• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Zaman Sudah Moderen, Tapi 6 Buah Dan Sayur Ini Masih Kental Dengan Mitos

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Zaman Sudah Moderen, Tapi 6 Buah Dan Sayur Ini Masih Kental Dengan Mitos
Mitos tentang buah dan sayur





Bagi sebagian orang makan sayur atau buah dengan memetik dari pohonnya atau kebun sendiri rasanya lebih nikmat. Selain fresh, keamanannya pun terjamin. 


Namun, apa yang terjadi jika buah atau sayuran yang kita tanam justru enggan berbuah, busuk atau bahkan mati? Nyesek sudah pasti kan Gansis. Tapi, ada yang lebih mencengangkan. Ternyata ada mitos yang selalu dikaitkan dalam dunia buah dan sayur ini.


Apa sajakah. Mitos seputar budidaya tanaman dan sayur yang mungkin agan dan sista belum tahu. Yuk simak di trit ane kali ini.



Mitos buah nangka


Buah nangka yang manis dan harum


Siapa yang tak suka dengan buah berduri namun harum baunya ini? Buah yang masih satu Family dengan durian ini memang dikenal akan harum dan manisnya. 


Buah nangka muda rentan membusuk



Mitosnya nangka akan selalu membusuk dan gagal panen jika nangka yang muda dibuat masakan atau dibuat sayur. Semisal sayur lodeh atau gudeg. Jadi dalam kepercayaan orangtua zaman dahulu. Nangka yang buat dimasak harus khusus buahnya diambil saat muda. Beda dengan nangka yang buahnya khusus diambil saat matang. 


Percaya atau tidak ane sering mengalami hal itu juga gansis🤭. 


Mitos petai 



Pohon petai berbuah lebat


Hayo ngaku siapa pecinta petai alias Pete? 

Sayur yang berbentuk biji ini memang bisa membuat kita kalap makan. Walaupun baunya menyengat, tapi petai tetap banyak diminati. 


Mitosnya petai yang sedang berbuah jangan sampai dicuri. Jika kejadian maka si Pete tak akan berbuah lagi atau buahnya sedikit. Istilahnya jika ada yang mau Pete jangan lupa beli atau minimal meminta izin ke pemiliknya. 



Masih sama nih gansis ortu ane pernah ngalamin juga pohon petainya tidak lagi berbuah stelah habis dicuri orang.


Mitos pisang


Pisang dempet dua


Pisang adalah buah kaya manfaat. Tak terkecuali untuk kaum hawa khususnya ibu hamil. Namun ada mitos terkait buah ini. Yakni, tidak boleh makan pisang yang berdempet. Alasannya takut jari tangan atau jari kaki si janin menempel alias dempetan, atau bayi dempet kembar Siam.


Ini sih gak semua juga bisa dipercaya. Toh secara genetik ada yang mengalami dempet janin atau dempet organ ini tanpa makan pisang dempet.


Pisang dempet tiga


Mentimun pahit


Mentimun


Ada yang pengalaman makan timun tapi rasanya pahit? Pasti pernah kan. Mentimun yang biasa berasa tawar segar ini memang lalapan yang sangat digemari. Selain itu bisa untuk rujakan dan dibuat masker.

Banyak manfaatnya nih timun. Namun, ada mitos terkait rasa pahit pada mentimun ini. Konon, jika buah timun terasa pahit, itu karena si buah atau pohonnya terlintasi ular. Hmmmm, entah apa kaitannya ini. Ane sendiri bingung😜.


Tebu telur


Bunga tebu telur atau terubuk


Tebu telur atau terubuk ini adalah bunga dari tumbuhan mirip tebu namun batangnya tidak manis layaknya tebu biasa. 


Terubuk sangat enak dibuat sayur lodeh atau balado. Saingan deh kalau sayur ini disejajarkan dengan masakan dari jenis daging ayam. 



Terubuk dan olahannya


Ada mitos yang berkembang jika ingin mendapat tebu telur yang montok dan tidak busuk harus ditanam oleh ibu hamil. Karena fase pertumbuhan tanaman ini terlihat seperti fase kehamilan mungkin. Jadinya banyak yang menganggap wanita hamil berkhasiat menularkan keberuntungan.

Ok, gansis. Mitos tentang buah dan sayuran mungkin berbeda di setiap tempat. Agan sista bisa tambahkan buah dan sayur lainnya yang masih ramai disebutkan mitosnya.

Sampai jumpa di trit ane berikutnya, jangan lupa mampir dan kasih rate plus cendol.

Terima kasih.

Belajar Bersama Bisa


Opini pribadi

sumber gambar 1

sumber gambar 2


sumber gambar 3

sumber gambar 4


sumber gambar 5


sumber gambar 6


sumber gambar 7
Diubah oleh zatilmutie 23-08-2020 02:56
adrian.rizki13
miaaulia99
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
8K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.