• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sudah 9 Tahun Eksis Tapi Popularitas Menurun, Beginilah Kabar JKT48 Sekarang

cintadine
TS
cintadine
Sudah 9 Tahun Eksis Tapi Popularitas Menurun, Beginilah Kabar JKT48 Sekarang
Selamat datang kembali di thread ane gan. Sekarang di thread ini ane akan membahas tentang idol group asal Indonesia yaitu JKT48 yang tahun ini akan berusia sembilan tahun setelah dibentuk pertama kali pada akhir tahun 2011 yang lalu. Lho, memangnya JKT48 masih eksis ya gan? Iya gan, mereka masih ada dan belum bubar walaupun tidak sepopuler awal kemunculannya.

Ane sendiri pernah menjadi fans JKT48 dari 2012 dan berhenti pada 2016. Idol group sister dari AKB48 ini awalnya memang begitu populer berkat lagu Heavy Rotation. Bahkan Kaskus juga sempat menjadi sarang berkumpulnya para fans JKT48 termasuk munculnya foto legendaris Pongasi yang sedang bersalaman dengan Melody. emoticon-Ngakak

Lalu, bagaimana dengan JKT sekarang? Setelah tiga tahun pada akhir 2019 yang lalu ane balik lagi mengamati idol group ini dan ternyata sudah banyak yang berubah. Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada JKT48 sekarang ini.

1. Punya Alumni Tersukses (Adhisty Zara)

Para eks member JKT48 yang sukses berkarir di dunia entertainment memang mudah dihitung dengan jari. Tapi kalau ditanya siapa yang paling sukses selain Haruka ya siapa lagi kalau bukan Zara. Eks member generasi kelima ini sejak masuk JKT48 memang sudah menuai pro dan kontra fans seperti dianggap dianak emaskan. Namun pada kenyataannya justru Zara sukses di luar grup dan membintangi sejumlah film. Sisi baiknya, berkat Zara banyak publik awam yang jadi tahu JKT48 dan penasaran di grup ini.

2. Sudah Memasuki Generasi 10

JKT48 tidak membuka audisi pada 2013 dan 2017 tetapi membuka audisi dua kali pada 2018 dan 2019 yang menjadikan pada 2020 ini memasuki audisi generasi 10. Proses regenerasi member bisa dibilang berhasil karena banyak yang menganggap para member-member muda bisa membawa masa JKT48 menjadi lebih baik. Para member muda pun punya karakter yang lebih berwarna.

3. Kedatangan Afiqah Sebagai Member

Amanina Afiqah, bintang iklan cilik yang sempat menghebohkan dunia entertainment Indonesia lewat iklan biskuitnya itu seperti yang diketahui sudah bergabung menjadi member JKT48 generasi 8 sejak April 2019 yang lalu. Usianya kini 14 tahun alias sudah jadi gadis remaja. Sekitar Juni 2020, Afiqah dipromosikan ke Team J.

4. Punya Divisi eSports

Perkembangan eSports di Indonesia sedang berkembang. Sadar akan hal itu, JKT48 membentuk divisi eSports mereka yang bernama Valkyrie48. Mereka mengkhususkan dalam bermain game Mobile Legends dan PUBG Mobile. Valkyrie48 beranggotakan tujuh anggota dari berbagai team yang dipilih berdasarkan skill mereka dalam bermain game. Divisi eSports ini sudah dibentuk sejak 2018 yang lalu.

5. Sudah Punya Single Original

Sebagaimana diketahui JKT48 sebagai sister grup dari Jepang selalu hanya bisa membawakan lagu-lagu hasil translate dari AKB48. Setelah delapan tahun, barulah keinginan para fans untuk punya lagu original terwujud lewat single berjudul Rapsodi ciptaan Laleilmanino. Member yang membawakannya adalah mereka 16 member para pemenang Pemilihan Umum Member (Sousenkyo) keenam pada akhir 2019 yang lalu.

6. Member Generasi Lama Yang Tersisa

Usia JKT48 sudah sembilan tahun dan itu adalah waktu yang cukup lama untuk karir sebuah grup. Banyak member generasi lama yang sudah keluar baik itu resign ataupun lulus. Saat thread ini ditulis, member generasi pertama yang tersisa hanya ada tiga orang (Beby, Gaby, dan Frieska) dan generasi tersisa dua orang (Nadila dan Rona). Member tertua saat ini adalah Rona Anggreani yang berusia 25 tahun dan termuda adalah member generasi 9, Chithlyn Gwynet yang berusia 11 tahun.

7. Sempat Memicu Kontroversi Karena Member Berusia 10 tahun


Akhir 2019 yang lalu manajemen JKT48 mendapatkan kecaman dari Netizen termasuk dari fans sendiri karena meloloskan Chithlyn Gwynet yang berusia 10 tahun menjadi member generasi 9. Orang-orang beranggapan Chithlyn masih di bawah umur dan bahkan usianya belum memenuhi kriteria di mana syarat usia minimal untuk ikut audisi adalah 12 tahun. Belum lagi kekhawatiran Chithlyn akan menjadi sasaran para pedofil. Namun isu ini menguap begitu saja.

8. Sedang Berusaha Meraih Kembali Kejayaan

Tahun 2012 hingga 2014 merupakan tahun keemasan JKT48 dan setelah itu popularitasnya menurun. Pada 2018 project Reboost digaungkan untuk mengembalikan fans yang sudah pensiun ataupun menambah fans baru. Upaya itu tidak terlalu gagal dan sedikit berhasil. Pada akhir 2019 Project One menggantikan Reboost dengan sejumlah program termasuk live streaming theater, dll. Namun project ini nampaknya terganggu oleh pandemi. emoticon-Traveller

Itu dia beberapa hal yang terjadi pada JKT48 sekarang ini setelah sembilan tahun berdiri. Ane tahu kaskuser banyak yang jadi fans JKT48 juga tapi banyak juga yang enggak tahu bahkan ada juga yang jadi hatersnya, makannya ane buat thread ini. emoticon-Ngakak



Quote:
ziontraliakbarrrfayyadhtf989
fayyadhtf989 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
26.1K
281
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.