News
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f431f552637725cb65bf78f/pakar-sejarah-jawa-sebut-film-jejak-khilafah-khayalan
Jakarta - Video Jejak Khilafah di Nusantara yang diluncurkan pada Kamis (20/8/2020) dan diklaim sebagai film sejarah lebih mendekati sebuah khayalan untuk kepentingan propaganda ketimbang dokumenter. Materi yang sama sekali tidak didukung data atau arsip kesejarahan yang valid antara lain terkait hubungan Diponegoro maupun kesultanan-kesultanan Islam di Jawa sebelumnya Turki Utsmani. Menurut Prof
Lapor Hansip
24-08-2020 09:00

Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan

Jakarta - Video Jejak Khilafah di Nusantara yang diluncurkan pada Kamis (20/8/2020) dan diklaim sebagai film sejarah lebih mendekati sebuah khayalan untuk kepentingan propaganda ketimbang dokumenter. Materi yang sama sekali tidak didukung data atau arsip kesejarahan yang valid antara lain terkait hubungan Diponegoro maupun kesultanan-kesultanan Islam di Jawa sebelumnya Turki Utsmani.

Menurut Prof Peter Carey yang selama 40 tahun meneliti sejarah Jawa dan Diponegoro, setiap bantuan yang pernah diterima Diponegoro biasa dituliskan dalam Babad. Ia mencontohkan adanya bantuan dari kerajaan di Buleleng Bali atau pasukan Bugis di Makassar.

"Tapi Babad Diponegoro sama sekali tidak menyebutkan adanya bantuan dari Turki Usmani, baik pasukan, persenjataan, atau sekedar dukungan moral," kata Peter kepada tim Blak-blakan Detik.com.

Tak cuma itu. Ia juga mendapat penjelasan dari koleganya di Istanbul - Turki, Dr Ismail Hakki Kadi yang meneliti banyak arsip di era Turki Utsmani tidak menemukan informasi adanya kontak antara Raden Patah (1475-1518) dari Demak dengan Turki Utsmani.

"Film Jejak Khilafah ini dibuat tanpa punya pijakan kearsipan sejarah. Ini semacam khayalan," tegas Peter Carey yang menulis sejumlah buku terkait Perang Jawa dan Diponegoro.

Toh begitu, sebagai akademisi Peter tak setuju jika terjadi penyensoran atau pelarangan terhadap film tersebut. Tetapi justru harus menjadi pendorong bagi pihak-pihak yang tertarik mengenai isu tersebut untuk melakukan riset dan kajian secara lebih tekun dan profesional.

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Peter Carey "Jejak Khilafah itu Khayalan" di detik.com, Senin (24/8/2020).

sumber :
https://m.detik.com/news/berita/d-51...pm_widget_news


Cuma khayalan..fiksi..halu..

Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan

Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan




profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 14:07
Cuma mau tanya, itu motif ya apa rilis film bgitu?
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 14:37
emoticon-Belo emoticon-Matabelo emoticon-Belo

Gede
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 14:59
mana mulus screenshoot jejak khalifa nya? emoticon-Mad
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 15:03
Nyang asli cume Mia Khalifah ganemoticon-Ngakakemoticon-Cendol Gan
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 15:12
Cok galicok digaligali cocok ...hm..

Emang yang bilang sistem khilafah itu masih ada siapa ya?
saat sahabat Nabi Muhammad Shalalahu Alaihi Wa Salam para Khulafaur Rasyidin
terakhir meninggal bukannya final sudah sistem khilafah?

Sekarang bukankah hanya ada sistem kerajaan?

Masuk ke felm, kalo kerajaan turki usmani sih ane ga tahu sama babad tanah jawa...
tapi yang jelas, wali songo itu beneran gan...dan entah kalo mereka bersahabat dengan turki usmani apa enggak
( jaman mereka dengan Turki Usmani hampir sama 1300-1500-an)

Maulana Malik Ibrahim di kirim dalam rangka membantu jawa dalam segala hal karna sesudah perang paregreg bukan?...
Dan sebelumnya Maulana Ishaq banyak mengislamkan manusia di samudra pasai...~Kropak Ferrara~
Bahkan jauh sebelum samudra pasai sudah ada kerajaan islam di ujung jauh indonesia yakni aceh...
kerajaan itu adalah Perlak.(mungkin dibawa oleh pedagang gan..)
(Nah sesudah itu silahkan agan liat atau cari2 info kalo minat ternyata negara2 tetangga kita adalah bagian dari negara2 kerajaan yang banyak terdapat di kalimantan, dan jawa....sebelum invasi campuran antara spanyol, inggris dan portugis...lalu kenapa kita pada berantem terus yak hadeeehhh).

Lagi kita pada berantem aje lagi...
sama2 keturunan
SAM, HAM, YAFIF aja kita...haduh....

Thanks.
Diubah oleh klateam
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 15:25
Quote:Original Posted By kontloterbakar
Toh begitu, sebagai akademisi Peter tak setuju jika terjadi penyensoran atau pelarangan terhadap film tersebut. Tetapi justru harus menjadi pendorong bagi pihak-pihak yang tertarik mengenai isu tersebut untuk melakukan riset dan kajian secara lebih tekun dan profesional.


Nah ini.. Jgn cengar cengir aja lu bong..
Sama spt kasus papa ridwan saidi.. Mata balas mata. Jgn klaim sejarah balas nyinyir doang ato malah dilaporan ke fulisi.. fulisi tau apa sejarah? kasih tandingan teori2/argument2 yg lebih kuat.. Kl cm ngeblak ngeblok si Taikfatul semriwing jg bisa..
Diubah oleh sibuk.nyaleg
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
0 1
-1
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 15:27
jadi golongan felix asu, tengku zul dan penjilat2 taek khalifah lagi kumat gila??

Penghinaan kaun suci nih..
profile-picture
l.kripac98 memberi reputasi
1 0
1
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 16:10
oh Mia...
emoticon-Matabelo
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 17:04
sebetulnya gpp mereka bikin film, asal jangan dilabeli dokumenter dong, bilang kalau itu film fiksi emoticon-Big Grin
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 17:22
halusinasi dari kaum yang ngebet jadi negara khilafah
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 18:14
Naik hewan bersayap ke tujuh lapisan langit , itu khayalan ngk?
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 18:34
Jejak mia khalifa kayanya bagus tuh
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 18:43
Bagusan film mia khalifa
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 18:47
Di perkosa produk import emoticon-Ngakak
profile-picture
chevelle16 memberi reputasi
1 0
1
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 18:56
Kenapa harus ada mia khalifa sieh,secara badan nya itu lho mengguncang iman dan imron banget
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 19:54
mia khalifa big babess
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 21:13
mending bikin pilem Jejak petualangan juragan pisang tegang dan firza hats
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 21:51
Prof Dr Ayumardi Azra seorang intelektual Muslim menangatakan Muawiyah, Abbasiyah, Turki Usmani itu adalah Dinasti Kerajaan....bukan kekhalifahan....

0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 23:01
Nice info

emoticon-Cool
0 0
0
Pakar Sejarah Jawa Sebut Film Jejak Khilafah Khayalan
24-08-2020 23:07
ehh ada mia khalifah
tapi sayang udah pensi

emoticon-Motret
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia