News
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4446d365b24d680d68988e/ilmu-fisika-dalam-dunia-penerbangan
Penerbangan adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, keselamatan, dan keamanan, lingkungan hidup, serta fasilitas penunjang, dan fasilitas umum lainnya.
Lapor Hansip
25-08-2020 06:01

Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan

Past Hot Thread
Penerbangan adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, keselamatan, dan keamanan, lingkungan hidup, serta fasilitas penunjang, dan fasilitas umum lainnya. Keselamatan diartikan kepada hal-hal yang mencakup keselamatan penerbangan yang selalu berhubungan dengan aspek keamanan penerbangan.


Gan and Sist mari sejenak kita mempelajari tentang bagaimana sistem pesawat tersebut bekerja menurut Ilmu fisika (Yang suka Ilmu Fisika)..cekidot gan...


1. Mengukur kecepatan pesawat dengan menggunakan tabung pitot

Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan

Tabung pitot digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara dengan menggunakan persamaan Bernoulli. Tabung ini memiliki dua jenis lubang. Satu lubang dihubungkan dengan pipa yang tertutup ujungnya. Udara dalam pipa tersebut menjadi diam. Lubang lainnya berisi udara yang bersentuhan dengan udara yang bergerak. Perbedaan tekanan udara dalam dua lubang tersebut bergantung pada kecepatan aliran udara relatif terhadap tabung.


Kalau Gan and Sist lihat dan diperhatikan di sejumlah body pesawat kita akan amati sejumlah tabung logam yang menonjol dan menghadap ke depan. Itulah tabung pitot. Tabung tersebut digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara terhadap pesawat, yang artinya mengukur kecepatan pesawat terhadap bumi.


2. Apa fungsi lekukan-lekukan pada pesawat?


Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan

Wingtip adalah lekukan pada ujung sayap pesawat. Salah satu tujuan penggunaan wingtip adalah mengurangi gaya hambat oleh pusaran udara di ujung sayap. Di ujung sayap (bidang batas antara benda padat dengan fluida) terjadi pusaran udara (vortices) yang arah alirannya mendorong sayap ke arah bawah. Ini mengakibatkan gaya angkat pada pesawat sedikit terhambat. Pusaran udara di ujung sayap dapat diperkecil dengan membuat lekukan di ujung sayap (membuat wingtip). Pengurangan gaya hambat tersebut berakibat efisiensi penggunaan bahan bakar.


Wingtip juga memberi tambahan stabilitas vertikal pada sayap. Umunya stabilitas vertikal hanya berasal dari bagian tegak di ekor pesawat. Karena posisi wingtip pada dua sayap hampir vertikal maka wingtip memberi tambahan stabilitas vertikal pada pesawat.


3. Jendela pesawat mengapa harus OVAL? tidak boleh bentuk lain?


Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan

Awalnya jendela pesawat berbentuk segi empat, namun memilik konsentrasi stress sangat besar pada ujung-ujungya (karena runcing).


Pada akhirnya, desain jendela pesawat diubah. Tidak lagi mengandung bagian yang runcing. Dan sekarang jendela pesawat berbentuk lingkaran atau oval. Dengan dersain ini maka stress pada lubang jendela tersebar hampir merata dan tidak ada lokasi yang memiliki stress terlampau tinggi.


4.  Perhitungan saat pesawat telah sampai di landasan


Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan

Bagian tersebut membelokkan aliran udara di atas sayap (udara yang menabrak sisi atas sayap). Pebelokkan tersebut menyebabkan momentum udara di atas sayap berubah. Dari yang semula memiliki arah lurus ke belakang menjadi membelok ke atas. Dengan demikian muncul perubahan momentum dan muncul gaya gaya yang arahnya sama dengan arah perubahan momentum. Arah gaya tersebut adalah agak miring bawah ke belakang. Gaya ini dapat diuraikan atas dua komponen: komponen vertikal ke bawah dan komponen horisontal ke belakang. Komponen vertikal ke bawah menghasilkan gaya tekan tambahan ke tanah selain gaya berat. Komponen horisontal ke belakang menghasilkan perlambatan pada pesawat.


Dengan adanya gaya ke bawah akibat pembelokan udara tersebut maka pesawat dapat tertancap kuat di landasan selama pengereman dan terhindar dari tergelincir.


5. Arti dari tekukan sayap pesawat saat ingin mendarat


 Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan

Apa guna pembengkokkan tersebut? Pertama adalah membelokkan aliran udara di bawah sayap (udara yang menabrak sisi bawah sayap). Pebelokkan tersebut menyebabkan momentum udara di bawah sayap berubah. Dari yang semula memiliki arah lurus ke belakang menjadi membelok ke bawah. Dengan demikian muncul perubahan momentum. Menurut hukum Newton II, perubahan momentum menghasilkan gaya yang arahnya sama dengan arah perubahan momentum.


Jadi, pembelokan udara di bawah sayap menghasilkan gaya pada sayap yang arahnya agak miring atas ke belakang. Gaya ini dapat diuraikan atas dua komponen: komponen vertikal ke atas dan komponen horisontal ke belakang. Komponen vertikal ke atas menghasilkan gaya angkat tambahan pada pesawat. Komponen horisontal ke belakang menghasilkan perlambatan pada pesawat.


Dengan adanya gaya ke atas akibat pembelokan udara tersebut maka pesawat dapat tetap terangkat meskipun kecepatannya sudah cukup rendah. Saat pendaratan, kecepatan pesawat sekitar 150 knot yang setara dengan 278 km/jam. Kalau sayap tidak dibengkokkan maka dengan kecepatan yang rendah tersebut pesawat akan mengalami penurunan ketinggian secara drastis karena gaya berat lebih besar daripada gaya angkat. Saat cruising sendiri, kecepatan pesawat dapat mencapai 900 km/j


Sumber :





profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
25-08-2020 08:26
keren ni gan.. ane dlu anaK IPS jd klo fisiKa mah dpt basic doanK.. hehe.. teori + pratiKum timbangan.. ane tau soal daya angKat pesawat dr seKian byK teori..

pertamaxX
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 00:06
Wahh balik lagi ke pelajaran sekolah nih.. Ini pelajaran SMP apa SMA ya.. Nice thread gan
profile-picture
hendri6780 memberi reputasi
1 0
1
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 00:18
Pelajaran yang membawa saya pada beasiswa kedokteran emoticon-Smilie i love fisika dan biologi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 00:28
Aduuduuuuh bener cuma ngerti yg masalah jendela pesawat yg oval itu. Sisanya ga ngertiiiiemoticon-Matabelo
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 00:37
Tau gini dulu gua ngambil jurusan IPA..... emoticon-Matabelo
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 00:55
Nice info gan
profile-picture
hendri6780 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 00:57
Teori retak ,dll
Buat penerbangan teori paling banyak buatan siapa ya
emoticon-Cool
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 01:03
tapi gan itu kan baru ditinjau dari sudut pandamg fisika,

emoticon-Matabelo
belom lagi, dari sudut kosmik, metafisika, supranatural dan spritualitas ..
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 01:10
mantab sih emoticon-2 Jempol
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 01:17
Cuma bs baca doang & kagum, tp kagak ngerti emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 01:50
Baru paham fungsi wingtip dan bentuk jendela. Ternyata demi keselamatan, bukan gaya2an doank.
#pageone
profile-picture
axcelcrypto memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 01:54
Tambahin gan.
Bentuk moncong pesawat yg berbeda2.
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 02:53
Quote:Original Posted By davinof
Tau gini dulu gua ngambil jurusan IPA..... emoticon-Matabelo
Kalau di daerah ane perihal Penerbangan gak perlu ngambil jurusan IPA, soalnya sudah ada SMK spesialis dalam hal penerbangan lengkap dengan berbagai hal seperti teori, tata cara menerbangkan, pengaplikasian teori bahkan sampe ke pembuatan kontruksi badan pesawat pun ada.
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 03:02
oh jadi seperti itu sistem pesawat bekerja menurut Ilmu fisika
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 03:10
Buat yang takut naik pesawat, sebenernya hal ginian bisa di pelajari biar tau fungsinya ini apa dan itu apa (minimal tau fungsi secara garis besarnya apa). Jadi kalo pas ada turbulensi, gak langsung jantungan emoticon-Hammer
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 03:26
Njirr dari sekian banyak yang dijabarin yang masuk cuma bagian intro, kaca jendela, sama closing doang emoticon-Hammer2
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 04:09
Yang no.4 itu ya yng konon penemunya adalah habibie ? Cmiiw

*Bagian dari sayap yang ngebuka ke atas* waktu dia ngerem
Diubah oleh djinggo88
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 04:24
Demen nih ane baca yabg beginian.. mantab gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 04:56
Omg, rumus2 fisika n matematika nya kok rumit bngt ya, gan..... Puyeng ane mau nerjemahin rumus2 penerbangan tsb.....
0 0
0
Ilmu Fisika Dalam Dunia Penerbangan
26-08-2020 04:59
Menarik info nya gan,no.5 flap ya gan.
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
profile-picture
shast777 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia