News
Batal
KATEGORI
link has been copied
334
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f43ef5168cc9537ba510bf8/tommy-soeharto-era-soeharto-hti-tidak-dibubarkan-era-jokowi-hti-dianggap-ancaman
Tommy Soeharto angkat bicara terkait keberadaan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Putra kedua Presiden Soeharto itu lantas membandingkan HTI di era kepemimpinan ayahnya dengan Presiden Jokowi saat ini.
Lapor Hansip
24-08-2020 23:48

Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman

Past Hot Thread
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman


POJOKSATU.id, JAKARTA – Tommy Soeharto angkat bicara terkait keberadaan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Putra kedua Presiden Soeharto itu lantas membandingkan HTI di era kepemimpinan ayahnya dengan Presiden Jokowi saat ini.

Menurutnya, perlakukan terhadap HTI di dua era itu sangat bertolak belakang.

Demikian disampaikan Tommy melalui akun Twitter pribadinya, @Tommy_Soeharto.

“Di era pak Harto, HTI tidak dibubarkan. Bahkan dibiarkan tumbuh subur di kampus-kampus,” cuitnya.

Ketua Umum Partai Berkarya itu menyatakan, bahwa ayahnya saat itu tidak menganggap HTI sebagai ancaman.

“Soeharto tahu, HTI bukan ancaman. Mereka cuma kumpulan jamaah yang berdiskusi tentang prototype kepemimpinan Islam,” sambungnya.

Akan tetapi, keberadaan HTI di masa Orde Baru itu kini berbeda dengan era Presiden Jokowi.

Di era sekarang, kata dia, HTI dianggap sebagai sebuah ancaman.

“Baru di era @jokowi HTI dianggap ancaman. Ada apa atas semua ini?” kata dia.

Sementara, Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI) menyatakan, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) bukan organisasi terlarang.

“Organisasi dakwah Hizbut Tahrir Indonesia bukan ormas terlarang menurut hukum,” ujar Ketua Eksekutif Nasional BHP KSHUMI, Chandra Purna Irawan kepada jpnn.com, Minggu (23/8/2020).

Chandra menyatakan, tidak ada peraturan perundang-undangan yang menyatakannya HTI sebagai organisasi terlarang.

HTI, katanya, hanya dicabut status badan hukum perkumpulan atau BHP-nya.

Kedua, Chandra mengutip pendapat Prof Yusril Ihza Mahendra yang menyatakan bahwa kegiatan yang dihentikan melalui SK Menteri dan Putusan Pengadilan TUN adalah kegiatan HTI sebagai lembaga perkumpulan HTI.

Bukan penghentian kegiatan dakwah individu anggota dan/atau pengurus HTI.

“Ketiga, ajaran Islam khilafah tidak pernah dinyatakan sebagai paham terlarang,” tegas advokat yang juga ketua LBH Pelita Umat ini.

Hal itu menurutnya jelas, baik dalam surat keputusan TUN, putusan pengadilan, peraturan perundang-undangan atau produk hukum lainnya sebagaimana paham komunisme, marxisme/leninisme dan atheisme, yang merupakan ajaran PKI melalui TAP MPRS NO. XXV/1966.

Artinya, kata dia, sebagai ajaran Islam, khilafah tetap sah dan legal untuk didakwahkan di tengah-tengah umat.

“Mendakwahkan ajaran Islam khilafah termasuk menjalankan ibadah berdasarkan keyakinan agama Islam, di mana hal ini dijamin konstitusi,” jelasnya.

Terakhir, kata Chandra, bahwa apabila ada yang menyatakan “.. ideologi khilafah dan/atau khilafah adalah ideologi…” pernyataan ini dapat dinilai sebagai bentuk permusuhan atau kebencian terhadap ajaran agama Islam.

Hal ini pun dapat dinilai sebagai bentuk pelanggaran pasal 156a KUHP.

Chandra mengingatkan bahwa unsur utama untuk dapat dipidananya Pasal 156a adalah unsur sengaja jahat, untuk memusuhi, membenci dan/atau menodai ajaran agama (malign blasphemies).



https://pojoksatu.id/news/berita-nas...m_source=dable

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 11
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:27
Tom tom ini propertinya dimana mana .. tmpat elit dan mahal semua...dulu dia punya viila didaerah bedugul bali...bertengger diatas bukit kayak mansion ...mewah bener..ga keurus krn terlalu banyak...ada properti dia sampai tanah berhektar hetkar didaerah kerawang
Diubah oleh luluvi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:29
Jangan minta dukungan golongan hti kalau tidak mau berakhir kalah seperti prabowo.
0 0
0
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:31
Hakim aja ente bunuh, yah siapa pula itu HTI pada jaman itu .. cuman receh boss
0 0
0
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:33
tomy nih backingannya kuat kudu di dor di tempat ga usa dihakimin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:35
prett cuk
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:37
bedalah
jaman itu sapa yg brani ma bapak lo
kl sekarang org2 dengan seenaknya ngehujat jokowi
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:46
Si Tomcat kalo ngomong kok asbun gitu.

Jaman bapaknya dulu, media massa aja diawasin, kalo berani membangkang langsung dibredel kayak Tempo. Ane dulu pas SD aja diceritain hal ini terkaget2, sampe bilang, lah berarti berita-berita yg kita baca selama ini udah disetir pemerintah semua? Trus bapak ane bilang Ssstt... gak usah berkoar2, cukup tahu aja, kalo sampe ngomong2 ke luar bisa didatangi KODIM.

Lalu Si Baasyir dulu sampe buron ke Malaysia, jamannya siapa Tom?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:46
Era Suharto mana ada HTI ?, baru ngomong ganti sistem, atao ganti pemimpin, atau ganti Pancasila dengan khilafah, di jamin orang itu bisoknya sudah tidak ada.
profile-picture
profile-picture
seojoon dan aloha.duarr memberi reputasi
2 0
2
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 08:47
Bos nya kadrun bersabda dan kadrun hanya cecunguk2 yg dimanfaatkan krn tolol nya luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:15
Dibubarin si kaga, cuman auto ngilang aja

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
seojoon dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:22
masih gila tahta , minta keluarganya kembali jaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:23
ah elah tong tong.. di era bapakmu mereka jadi 'anjing' bapakmu mana berani lah mereka semua hepi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:40
mau komen tapi takut ditembak emoticon-Takut
0 0
0
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:43
Ini kumpulan mafia penjahat besar

Jangan sampai di kasih kesempatan meski sedikitpun

emoticon-Cool
profile-picture
seojoon memberi reputasi
1 0
1
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:44
iya jaman buapak lu kagak dibubarin, cuma diilangin pake karung...
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:48
mulai deh bermunculan
0 0
0
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:49
Hilih emoticon-Tai
Jaman mbah dulu mana bisa hti berulah
0 0
0
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:52
Priuk 1984. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:56
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Tommy Soeharto: Era Soeharto HTI Tidak Dibubarkan, Era Jokowi HTI Dianggap Ancaman
25-08-2020 09:56
Bravo HMP
0 0
0
Halaman 4 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia