ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Ilusi Optik. Mata Yang Salah Menangkap


Pernah nggak agan melihat sesuatu yang ternyata bukan sesuatu? (Apaan sih?). Contohnya saat melihat ada kuntilanak duduk di pohon beringin malam malam tapi bila dilihat dari dekat ternyata cuma jemuran orang yang kebawa angin.

Itulah yang disebut ilusi optik. Sebuah keadaan dimana otak salah menafsirkan apa yang ditangkap oleh mata.

Ilusi optik ini ada berbagai macam jenisnya namun secara garis besar bisa dibagi menjadi 2 yakni ilusi fisiologis dan kognitif. Ilusi fisiologis merupakan ilusi yang terjadi karena afterimage dari kontras warna hitam dan putih. Contohnya lihat gambar dibawah ini.



Apakah anda merasa kalau titik titik putih itu berwarna hitam? Hal itu disebabkan oleh warna hitam yang memberi rangsangan berlebih pada otak sehingga otak tidak bisa begitu saja menghilangkan bayang bayang hitam dikala melihat warna putih yang kontras dengan hitam.

Lalu ada juga ikusi kognitif yang merupakan kesalahan otak memproses sinyal dari mata karna anggapan yang keliru. Contohnya lihat gambar gajah ini.



Berapa kaki gajah tersebut? Terserah anda mau jawab berapa karna tak ada jawaban yang benar. Satu jawaban benar dalam satu sudut pandang namun salah dalam sudut pandang yang lain.

Selain itu ada juga tipe ilusi yang membuat kita menganggap sesuatu sebagai benda lain karna adanya kemiripan. Contohnya gambar dibawah ini.



Ada yang merasa model itu telanjang dada? Mungkin ada yang melihat begitu meski itu hanya sikut dari pria di depannya. Ilusi seperti itu bisa terjadi dikarenakan anda begitu sering melihat gambar tanpa busana sampai bayangan itu terbawa bawa.

Spoiler for :


Ada juga lo cara untuk menipu otak kita sendiri yaitu dengan merangsang otak dengan warna. Contohnya coba amati titik putih di hidung wanita di gambar sebelah kiri selama 15 detik lalu segera lihat kanvas putih di sebelahnya. Apa yang anda lihat?



Bagaimana? Ilusi optik semacam itu bisa terjadi karna otak yang dirangsang terus menerus butuh waktu untuk melepaskan stimulus tersebut sehingga untuk sesaat bayangan wajah seorang wanita masih bisa terlihat.

Nah, itulah itulah sedikit ilmu ilusi optik yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan ini anda tak lagi keliru membedakan antara logo kemerdekaan dengan lambang salib.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

Spoiler for bonus:


sumber


Spoiler for cuci mata yang perih disini:
Diubah oleh ih.sul 16-08-2020 10:35
raliakbarrr
ujellyjello
kekefadilah
kekefadilah dan 54 lainnya memberi reputasi
49
18.8K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.