Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3d25d468cc952753625dd2/inilah-alasan-mengapa-anak-sulung-lebih-cerdas-dibandingkan-adik-adiknya
menurut penelitian, anak sulung alias mereka yang lahir pertama disebut memiliki keerdasaan lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Bahkan ada yang bilang kalau anak sulung itu bisa lebih kaya dan suksesdibandingkan adik-adiknya (sudah ada yang buktiin belum nih gan, sist?)
Lapor Hansip
19-08-2020 20:15

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
Gigi and Bella Hadid (photo-abcnews.com) 

Gan, sist; siapa disini yang lahir sebagai anak sulung alias anak pertama?
Bagi yang lahir sebagai anak pertama, banyak suka dukanya ya gan, sist.
Ada yang bilang jadi anak pertama itu enak karena "lebih berkuasa" dibandingkan adik-adiknya, tapi ada juga yang merasa kalau jadi anak pertama itu bebannya beratttttttttt banget.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

FYI gan, sist; TS juga anak pertama dan satu-satunya anek cewek di keluarga ane. Kalau menurut TS sih jadi anak pertama itu......beratt, hehehehe. Apalagi sejak kecil ane selalu diwanti-wanti bapak ibu ane agar bisa jadi "rambatan" alias contoh dan penyokong buat adek-adek ane. 
Mungkin karena itu yang bikin ane jadi sosok yang keras dan galak. Tapi sebenarnya ane sih cukup care sama saudara-saudara ane emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment.  Kalau menurut ane sih jadi anak pertama itu memegang tanggung jawab yang cukup gede dan berat. Disini ane ga bermaksud untuk mengesampingkan posisi anak-anak yang lahir setelah kakaknya ya gan sist. Sejatinya setiap anak memang memegang peran dan tanggung jawab masing-masing terlepas urutan kelahirannya.

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

the sibling (photo-huffpost.com)

Tapi meski begitu ada loh kelebihan anak sulung yang bisa bikin agan dan sist bangga. Ini karena menurut penelitian, anak sulung alias mereka yang lahir pertama disebut memiliki keerdasaan lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya. Bahkan ada yang bilang kalau anak sulung itu bisa lebih kaya dan suksesdibandingkan adik-adiknya (sudah ada yang buktiin belum nih gan, sist?)
BTW seperti yang ane singgung diatas, ada peneliti yang menyebut anak pertana alias sulung punya kecerdasan diatas adik-adiknya. Artinya ya kata para ilmuwan ini para anak sulungitu lebih cerdas dibandingkan saudara-saudara. Emang apa sih alasannya? Nih cekidot!
1. Orangtua cenderung lebih keras dan tegas pada anak pertama mereka

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Parents teach their kid (photo-bestlifeonline.com)

Ga dipungkiri sih anak yang lahir pertama pasti menjadi anugerah istimewa untuk orangtuanya. Pasti disayangggg banget awalnya, karena orangtua baru punya anak satu itu aja. Tapi saat si adik lahir, semua berubah gan, sist. Orangtua akan jadi lebih tegas dan keras pada anak pertama mereka, terutama urusan belajar dan sekolah. Bahkan ane pernah denger ada bapak yang ngomong ke anak sulungnya kek gini "Bapak kerja keras buat sekolahin kamu sampia tinggi, jangan disia-siain. Nanti kalau kamu udah kerja gantian sama bapak jadi yang ngurusin adikmu". Jadi intinya orangtua memang lebih tegas ke anak sulung soal urusan sekolah, tapi...ketegasan mereka semakin menurun seiiring dengan lahirnya anak-anak yang lain. Jadi ya orangtua emang jadi lebih longgar soal urusan belajar, seiring denga kelahiran anak-anak mereka yang lain.
2. Anak sulung cenderung ambisius

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Taylor Swift and her yougger brother, Austin Swift (photo-eonline.com)

Dari yang ane baca di sumber, anak sulung terutama perempuan itu cenderung lebih sukses dibandingkan dengan adik-adik mereka (bener dah ane minta FR dai sista yang anak sulungemoticon-Peaceemoticon-Peaceemoticon-Peace). Alasannya, anak sulung itu lebih ambisius dan kompetitif. Sejak kecil mereka udah biasa berebut perhatian dengan adik-adiknya, tapi kemudian mereka sadar bahwa orangtua tentu ga bisa ngasih perhatian full ke mereka. Jadinya ya anak sulung ini lebih bisa fokus pada diri mereka sendiri. Ambisius dan komeptitif dalam belajar membuat anak sulung katanya lebih cerdas dibandingkan adiknya.
3. Orangtua lebih sering ngasih mainan edukatif buat si sulung

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Dad read for his son (photo-broccas.com)

Sejak kecil ane seneng banget baca. Dan kebetulan bapak ane itu guru, makanya ane kerap dibawain buku-buku cerita. Tapi hal itu berubah saat ade ane lahir. Bapak ane semakin jarang bawain buku cerita buat adik-adik ane. Intinya begini, orangtua itu lebih sering ngasih mainan edukatif buat anak sulung mereka. Tujuannya? Ya biar si anak pinter dan pengetahuannya bertambah. Kadang bahkan ada yang dibacain buku cerita sebelum tidur. Tapi untuk anak kedua dan seterusnya? Well orangtua juga semakin santai dan berpengalaman, jadi mereka berfikir bisa lebih santai mengurus anak-anak mereka selanjutnya.
4. Saat pertama kali hamil, ibu lebih memperhatikan gizi yang mereka konsumsi

Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya

Nicky Minaj first pregnancy (photo-metahumanentertainment.com)

Bukan maksud ane buat ngomong kalau si ibu sembrono saat hamil anak kedua dan selanjutnya ya gan. Tapi dari sumber yang ane kutip, saat pertama kali hamil seorang ibu pasti lebih hati-hati menjaga janin mereka. Makanan bergizi penuh nutrisi mereka konsumsi, karena ya baru pertama kali hamil pasti ngerasa cemas dan takut kandungannya kenapa-napa. Makanya mereka lebih memperhatikan gizi banget. Tapi kehamilan kedua dan selajutnya, ibu jadi lebih santai dan berpengalaman. Mereka tahu ga semua makanan harus dimakan atau dihindari selama hamil. Kesimpulannya kalau menurut sumber yang ane kutip, hal ini membuat si anak sulung yang sudah dapat asupan gizi bagus selama sang mama hamil otaknya jadi lebih berkembang dan lebih cerdas dibandingkan adiknya.



Jadi gimana sekarang gan, sist? Bangga ga jadi anak pertama apa masihs ebel aja karena harus berbagi kasih sayang sama adik-adik kalian? Sebenarnya setiap anak punya kelebihan masing-masing kok gan sist. Dan urutan kelahiran ga selamanya menentukan kecerdasan dan kualitas seseorang. Jadi gimana nih pendapat agan dan sist yang lahir sebagai si sulung?
"You can only have one first born child. You may love all your children deeply and with passion, but there is something unique about the first born".-Raymond E. Feist-
emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk



 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
22-08-2020 14:54
smua anak pasti pnya kelebihan dan kekurangan masing2. klu mnurut ane smua tergabtubg dr ortuny jg gan gmna cra mendidik anak2ny
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
22-08-2020 20:24
Oh kitu
0 0
0
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:03
Malah sebaliknya..
Anak sulung rata2 kurang gizi
Karena ekonomi keluarga di awal-awal pernikahan belum stabil
Udah itu emosional pasangan juga masih labil
Jadi anak sulung biasanya kurang berhasil
Yang paling berhasil itu anak tengah
emoticon-2 Jempol
emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:12
Ga juga..emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:12
Biasanya anak pertama orangnya punya tanggung jawab yang lebih niih gan
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan seperduaratus memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:24
Akh yang benar dong
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:25
Iya juga ya ,ane anak pertama juga pinter..emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:26
Yg terakhir bukannya dapet support dari semua ? emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:27
Ada benernya sih tret ente min!
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:31
Ane anak satu-satunyaaaa. Gimana nih?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:31
Ane anak sulung, cita cita ane berubah ubah
Sd pingin jadi mangaka
Smp pingin jadi fotografer
Sma pingin jadi animator
Kuliah - kerja jadi wirausaha
Alhamdulillah dapet cita cita yang diinginkan wakti kuliah
Anak sulung harapan orang tua, iya wirausaha Insyaallah sukses kok pak buk
👍👍👍
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan seperduaratus memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:31
Benar juga. Berlaku di keluarga ane sama kakak ponakan ane. Anak nomer 1 cerdas tapi pemalas, anak kedua kurang tapi rajin, semua ada plus minusnyaemoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan seperduaratus memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:32
Duhh sbg anak bungsu ane gak terima nihh emoticon-Turut Berduka ane sm abang ane.. klo dliat dr akademis malah pinteran ane..

Tp bbrp alasan diatas sih pas.. ane punya anak pertama itu smua serba direncanakan dan ngasih yg tbaik dh pokoknya.. pas anak ke 2 lbh nyantai,, tp ini anak ke2 ane lbh cpt sgalanya dibanding anak pertama emoticon-Ngakak lebih cepet nangkep lbh strong.. jd gak mesti jg sih emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:33
Kok ane nggak ya wkwk ane merasa kalah pinter dan cerdas daripada adek ane wkwk
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:35
Eke anak bontot tp paling tinggi dan klo dari akademis sih eke bisa dibilang paling bagus gan emoticon-EEK!
Klo yg eke baca dari sisi science jg ya gan usia ibu jg mempengaruhi secara ya jaman dulu tuh cewe masih muda bgt udin merid udin hamidun emoticon-EEK!
Nah pas hamil anak bungsu itu hampir semua usia sdh matang dan itu bagus untuk si baby nya jg
Ini eke liat sendiri sih di kelg eke, suami, sodara itu justru kebanyakan anak sulung itu gampang sakit pas kecilnya emoticon-Hammer (S) maap ya gan no offense nih emoticon-Hammer
Oia sama pas kecilnya itu anak sulung paling cengeng gan (ini pengalaman eke sendiri dan kelg) heheh maap lagi ya gan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:35
Balik lagi gimana peranan orang tua ngedidik anaknya saat masa pertumbuhannye gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:36
Mohon ditambahkan gan anak sulung kadang lebih jelek dibanding adik-adik nya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:37
masa sih gan, perasaan ane gak gtu emoticon-Hammer2 mungkin ane beda
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:44
Ane anak sulung tapi kog bego emoticon-Marah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasan Mengapa Anak Sulung Lebih Cerdas Dibandingkan Adik-adiknya
23-08-2020 13:45
tapi kalo keduanya cwe
biasanya yg lebih muda lebih hot
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Rainbow555 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia