Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
104
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3cbb02f0bdb22f521a55c0/kazushi-sakuraba-si-pemburu-keluarga-gracie-legenda-brazillian-jiu-jitsu-part-1
Di awal dimulainya kompetisi bela diri MMA di bawah UFC, Brazillian Jiu-Jitsu yang diwakili oleh Royce Gracie, merajai kompetisi tersebut (mulai UFC 1-4). Atlet-atlet bela diri yang belum terbiasa dengan gaya bela diri Brazillian Jiu Jitsu dibuat mati kutu, dan Brazillian Jiu Jitsu pun seakan-akan menjadi aliran bela diri tradisional yang paling efektif untuk digunakan dalam sebuah pertarungan.
Lapor Hansip
19-08-2020 12:39

Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1

Meskipun dunia bela diri di jaman sekarang, jauh berbeda dengan dunia bela diri dalam cerita silat. Namun dunia olahraga bela diri, tetap saja tidak lepas dari bumbu-bumbu yang tak kalah menarik dengan sebuah cerita silat yang fiktif. Seperti juga dalam cerita silat, seorang atlet bela diri di dunia nyata, bisa juga mendapatkan julukan yang keren, karena performanya di dalam ring.

Salah satunya adalah julukan dan cerita yang dilekatkan pada diri Kazushi Sakuraba. Seorang atlet MMA dari Jepang yang dalam dunia olahraga bela diri MMA berhasil mendapatkan julukannya sendiri, "The Gracie Hunter", atau "Si Pemburu Keluarga Gracie".

Mereka yang mengikuti secara setia perkembangan cabang olahraga tarung MMA, di mana pelaku bela diri dari berbagai aliran, bertanding dengan aturan yang memberi ruang bagi mereka untuk mengembangkan tehnik-tehnik mereka masing-masing, tentu mengenal nama keluarga Gracie dari Brazil, yang memperkenalkan Brazillian Jiujitsu pada dunia bela diri internasional.

Awalnya beberapa orang Gracie bersaudara, menerima warisan Jiu Jitsu dari Mitsuyo Maeda, seorang judoka dari Jepang yang berkelana sampai ke Brazil. Kemudian mereka mengembangkan bela diri ini dan mewariskannya secara turun temurun, menjadi satu aliran bela diri tersendiri yang mereka beri nama Brazillian Jiu jitsu.

Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1


Di awal dimulainya kompetisi bela diri MMA di bawah UFC, Brazillian Jiu-Jitsu yang diwakili oleh Royce Gracie, merajai kompetisi tersebut (mulai UFC 1-4). Atlet-atlet bela diri yang belum terbiasa dengan gaya bela diri Brazillian Jiu Jitsu dibuat mati kutu, dan Brazillian Jiu Jitsu pun seakan-akan menjadi aliran bela diri tradisional yang paling efektif untuk digunakan dalam sebuah pertarungan. Bahkan sampai sekarang pun, Brazillian Jiu-Jitsu masih merupakan salah satu "kurikulum" yang tidak boleh dilewatkan seorang atlet bela diri MMA.

Tapi di antara sejarah panjang Brazillian Jiu Jitsu yang cemerlang itu, nama Kazushi Sakuraba menjadi sebuah catatan sejarah yang mungkin ingin dilupakan oleh Keluarga Gracie.

Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1

Legenda Keluarga Gracie yang saat itu sepertinya tidak terkalahkan dalam tarung MMA, seperti tidak ada artinya di hadapan Kazushi Sakuraba. Selama rekor bertandingnya, Kazushi Sakuraba bukan hanya mengalahkan satu anggota keluarga Gracie.

Diawali dengan mengalahkan Royler Gracie di PRIDE ke-8, tahun 1999, dalam perjalanannya di dunia MMA Kazushi Sakuraba berhasil mengalahkan hampir setiap anggota keluarga Gracie yang maju menghadapi dia di dalam ring.

Perlu diingat di masa itu, nama Keluarga Gracie seperti menjadi jaminan bahwa mereka adalah petarung yang tidak terkalahkan. Ketika Kazushi Sakuraba berhasil mengalahkan salah satu anggota keluarga Gracie, dengan aliran bela diri bukan Brazillian Jiu Jitsu, saat itu pula dunia penggemar bela diri menjadi gempar.

Keluarga Gracie pun tidak tinggal diam, sang grand master Helio Gracie pun mengirimkan anggota keluarganya yang lain untuk memenangkan kembali nama besar mereka sebagai keluarga bela diri yang tak terkalahkan.

Akan tetapi satu per satu mereka semua kalah di tangan Kazushi Sakuraba.

- Royce Gracie, PRIDE Grandprix 2000 final, Mei 2000
- Renzo Gracie, PRIDE ke-10, Agustus 2000
- Ryan Gracie, PRIDE ke-12, Dec 2000

Kekalahan demi kekalahan ini, akhirnya menguatkan nama Kazushi Sakuraba sebagai "The Gracie Hunter". Kazushi Sakuraba seakan-akan menjadi kartu mati bagi keluarga Gracie. Mereka boleh saja merajai kompetisi MMA, tapi selalu kalah ketika berhadapan dengan Kazushi Sakuraba.

Baru tujuh tahun kemudian, ketika Kazushi Sakuraba sudah dihantui dengan berbagai cedera, akhirnya keluarga Gracie berhasil membalas "dendam" dan Royce Gracie memenangkan pertarungan melawan Kazushi Sakuraba di kompetisi MMA K1-Dynamite USA, Juni 2007.

Sekian sekilas mengenai bagaimana Kazushi Sakuraba mendapatkan julukan "The Gracie Hunter", di part berikutnya TS akan berusaha mengulik lebih banyak sisi-sisi menarik dari Kazushi Sakuraba.

Salam....

Mohon koreksi bila ada kesalahan dan mohon maaf kalau ada bahasa yang hiperbola.

Lanjutannya di : Jurus-Jurus Unik Kazushi Sakuraba "The Gracie Hunter" (part-2)

Sumber referensi :
1. https://bleacherreport.com/articles/...er-of-all-time
2. http://nuranwibisono.net/2016/03/mom...gracie-hunter/
3. http://ufcstats.com/fighter-details/...5b5a75523728f3
4. http://fightland.vice.com/blog/an-od...zushi-sakuraba
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Isda555 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
19-08-2020 14:34
Wiuhhh mnatap nih ilmu bela dirinyaaa
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
20-08-2020 07:42
Yah emang harus kayak gjni sih biar ada yg di hype gitu haha keren juga sihntp dia
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
20-08-2020 20:05
Ngeri juga sih wkwk
Ternyat MMA udah sejak lama ya gan berkembangnya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
22-08-2020 21:19
bedanya jiu jitsu ama brazilian jiu jitsu apanya gan? apakah selain gerakan yg dsesuaikan sendiri, ada juga jurus rahasianya? req threadnya donk emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jambulajaib dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:04
Komeng dulu baru baca ya gan
profile-picture
profile-picture
The.Fray dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:08
royce ataupun sakuraba sudah mnjadi ikon MMA..mereka uda ad d jaman dimana prtarungan mma lagi kejam2 nya heheheh...peraturan sangat minim waktu itu

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:13
Ada film Tema Brazilian Jiu Jitsu nggk? kalau Kyokushin Karate dlu gw ingat film nya "Fighter in The Wind" (2004) dan "Black Belt" (2007) emoticon-Big Grin
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:19
Aku ntn semua di tv jaman itu.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:19
Jadi kayak ceritanya ashura yak 😂 😂

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:20
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang sosok Kazushi Sakuraba.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:42
wowwwww
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:44
Wah ane inget ni tarung.. waktu itu ada eric clapton segala ya emoticon-Leh Uga .
Agak sombong emg waktu itu keluarga gracie.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:48
Kayak randy orton ya gan...the legend killer
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:51
oh jadi Kazushi Sakuraba adalah Seorang atlet MMA dari Jepang dan itu alasan bagaimana Kazushi Sakuraba mendapatkan julukan "The Gracie Hunter"
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 01:51
Ternyata MMA udah ada dari lama ya...
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 02:25
Wihhh mantap ceritanya kek di anime anime gitu yak, pemburu salah satu keluarga petarung juga heheheheh tapi keren bener sih ini. Selain gracie dia ngelawan petarung lainnya juga gak?heheheh
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 02:45
kalo silat namanya jdi mix martial art ya gan.?? 🙄
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Kazushi Sakuraba, Si Pemburu Keluarga Gracie Legenda Brazillian Jiu-Jitsu, part-1
24-08-2020 02:53
Royce keknya ga diakuin sbg petarung mma...soalnya menghalalkan sgala cara buat menang...pernah main jambak sampe kunciran rambut musuhnya putus...

Tapi gak tau jg sih apa emg waktu itu gak ada aturan apa gmn
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia