya demokrasi di Indonesia di masa Covid-19.

“Hasilnya 67 persen yang menyatakan sangat puas atau cukup puas dengan jalannya demokrasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, survei tersebut digelar pada periode 12 hingga 15 Agustus 2020. Survei dilakukan melalui telepon dengan melibatkan 2.202 responden yang dipilih secara acak. Margin of error dari survei ini sebesar 2,1 persen.

https://www.suara.com/news/2020/08/2...ra-lagi?page=3

Terjebak dogma lama...

emoticon-Repost

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 13:54
Quote:Original Posted By gitawitch
tentara prihatin?


Tentara yg prihatin itu malah ngebet banget jadiin anaknya presiden
profile-picture
denbags memberi reputasi
1 0
1
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 14:05
Terawan terdepan emoticon-Ngakak
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 14:23
Qorygore for presiden emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh kumotta
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 14:54
Dulu zaman pa Harto malam-malam keluar rumah gak was-was, aman dah ... pesakitan-pesakitan yg bolak-balik LP motonya kalo gak bisa di perbaiki ya di musnahkan, salah satunya dengan petrus. HAM? Penjahat apa perlu di perhatikan HAM nya sementara mereka menginjak HAM orang lain?

Sebenarnya bukan siapa Presiden nya sih, lebih tepat penanganan keamanannya kalo menurut saya.
Yang jadi masalah zaman sekarang di kasih kebebasan sampai kebablasan, kalo gak di kasih kebebasan di bilang diktator. emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 15:01
junta militer gitu?
emoticon-Takut
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 15:58
kan presiden kita pak jokoWOW karena hanya sebagai simbol harapan dengan senyuman pepsodent nya
tp perdana menteri Indonesia adalah pak luhut yg selalu menjalankan pemerintahan dengan cetar membahana emoticon-Ngakak
Diubah oleh eja1108
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 16:01
terserah yg penting bisa memimpin dgn baik
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 16:45
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 19:08
biji jijik or si tonggos gimana nasibnya dong emoticon-Ngakak
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 20:06
Indonesia itu cocok dipimpin diktator biar nurut bukan demokrasi.
Mayoritas orang bodoh tidak bisa berpikir mandiri jadi butuh sosok pemersatu.
Sesuai dgn budaya apalagi agama.

Kalo udah pinter semua baru beralih ke demokrasi.
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 20:07
kalau ane sih gak terlalu memikirkan latar belakangnya sih, yang penting track record dan kinerja sebelumnya bagaimana sama siapa pengusung nya aja dah cukup sih, hehe
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 21:33
Dipimpin siapapun asal baik dan beriman boleh-boleh saja sih, gak ada masalah.
Diubah oleh anton2019827
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
25-08-2020 21:51
Hmmmm... ane enggak ah 🤣🤣🤣
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
26-08-2020 08:29
Sebenernya nggak harus dari militer tapi siapa saja yang penting bisa jujur, tidak korupsi dan juga mementingkan kepentingan rakyat dan juga kesejahteraan rakyat. Jika dari kalangan militer tapi tidak bisa bersikap demikian kan sama juga bohong, dan hanya akan menambah penderitaan rakyat.
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
26-08-2020 08:35
Gak kepengen ah
profile-picture
Sinkhole memberi reputasi
1 0
1
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
26-08-2020 11:19
negara kalo dipimpin diktator, biasanya bakal Makmur rakyatnya. itu kalo diktator nya bener
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
26-08-2020 14:19
Tidak apa, asal militernya pakai jalur formal: lewat Pemilu.

Eh tapi bukannya sebagian orang ada yang menganggap sekarang presidennya jenderal luhut kan...
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
26-08-2020 14:29
Quote:Original Posted By InRealLife
Tidak apa, asal militernya pakai jalur formal: lewat Pemilu.

Eh tapi bukannya sebagian orang ada yang menganggap sekarang presidennya jenderal luhut kan...
Menteri rasa Wapres atau malah menteri rasa Presiden
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
27-08-2020 18:05
Rakyat yang mana ? Banyak kali rakyatnya.. ane sih tetep milih iwan fals presiden n bimbim slank wakilnya
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Survei: Publik Mulai Kangen Dipimpin Tentara Lagi
30-08-2020 17:34
Wei, ane kayaknya ga tahu siapa yg pengen di sekitar ane, mgkn karena di tempat terpwncil, semua tergantung sosoknya, kalau dia dari tentara ya ga masalah
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia