• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Padang Sumatera Barat, Satu-satunya Provinsi yang Tidak Ada Alfarmart dan Indomaret

embunsuci
TS
embunsuci
Padang Sumatera Barat, Satu-satunya Provinsi yang Tidak Ada Alfarmart dan Indomaret
Persaingan Ekonomi yang Sehat





Hai, Sahabat Kaskus ... Semoga selalu sehat dan sukses, ya. Aamiin. Kali ini ane ingin berbagi informasi tentang perekonomian bisnis tiap daerah.


Siapa yang paling senang belanja ke Alfarmart, Indomaret atau semacamnya? Pastinya semua senang ya, apalagi kalau awal bulan, kantong masih tebal, dan kebutuhan perlengkapan rumah tangga mulai kosong dan siap untuk dipenuhi. Di sana semua keperluan rumah tangga, makanan dan minuman dapat kita temui dengan mudah.





Selain praktis, harga pas sudah tertera, dan memudahkan pembeli untuk mencari barang atau makanan yang diinginkan. Tempat dengan fasilitas AC, terang benderang dan terkesan mewah. Terlebih lagi, harganya terkadang jauh lebih murah dari harga di pasar tradisional dan warung dekat rumah. Hal ini sering dituding mematikan usaha perekonomian seperti warung kecil, toko dan lainnya. Dampak inilah yang dibaca oleh pemerintah Padang setempat, untuk mengantisipasi adanya penurunan perekonomian usaha tradisional daerah milik masyarakat.


Di seluruh provinsi Indonesia, waralaba Indomaret dan Alfarmart sudah ada di mana-mana hingga ke pelosok daerah. Akan tetapi, Padang Sumatera Barat adalah satu-satunya Provinsi yang tidak mengizinkan Alfarmart dan Indomaret juga semacamnya masuk ke Padang. Alasannya adalah persaingan, kuatir produk tradisional dari kota itu sendiri menjadi tidak laku. Sehingga terjadi yang namanya si besar mengalahkan si kecil.





Walaupun begitu, tetap ada market semacam Indomaret, misalnya X-Mart, Minang-Mart, Toserba, Salapan Mart, dan lainnya yang merupakan usaha perekonomian daerah tersebut.





"Kami lebih suka produk dalam daerah, produk tradisional dan memajukan ekonomi daerah." Begitu ungkapan salah satu pejabat daerah di Padang Sumatera Barat. Waw, keren ya kota Minang.


Dan mengapa Padang Sumatera Barat mengizinkan Transmart masuk dan beroperasi di sana? Hal tersebut dikeranakan Transmart menjanjikan produk daerah diperjualbelikan dalam gerai mereka. Setidaknya 20% adalah produk dalam daerah. Bahkan lebih dari 50 produk unggulan UMKM masyarakat Padang dipasarkan dalam gerai Transmart.


Akan tetapi hal ini sempat ditolak sebelum pembangunan Transmart, disebabkan pembangunan berada pada jalan yang merupakan Zona Merah Tsunami, tentunya sangat berbahaya mengingat akan adanya konsentrasi masyarakat dalam jumlah tinggi yang mengunjungi tempat tersebut.


Bagaimana, Sahabat Kaskus ... Apa pendapat Agan dan Sista tentang ini? Silahkan berdiskusi dengan santun dan santuy, ya. Yuk Belajar Bersama Bisa dan Terima kasih


:terimakasih:terimakasih




Sumber : Di sini
Pict By Pinterest dan Fb
SoupAyamraliakbarrrujellyjello
ujellyjello dan 53 lainnya memberi reputasi
52
23.8K
714
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.