Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3d25d468cc952753625dd2/inilah-alasan-mengapa-anak-sulung-lebih-cerdas-dibandingkan-adik-adiknya
menurut penelitian, anak sulung alias mereka yang lahir pertama disebut memiliki keerdasaan lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Bahkan ada yang bilang kalau anak sulung itu bisa lebih kaya dan suksesdibandingkan adik-adiknya (sudah ada yang buktiin belum nih gan, sist?)
Lapor Hansip
19-08-2020 20:15

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
Gigi and Bella Hadid (photo-abcnews.com) 

Gan, sist; siapa disini yang lahir sebagai anak sulung alias anak pertama?
Bagi yang lahir sebagai anak pertama, banyak suka dukanya ya gan, sist.
Ada yang bilang jadi anak pertama itu enak karena "lebih berkuasa" dibandingkan adik-adiknya, tapi ada juga yang merasa kalau jadi anak pertama itu bebannya beratttttttttt banget.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

FYI gan, sist; TS juga anak pertama dan satu-satunya anek cewek di keluarga ane. Kalau menurut TS sih jadi anak pertama itu......beratt, hehehehe. Apalagi sejak kecil ane selalu diwanti-wanti bapak ibu ane agar bisa jadi "rambatan" alias contoh dan penyokong buat adek-adek ane. 
Mungkin karena itu yang bikin ane jadi sosok yang keras dan galak. Tapi sebenarnya ane sih cukup care sama saudara-saudara ane emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment.  Kalau menurut ane sih jadi anak pertama itu memegang tanggung jawab yang cukup gede dan berat. Disini ane ga bermaksud untuk mengesampingkan posisi anak-anak yang lahir setelah kakaknya ya gan sist. Sejatinya setiap anak memang memegang peran dan tanggung jawab masing-masing terlepas urutan kelahirannya.

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

the sibling (photo-huffpost.com)

Tapi meski begitu ada loh kelebihan anak sulung yang bisa bikin agan dan sist bangga. Ini karena menurut penelitian, anak sulung alias mereka yang lahir pertama disebut memiliki keerdasaan lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Bahkan ada yang bilang kalau anak sulung itu bisa lebih kaya dan suksesdibandingkan adik-adiknya (sudah ada yang buktiin belum nih gan, sist?)
BTW seperti yang ane singgung diatas, ada peneliti yang menyebut anak pertana alias sulung punya kecerdasan diatas adik-adiknya. Artinya ya kata para ilmuwan ini para anak sulungitu lebih cerdas dibandingkan saudara-saudara. Emang apa sih alasannya? Nih cekidot!
1. Orangtua cenderung lebih keras dan tegas pada anak pertama mereka

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Parents teach their kid (photo-bestlifeonline.com)

Ga dipungkiri sih anak yang lahir pertama pasti menjadi anugerah istimewa untuk orangtuanya. Pasti disayangggg banget awalnya, karena orangtua baru punya anak satu itu aja. Tapi saat si adik lahir, semua berubah gan, sist. Orangtua akan jadi lebih tegas dan keras pada anak pertama mereka, terutama urusan belajar dan sekolah. Bahkan ane pernah denger ada bapak yang ngomong ke anak sulungnya kek gini "Bapak kerja keras buat sekolahin kamu sampia tinggi, jangan disia-siain. Nanti kalau kamu udah kerja gantian sama bapak jadi yang ngurusin adikmu". Jadi intinya orangtua memang lebih tegas ke anak sulung soal urusan sekolah, tapi...ketegasan mereka semakin menurun seiiring dengan lahirnya anak-anak yang lain. Jadi ya orangtua emang jadi lebih longgar soal urusan belajar, seiring denga kelahiran anak-anak mereka yang lain.
2. Anak sulung cenderung ambisius

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Taylor Swift and her yougger brother, Austin Swift (photo-eonline.com)

Dari yang ane baca di sumber, anak sulung terutama perempuan itu cenderung lebih sukses dibandingkan dengan adik-adik mereka (bener dah ane minta FR dai sista yang anak sulungemoticon-Peaceemoticon-Peaceemoticon-Peace). Alasannya, anak sulung itu lebih ambisius dan kompetitif. Sejak kecil mereka udah biasa berebut perhatian dengan adik-adiknya, tapi kemudian mereka sadar bahwa orangtua tentu ga bisa ngasih perhatian full ke mereka. Jadinya ya anak sulung ini lebih bisa fokus pada diri mereka sendiri. Ambisius dan komeptitif dalam belajar membuat anak sulung katanya lebih cerdas dibandingkan adiknya.
3. Orangtua lebih sering ngasih mainan edukatif buat si sulung

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Dad read for his son (photo-broccas.com)

Sejak kecil ane seneng banget baca. Dan kebetulan bapak ane itu guru, makanya ane kerap dibawain buku-buku cerita. Tapi hal itu berubah saat ade ane lahir. Bapak ane semakin jarang bawain buku cerita buat adik-adik ane. Intinya begini, orangtua itu lebih sering ngasih mainan edukatif buat anak sulung mereka. Tujuannya? Ya biar si anak pinter dan pengetahuannya bertambah. Kadang bahkan ada yang dibacain buku cerita sebelum tidur. Tapi untuk anak kedua dan seterusnya? Well orangtua juga semakin santai dan berpengalaman, jadi mereka berfikir bisa lebih santai mengurus anak-anak mereka selanjutnya.
4. Saat pertama kali hamil, ibu lebih memperhatikan gizi yang mereka konsumsi

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Nicky Minaj first pregnancy (photo-metahumanentertainment.com)

Bukan maksud ane buat ngomong kalau si ibu sembrono saat hamil anak kedua dan selanjutnya ya gan. Tapi dari sumber yang ane kutip, saat pertama kali hamil seorang ibu pasti lebih hati-hati menjaga janin mereka. Makanan bergizi penuh nutrisi mereka konsumsi, karena ya baru pertama kali hamil pasti ngerasa cemas dan takut kandungannya kenapa-napa. Makanya mereka lebih memperhatikan gizi banget. Tapi kehamilan kedua dan selajutnya, ibu jadi lebih santai dan berpengalaman. Mereka tahu ga semua makanan harus dimakan atau dihindari selama hamil. Kesimpulannya kalau menurut sumber yang ane kutip, hal ini membuat si anak sulung yang sudah dapat asupan gizi bagus selama sang mama hamil otaknya jadi lebih berkembang dan lebih cerdas dibandingkan adiknya.



Jadi gimana sekarang gan, sist? Bangga ga jadi anak pertama apa masihs ebel aja karena harus berbagi kasih sayang sama adik-adik kalian? Sebenarnya setiap anak punya kelebihan masing-masing kok gan sist. Dan urutan kelahiran ga selamanya menentukan kecerdasan dan kualitas seseorang. Jadi gimana nih pendapat agan dan sist yang lahir sebagai si sulung?
"You can only have one first born child. You may love all your children deeply and with passion, but there is something unique about the first born".-Raymond E. Feist-
emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk



 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:06
aahh HAUX Gan..cuma mitos itu mah hahaha
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:09
Gua sih
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:28
ane salfok ama wanita hamilnyaemoticon-Peluk
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:31
Jadi anak pertama ya?

Waktu kecil pernah berharap punya kakak perempuan (of course it's impossible).
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:39
masuk akal semua siihh..
orangtua ane lebih keras sama ane daripada sama adik2, jadi sekarang kadang suka iri, kenapa ane gak dapet manja2nya saat kecil dulu
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:46
Emang bener sih, kakak pertama ane juga gitu. Kuliah di itb, kerja di tambang, bhs inggrisnya jago bgt.
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 23:55
suka ketuker sulung ama bungsu emoticon-Hammer2
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 00:11
Asupan gizi anak penting abnget...selain turunan
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 01:04
Tergantung didikan Orang Tua, tp memang sdh tradisi umum Sang Kakak harus tanggung jawab dgn Adik nya: ngajarin, jadi teladan, dll

Legenda Kakak-Adik yg terkenal dari Yunani dan bisa mewakili ciri2 umum nya mungkin Kisah Hector & Paris of Troy.. Sang Kakak Hector terkenal Bijaksana, Jendral yg Cerdas, problem solver.. sedangkan Adik nya patuh, jago tebar pesona, & problem maker.. tp keduanya punya kelebihan masing2: Swordsman dan Archer.. kelak hanya Sang Adik lah yg bisa menuntaskan tugas Kakak nya

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 02:01
lebih ke arah tanggung jawab sebenarnya

makanya sering muncul pertanyaan:
- ini kakaknya gimana sih gak didik adiknya bener?
- ini kakaknya gimana sih gak kasih contoh yang baik ke adiknya?
- ini kakaknya gimana sih adik2nya pada ribut kok kakaknya diam aja?
- ini kakaknya gimana sih gak urus adiknya?
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 07:05
Kebanyakan karena memang dipaksa untuk berfikir lebih keras gans. Ada kewajiban tak tertulis untuk memandu adik-adiknya, jadinya si kakak terasa punya beban tambahan untuk jadi lebih baik
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 08:00
Sung Bo Ra lebih pintar dari Sung Deok Sun
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 08:10
Faktanya emang gitu kali ya, sama sih ngalemin gitu juga, dulu diperlakuin gitu sekarang pun memperlakukan ke anak pertama agak sedikit istimewa
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 08:14
gak juga sih, kurang relevan,,

kakak ane lebih bego dan kurang bertanggung jawab, emoticon-Leh Uga

lebih ke sifat bawaan nya aja, bukan karena lahir pertama ato kedua ato ketiga dst,, klo emang ambisius, mau dia lahir terakhir ya tetep ambisius,,
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 08:48
Sesama saudara kandung tidak baik utk mengukur takaran sukses atau tidak nya..
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 09:16
nomor satu dan 4 itu sih paling bener
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 09:48
Kadang jadi anak sulung gaenak,kalo salah ga bisa bantah "kakak aja boleh" emoticon-Big Grin


Btw ane juga anak sulungemoticon-Frown
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 10:28
kok di sekeliling gue, ngga gitu ya ?

istri gue anak kedua. Istri gue dan adiknya lebih tinggi dalam hal nilai akademis, pencapaian hidup, dsb. ketimbang abangnya.
Alm. bokap juga kayaknya gitu. Walopun dia anak sulung, prestasinya justru kalah dengan adik bungsunya.
Temen gue juga gitu, malah adiknya lebih sukses.

Maaf, yg gue kerap lihat dan rasakan, anak sulung cenderung lebih egois dan sok ngatur.
Masih mending kalo jadi anak sulung yg sering bantu adik2nya dalam segala hal termasuk finansial.
Yg sering gue lihat mah, bantu2 kagak, sok tua iya emoticon-Big Grin
profile-picture
devadevadeva memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 10:55
lah gua anak sulung tp malah di anggap sampah keluarga, karena penghasilan paling kecil
profile-picture
red.bezos memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
24-08-2020 13:27
anak ane pinter semua gan
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia