iskrimAvatar border
TS
iskrim
2 Faktor Utama Kenapa Negeri Ini Sulit Maju, Versi Saia
Layaknya sebuah keluarga, negara adalah bagian terbesar dalam sebuah wilayah kepulauan yang memiliki keterbatasan teritorial dimana setiap negara masyarakatnya yang tinggal disana memiliki karakter yang berbeda karena disebabkan oleh faktor alam, eksternal, dan kepercayaan.

[ HT# 638 ]



Tiga poin tadi menurut saya banyak membuat perubahan masyarakat yang hidup di dalamnya dan tercermin bagaimana negaranya mampu mandiri dan bersaing di kancah dunia hingga menjadi negara adidaya yang makmur.


Lalu bagaimana dengan negeri kita? Untuk menjadi negara yang besar, di segani oleh dunia tentu kita harus memiliki kelebihan dan kekuatan yang lebih unggul dari negara lain.



Negeri kita sesungguhnya sudah kaya dari 'lahir' dan terletak di wilayah strategis dunia, membuat iri negara lain hingga banyak mereka yang ingin menguasai dan ada yang sempat mencicipi kue 'legit' kekayaan alam ini karena waktu itu mayoritas masyarakat kita masih banyak yang berpendidikan rendah, mirisnya negeri ini saking banyaknya suku dan kepulauan terbilang sulit untuk di jaga kekompakkannya, terlebih saat ini negeri kita masyarakatnya mudah di adu domba dan mudah tersulut dengan isu sara; suku, ras, dan agama.

Terlalu banyak godaan yang berusaha menggemboskan NKRI ini di tambah lagi para pemangku jabatan yang haus kekuasaan, harta, dan wanita membuat negeri ini semakin kehilangan arah tujuan, dan melenceng dari rel cita-cita para pejuang 45 dahulu.

Jargon negara kita telah merdeka, tanah subur nan makmur, negara yang ramah, negara yang beragama, negara yang ramah sepertinya kini hanya indah dalam tulisan diatas kertas saja. Semakin miris adanya pencitraan palsu, sumpah palsu, orang pintar dan berprestasi tidak mendapat dukungan dan support penuh dari pemerintah, media di setir, tuntunan yang semakin dikalahkan oleh tontonan, masyarakat pun pada akhirnya semakin majemuk dengan keadaan, negeri ini -semakin kehilangan arah, masyarakat semakin sulit mencari tokoh yang seharusnya menjadi panutan-menjadi kapten dalam kapal, tapi apalacur mereka justeru hanya boneka-boneka, bersumpah palsu kepada pejuang kemerdekaan dan masyarakat, mereka telah berkhianat dan bersekutu dengan musuh?



Karena sang kapten tidak lagi fokus pada satu tujuan, akibatnya negeri ini seperti sebuah kapal yang terombang ambing tanpa arah tujuan yang jelas, tinggal menunggu lelah dan akhirnya karam, menunggu ajal dan dikuasai oleh penjajah untuk kesekian kalinya?

Tanda-tanda itu bisa kita lihat dengan kacamata awam sekalipun, di depan mata kepala kita sendiri kita tidak bisa berbuat apa-apa, negeri ini sedang di kuras, di rudapaksa sumber daya alamnya, di obok-obok akhlaknya, buzzer dimana-mana, diremehkan oleh tetangganya sendiri, dibenturkan budaya dan kepercayaannya, mirisnya masyarakat seperti manut saja, ada yang mudah tersulut, dan menjadi bar-bar. Huff.

Lalu menurut saya 2 faktor secara garis besarnya kenapa negeri ini belum juga bangkit dan menjadi negeri kaya yang di impikan oleh setiap masyarakat kita adalah sebagai berikut:


A. Lebih senang memikirkan kejadian

Tidak tegaan, kolotan, berfikiran pendek, tidak percaya diri, tidak mandiri, mental bersaing yang amat lemah, lebih senang memikirkan orang lain, tidak disiplin, hukum bisa di beli, basa-basi, korupsi dimana-mana, bangga dengan kekonyolan dan aib dirisendiri, konsumtif, dst

B. Fokus pada masa depan

Kebalikan diatas, memikirkan dan mencari solusi, mementingkan musyawarah dan gotong royong, jiwa nasionalisme yang tinggi, kerjasama tanpa memandang latar belakang agama, budaya, dan pendidikan, dalam hidupnya hanya fokus dan tidak pernah puas sampai menemukan kebahagiaan dan kesuksesan demi masyarakat dan keluarganya, dst.

Dari dua faktor di atas, poin A adalah yang paling mendominasi masyarakat di negeri ini, bahkan mungkin kalau di hitung dalam presentase bisa mencapai 75% nya. Itulah mengapa negeri ini sepertinya masih sulit untuk maju. Harapan saya semoga kesadaran semua masyarakat untuk menyatukan fisi agar negara ini menjadi yang terkaya dan termakmur segera terwujud. Aamiin.



Sebuah opini
Img.header. istockphoto, google



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS




Diubah oleh iskrim 24-08-2020 10:21
a.w.a.w.a.w
galigulagalu
m4ntanqv
m4ntanqv dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7.2K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.