News
Batal
KATEGORI
link has been copied
199
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f445cf7365c4f545f22d273/indonesia-tak-punya-hubungan-dprd-aneh-pemprov-ntb-lakukan-ekspor-ke-israel
Pemerintah Indonesia selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, lalu bagaimana bisa Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan ekspor ke Israel?
Lapor Hansip
25-08-2020 07:36

Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel

Past Hot Thread
Indonesia Tak Punya Hubungan Diplomatik, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel

Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel

WARTAKOTALIVE.COM, MATARAM - Pemerintah Indonesia selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, lalu bagaimana bisa Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan ekspor ke Israel?

Mengapa Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan hubungan dagang dengan Israel, tidak dengan negara lain, misalnya Turki?

Apa yang dilakukan Pemprov NTB dengan melakukan hubungan dagang dengan Israel mendapat sorotan masyarakat.

Tidak hanya masyarakat, DPRD Nusa Tenggara Barat juga menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi NTB yang melakukan hubungan dagang dengan negara Israel.

Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaedah mengaku aneh jika Pemprov NTB melakukan hubungan dagang dengan Israel, sementara pemerintah Indonesia sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara tersebut.

"Setahu saya, Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Tetapi ini aneh NTB melakukan ekspor ke Israel," ujarnya di Mataram, Senin (24/8/2020).

Sekretaris DPD Partai Golkar NTB ini pun bertanya-tanya dengan sikap Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang mengizinkan produk-produk NTB di ekspor ke Israel.

Sementara disisi lain, antara Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik.

"Saya tidak tahu, apakah tidak ada hubungan diplomasi mempengaruhi hubungan dagang. Untuk itu, silahkan tanya kepada gubernur apa alasannya," kata Isvie.

Menurut Isvie, pihaknya tidak mempersoalkan Pemerintah Provinsi NTB ingin menjalani kerja sama dengan negara manapun asalkan memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah Indonesia.

Namun, jika tidak ada, ia meminta hal tersebut tidak dilakukan karena bertentangan dengan sikap pemerintah Indonesia.

"Kalau mau kirim ke Australia atau Amerika, silahkan. Tetapi jangan ke Israel, karena itu tadi kita tidak memiliki hubungan diplomatik," tegas politisi dari daerah pemilihan Kabupaten Lombok Timur tersebut.

Oleh karena itu, Isvie menyatakan, sangat menyayangkan sikap Pemprov NTB dalam hal ini Gubernur NTB yang sudah membuka hubungkan dagang dengan Israel.

"Saya sangat menyayangkan itu bisa terjadi, sedangkan pemerintah kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perdagangan Provinsi NTB membantah mengikat perjanjian dagang dengan Israel.

"Meski sejumlah produk NTB tercatat masuk ekspor ke Israel dan negara timur tengah lainnya, namun NTB tidak punya ikatan kerja sama dalam bentuk perjanjian dagang," kata Kepala Dinas Perdagangan NTB, H Fathurrahman.

Ia mengakui, produk-produk NTB tercatat berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA) yang biasa di sebut Certificate of Origin (COO).

Surat ini merupakan sertifikat asal barang, dimana dalam sertifikat dinyatakan bahwa barang/komoditas yang di ekspor berasal dari daerah/negara pengekspor.

"SKA digunakan untuk mengontrol laju ekspor di Indonesia, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan no 19 tahun 2019 tentang ketentuan dan tata cara penerbitan SKA untuk barang asal Indonesia. Memang produk kita di ekspor ke sejumlah negara, tetapi tidak ada perjanjian dagang (dengan Israel) itu," tegasnya.

Fathurrahman mengungkapkan, hingga bulan Juni 2020, ekspor NTB terbesar masih berasal dari tambang yakni mencapai 94,12 persen dengan negara tujuan pengiriman Filipina, Korsel, Jepang dan China.

Sedangkan Non Tambang dengan nilai 5,88 persen atau 5.490.840 dollar.

Terbesar disumbang oleh komoditi perikanan dan kelautan 2,31 persen dengan negara tujuan Malaysia, China, Australia dan Hongkong.

Berikutnya berasal dari komoditi pertanian dan perkebunan (3,42 persen) dengan negara tujuan Perancis, Korsel dan Hongkong.

Sisanya berasal dari kerajinan (0,15 persen) dengan negara tujuan USA, Jerman, Norway dan Israel.

"Provinsi NTB tidak pernah melakukan perjanjian dagang dengan pihak luar negeri karena sesuai Peraturan Presiden nomor 71 Tahun 2020 tentang tata cara persetujuan perjanjian perdagangan internasional, bahwa kewenangan tersebut ada di pemerintah pusat," jelas Fathurrahman.

Fathurrahman mengakui pandemi Covid-19 memang berpengaruh pada kegiatan ekspor.

"Tahun ini nilai ekspor kita hampir 4,2 juta Dolar. Termasuk ekspor kerajinan olahan, pada Maret lalu," ucapnya.

Menurutnya, ekspor selanjutnya saat ini masih terkendala pandemi Covid-19.

Sementara, nilai ekspor keseluruhan NTB mencapai 4,2 juta dollar di tahun 2020.

"Tidak termasuk sektor tambang. Mengingat, untuk tambang saja nilainya lebih dari 62 juta dollar AS. Dibandingkan tahun 2019, nilai ekspor memang menurun. Untuk di luar tambang, mencapai 12 juta dollarr. Makanya kita akan terus tingkatkan produk ekspor. Tapi saat ini memang terkendala Covid-19," katanya. (Antaranews)

https://wartakota.tribunnews.com/202...srael?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 09:41
Produk apa yg diekspor kesana
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 09:48
Ya terus harus dijual kemana? Ada2 aja emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Spriggan13 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 09:54
loh jual barang dilarang emang kudu di bubarin nih sampah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:04
memang tidak punya hubungan diplomatik dengan indonesia, tapi lain ceritanya dengan ntb
profile-picture
saifudin.alfa memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:06
tak punya hubungan diplomatik bukan berarti tak boleh punya hubungan dagang, aneh anggota DPR gak ngerti hal ini
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:13
harusnya cari informasi dulu, anggota dprd kan lebih pinter dari rakyat jelata ya.
itu expornya kemana, peroranggan atau pemerintah. kalo ke perorangan, ya gak ngaruh lah.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:19
kalo gua bilang mereka komplotan pendukung zionis tar gua di serang emoticon-Embarrassment jadi gua gk ngomong apa2 dah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:34
yang gak ada hubungan kan goverment to goverment, tapi kalo goverment to business atau business to business bisa kan?? emoticon-Bingung
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:35
pemprov nya klo cerdas, lewat dubai aja
khan uae udah punya hub diplomatik sama ngisrael emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 10:55
LAh, itu alat2 intelijen BIN juga banyak yg buatan Israel, kumaha atuh.
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 11:09
Perasaan dr jaman gue ke yerusalem pertama kali dapet cap di kertas kosong ada tulisan israel nya deh...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 11:38
itu hubungan dagang business to business kan ? bukan hubungan diplomatik. sejauh tidak merugikan keamanan negara, tidak ada yang salah kok. dagang dengan siapa pun kan boleh. emang dilarang negara ?

emoticon-2 Jempol
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 11:41
Urusan dagang mha dimana mana bebas ajah indonesia kan bebas aktif secara politik memamng gak ada hubungan secara dagang mah bebas ajah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 11:46
produk israel aja banyak kok di indonesia emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 11:53
Lah kalau di beli pihak pertama dan di jual ke pihak kedua yang berasal dari Israel memang ada salah nya?

Yang penting dapat devisa bagi negara di tengah pandemi corona (covid-19)
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 12:18
duit nggak kenal teman, agama, negara. pecunia non olet.
produk jadi bisa dijual ke mana aja. ngapain diributkan? mereka juga sedikit banyak hidup dari pajak barang yang dianggap haram.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 12:33
apa hubungannya antara politik dengan perdagangan ??
0 0
0
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 12:35
Ane juga heran , kenapa semua pada heran
emoticon-Bingung
0 0
0
Indonesia Tak Punya Hubungan, DPRD: Aneh, Pemprov NTB Lakukan Ekspor ke Israel
25-08-2020 12:36
itu udh brp lam ekspornya,ko baru dibahas
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia